Hai, Takaiters!

Apa yang buat rileks sore hari saat penat melanda? Pasti akan mencari yang hangat, manis, dan menyehatkan. Teh hangat bisa jadi pilihan.

Sudah tahu kan, Takaiters bahwa tradisi minum teh sore hari masih dipegang teguh oleh sebagian masyarakat di beberapa negara. Misalkan saja di Inggris. Minum teh sore hari atau sering disebut afternoon tea biasa dilakukan oleh masyarakat Inggris sembari menunggu makan malam tiba. Tradisi ini juga sebagai ajang berkumpul keluarga atau teman.

Lain lagi di Jepang. Tradisi minum teh atau disebut Chanoyu menjadi tradisi upacara sakral dalam menyambut tamu. Didalamnya terdapat filosofi bagaimana tuan rumah harus bersikap terhadap tamu, saling menghormati di antara keduanya. Penyaji teh adalah orang terpilih yang mempunyai ilmu tentang seni minum teh. Hal ini karena tuan rumah ingin menjamu tamu dengan sebaik mungkin.

Namun, tahukah Takaiters bahwa sebenarnya tradisi minum teh berasal dari Tiongkok atau Cina. Masyarakat Tiongkok telah minum teh sejak ribuan tahun yang lalu hingga akhirnya tradisi ini menyebar ke berbagai negara.

Selain teh yang berasal dari daun Camelia sinensis, teh bisa juga dibuat dari kuntum-kuntum bunga yang cantik.

Yuks, ketahui teh kuntum bunga berikut ini, Takaiters!

1. Rosela

Minuman teh kuntum bunga
Foto: sehatq.com

Rosela kaya akan antioksidan sehingga baik untuk menjaga kesehatan. Cukup seduh dengan air mendidih, tunggu hingga warna air memerah lalu tambahkan madu. Minum selagi hangat.

2. Chamomile

Macam-macam teh kuntum bunga
Foto: thespruce.com

Kalau teh satu ini membuat Takaiters jadi relaks dan mudah tidur. Jadi kalau lagi nggak bisa tidur, seduhlah Chamomile. Maka tidur jadi pulas. Satu lagi khasiat chamomile, dengan kandungan apigenin bisa membantu mencegah peradangan dan menghambat sel kanker.

3. Mawar

Teh kuntum bunga
Foto: orami.co.id

Pasti Takaiters sudah tahu bunga dengan wangi khas yang satu ini. Teh yang dicampur dengan kuncup bunga ini dapat memberi efek yang baik bagi kesehatan karena mengandung antioksidan dan vitamin C. Dengan rutin mengkonsumsi teh bunga mawar maka sistem imum tubuh akan terjaga dengan baik.

4. Chrysanthemum

Foto: draxe.com

Tahukah Takaiters, ternyata teh bunga krisan ini bermanfaat juga untuk meredakan jerawat. Bunga krisan sering dipadu dengan bunga lain seperti melati, lily , dan kembang sepatu atau rosela dan disebut dengan blooming tea.

5. Kembang Telang

Foto: suara.com

Teh ini populer di Inggris, Malaysia, dan Thailand. Teh dari Kembang Telang akan memberi warna biru yang cantik. Seduh bunga kering dengan air panas, diamkan sejenak. Tambahkan madu atau serai ketika akan diminum. Khasiatnya sebagai detoksifikasi tubuh.

Nah Takaiters, ternyata bunga-bunga cantik itu tidak hanya indah dipandang ya. Dengan rutin meminumnya, kesehatan Sobat akan terjaga. Namun, carilah bunga-bunga yang tidak disemprot dengan pestisida ya, agar racunnya tidak ikut masuk ke dalam tubuh. Healthy life, happy life.