Hai, Takaiters!

Di bulan Ramadan seperti sekarang ini, kolang-kaling sangat mudah kita jumpai di berbagai pusat perbelanjaan. Buah ini biasa digunakan untuk campuran kolak, es buah, maupun dibuat manisan sehingga sering dijadikan hidangan buka puasa.

Kolang kaling yang mempunyai nama latin arenga pinnata atau dikenal dengan nama lain buah atep yang berasal dari biji buah aren. Buah ini berwarna putih bening dengan tekstur kenyal. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata kolang-kaling menyimpan segudang manfaat, lo, Takaiters.

Berikut beberapa manfaat dari kolang-kaling:

Kaya Serat dan Mineral

Foto: resepkoki.com

Dalam 100 gram kolang kaling mengandung 1,6 gram serat kasar. Serat sendiri berfungsi untuk mencegah sembelit dan membantu melancarkan pencernaan. Selain baik untuk pencernaan, serat juga baik untuk mengurangi resiko penyakit seperti stroke, hipertensi, diabetes, dan obesitas. Kandungan lain yang ada dalam buah ini adalah mineral, seperti kalsium, fosfor, kalium, zink dan zat besi.

Mencegah Penuaan Dini

Foto: diahdidi.com

Arenga pinnata mengandung senyawa galactomannan yang memiliki khasiat untuk mencegah penuaan dan menangkal radikal bebas. Galactomannan mampu menghambat tirosinase yaitu zat yang berperan dalan pembentukan melanin kulit.

Mencegeah Keropos Tulang

Foto: picswe.com

Bagi wanita yang sudah mengalami menopause, sangat rentan untuk mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal ini karena adanya penurunan hormon estrogen dalam tubuh. Namun, tak perlu khawatir, dengan rajin mengkonsumsi kolang-kaling kepadatan tulang dapat tetap terjaga. Karena kolang-kaling mengandung fospor dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Mencegah Dehidrasi

Foto: food.detik.com

Sebagian besar tubuh kita terdiri atas air yaitu sekitar 70%. Tubuh kita memerlukan asupan air sekitar 2 liter setiap hari. Air sangat penting bagi organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Kolang-kaling memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sangat baik dikonsumsi saat puasa karena dapat membantu mencegah kekurangan cairan dalam tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam kolang-kaling juga mampu membantu menghidrasi tubuh.

Mencegah Anemia

Foto: resepdapoeribu.blogspot.com

Di antara kandungan mineral dalam kolang-kaling yaitu zat besi yang mampu membantu mencegah anemia. Fungsi zat besi adalah membantu sirkulasi oksigen dalam darah dari paru-paru. Zat besi bergabung dengan protein untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Kekurangan zat besi membuat tubuh mudah lelah, lesu, dan pucat.

Nah, Takaiters, setelah kamu mengetahui manfaat kolang-kaling, jangan lupa untuk menyertakan dalam menu buka puasa kamu, ya? Selamat berpuasa semoga ibadah puasa tahun ini lancar tanpa hambatan.