Hola, Takaiters!

Akhir-akhir ini gaya hidup sehat tampaknya sudah jadi kebutuhan, ya, Guys. Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh Nielsen’s New Global Health, masyarakat kita sudah mulai sangat peduli pada makanan yang mereka konsumsi bahkan sampai melakukan pola diet tertentu. Tidak hanya makanan, namun juga olahraga sudah menjadi bagian untuk pemenuhan kebutuhan akan gaya hidup yang sehat tersebut.

Berbicara mengenai olahraga, biasanya jenis olahraga apa saja, sih, yang biasa dilakukan cewek? Kita kenal dari mulai aerobic, yoga, pilates sampai yang sedang booming sekarang yaitu zumba, sepertinya marak diikuti oleh kaum hawa. Namun, Guys, kadang ada rasa bosan, ya, ketika kita melakukan olahraga yang terus menerus dilakukan dalam ruangan dan dengan pemandangan yang itu-itu saja.

Nah, Takaiters, sebenarnya ada, lo, alternatif olahraga lain yang juga bisa dilakukan oleh wanita, untuk mengatasi kebosanan akan olahraga di dalam ruangan. Ya, olahraga di alam terbuka, salah satunya adalah hiking atau melakukan pendakian. Hiking? Eits, jangan melotot dulu, Guys, olahraga alam satu ini tidak melulu ditekuni oleh pria, lo. Banyak wanita yang juga menekuni olahraga ini karena memiliki banyak manfaat.  Lalu apa saja, sih, manfaat dari hiking? Kita simak, yuk!

1. Menghirup Udara Segar dan Mendapat Oksigen

Foto: pixabay.com

Dibandingkan dengan olahraga di dalam ruangan yang biasanya menggunakan AC atau pendingin ruangan, berolahraga di alam terbuka jelas memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan udara yang lebih segar dengan kadar oksigen yang lebih tinggi yang dihasilkan oleh tumbuhan sekitar, Guys. Terlebih bila olahraga yang dilakukan adalah hiking, yang biasa dilakukan di daerah pegunungan, hutan atau daerah-daerah yang kondisi udaranya cenderung jauh lebih murni dibanding di kota besar yang telah tercemar oleh polusi dari kendaraan bermotor. Rasakanlah sensasi yang berbeda ketika udara segar itu mulai memenuhi paru-parumu.

2. Mendapat Sinar Matahari

Foto : Pixabay.com

Tahukah kamu, manfaat dari sinar matahari terutama sinar matahari pagi dan sore hari? Menurut pakar kesehatan, ternyata ketika kulit terpapar oleh sinar di dua waktu tersebut, maka sinar matahari dapat mengubah kolesterol di bawah kulit menjadi vitamin D. Jadi, mendapatkan paparan sinar matahari selama 5 menit ketika berolahraga sama dengan menerima 400 unit vitamin D untuk tubuh kamu, lo, Guys. Sekarang kamu hitung, deh, berapa lama kamu hiking dan berapa lama kamu terpapar sinar matahari? Berarti, sekian ribu unit vitamin D pula yang akan diserap oleh tubuhmu. Wow, sangat menguntungkan, bukan?

3. Menyehatkan Jiwa

Foto : Pixabay.com

Berolahraga jelas memiliki tujuan agar tubuh menjadi lebih sehat. Namun tahukah kamu, Guys, ternyata tidak hanya kesehatan fisik saja yang bisa kamu peroleh, namun sekaligus mendapatkan kesehatan jiwa. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Peninsula College of Medicine and Dentistry, orang yang melakukan olahraga di alam terbuka akan lebih sehat jiwa dan raga, karena kadar serotinin yang dihasilkan otak akan jauh lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh orang yang berolahraga di dalam ruangan tertutup. Serotinin sendiri adalah hormon yang dihasilkan otak untuk menciptakan rasa bahagia. Maka, jelas rasa depresi, sedih, serta hal-hal negatif di dalam otak kamu akan mudah hilang dengan dihasilkannya serotinin selama berolahraga di alam bebas.

4. Menyehatkan Jantung serta Membakar Kalori Lebih Banyak

Foto : Pixabay.com

Takaiters, begitu menyenangkannya kegiatan hiking, kadang membuat kamu lupa bahwa kamu sedang berolahraga. Tanpa kamu sadari menggerakan kaki dengan berjalan datar dan menanjak ternyata memiliki manfaat yang komplit terhadap tubuh. Hiking membangun banyak komponen kebugaran fisik, terutama kesehatan jantung dan peredaran darah, serta kekuatan fisik. Hiking tidak saja melatih otot serta persendian kaki, tapi juga membakar sebanyak 1000 kalori dalam tubuh lebih efektif dibanding menggunakan treadmill atau jalan kaki biasa yang hanya membakar sebanyak 400 kalori.

5. Mendapatkan Pemandangan Alam yang Asri

Foto : Pixabay

Buat kamu yang sebelumnya terbiasa berolahraga, dengan satu-satunya pemandangan berupa alat-alat fitnes, cermin serta instruktur olahraga selama ini, maka dengan hiking kamu akan mendapatkan satu bonus lagi selain mendapatkan udara segar. Ya, kamu mendapatkan pemandangan hijau, alami serta asri sejauh mata memandang. Secara tidak sadar kamu berolahraga sekaligus berwisata, lo,Guys. Olahraga yang sangat menyenangkan, bukan?

6. Meningkatkan Kepedulian Sosial dengan Ekowisata

Foto : Pixabay

Takaiters, hiking tidak hanya sekedar olahraga alam biasa. Dengan hiking, berarti sekaligus kamu menghidupkan ekowisata. Ya, selain melatih fisik, kamu juga melatih kepekaan sosial kamu dengan menambah wawasan lingkungan sehingga kamu dapat lebih menghargai alam, dengan berjalan tanpa merusak lingkungannya dengan vandalisme atau membuang sampah sembarangan. Selain itu, kamu dapat membaur, berinteraksi dengan masyarakat lokal. Menghargai adat, serta mempelajari kearifan budaya lokal, sekaligus juga membantu menghidupkan perekonomian masyarakat setempat. Benar-benar olahraga yang komplit, ya, Guys.

So, Takaiters, Selain kesehatan fisik dan mental, kamu juga ternyata masih bisa mendapatkan banyak “bonus” dengan kegiatan olahraga satu ini, ya. Tidak usah ragu untuk mencoba, dijamin kamu akan ketagihan!