Hai, Takaiters!

Pernah enggak, sih, kamu merasa bosan atau bahkan stres dengan rutinitas perkerjaan yang itu-itu saja? Melakukan ativitas sehari-hari yang monoton memang bisa mengakibatkan rasa bosan dan jenuh. Hal ini biasanya dialami oleh pekerja kantoran yang bekerja di dalam ruangan selama berjam-jam.

Banyak faktor yang menyebabkan orang merasa jenuh dan bosan di tempat kerja. Atasan yang cuek, kurangnya interaksi dengan teman kerja, beban pekerjaan yang terlalu berat atau tidak sesuai porsinya. Bisa juga karena pekerjaan yang terlalu monoton, job description yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Saat kejenuhan mulai muncul, sebaiknya segera kenali penyebab dan cara mengatasinya agar  hal itu tidak sampai mengganggu aktivitas, produktivitas juga kenyamanan di tempat kerja. Mungkin kamu butuh suasana baru atau kegiatan yang menyenangkan agar tidak dilanda bosan lagi.

Kalau sudah bosan dengan pekerjaan, jadi hilang semangat bahkan kadang terpikir untuk resign. Eits, tapi tunggu dulu, itu bukan cara yang tepat. Nah, sebelum semuanya menjadi semakin parah dan mengganggu produktivitas, kamu bisa lakukan 5 cara ampuh ini. Dijamin kamu bisa fresh kembali. Simak, yuk!

Lakukan Hobi yang Selama Ini Jarang Dilakukan

Foto: pexels.com

Melakukan sesuatu yang disenangi akan membuat jiwa dan pikiran kamu merasa gembira dan lebih fresh. Setelah pulang dari tempat kerja atau saat libur weekend, lakukan hobi yang selama ini tak biasa dilakukan karena kurangnya waktu untuk bersantai.

Hobi ini bias dilakukan bersama teman-teman yang punya hobi yang sama atau bagi yang sudah berkeluarga bisa juga dilakukan bersama keluarga sekaligus merekatkan bonding dengan sesama anggota keluarga.

Berkumpul dengan Teman-Teman Sesama Komunitas

Foto: pexels.com

Berkumpul dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama akan memiliki banyak manfaat, selain menjalin silaturahmi, berkumpul dengan komunitas bisa menambah wawasan, melahirkan ide-ide baru, mendiskusikan banyak hal dan lebih menyenangkan lagi bertemu dengan orang-orang baru dan sahabat baru.

Belajar Hal–Hal Baru yang Menambah Wawasan

Foto: pexels.com

Mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan akan memunculkan tantangan tersendiri. Bagi orang-orang tertentu, keluar dari zona nyaman itu menyenangkan karena mendapatkan kesempatan dan pengalaman baru, dari yang tadinya enggak tahu menjadi tahu, dari yang enggak pernah menjadi pernah. Bukankah pengalaman adalah guru yang sangat berharga? Siapa tahu dengan pengalaman yang baru ini bisa menemukan passion kita yang selama ini masih tersembunyi.

Lakukan Hal yang Menyenangkan di Tempat Kerja

Foto: pexels.com

Saat jam istirahat atau pekerjaan tidak terlalu padat, lakukan aktivitas yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, nonton Youtube, minum kopi atau ngemil,  bisa juga mengobrol dan bercanda dengan rekan kerja. Hal-hal yang meyenangkan ini bisa membantu mengurai ketegangan pikiran karena padatnya pekerjaan.

Bersyukur dan Berpikir Positif

Foto: pexels.com

Bersyukur adalah kunci menghadapi permasalahan hidup. Cobalah juga untuk berpikir, masih banyak di luar sana yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Sementara kita yang sudah dikaruniai pekerjaan justru kurang bersyukur dan sering mengeluh. Berpikir positif bahwa bekerja adalah ibadah. Karena dengan bekerja kita dapat memenuhi kebutuhan hidup untuk keluarga dan mungkin juga untuk orang lain di sekitar kita

Itulah 5 tips yang bisa dicoba ketika rasa bosan melanda. Jika tips ini bisa menjawab kebutuhanmu, segera praktikkan dan pompa semangatmu agar bisa tetap produktif. Jika  cara ini belum juga mampu menjawab permasalahanmu, ingat kembali tujuan awal ketika memilih pekerjaan, orang-orang tercinta yang sangat membutuhkan kita. Buat mereka bangga dengan kerja keras dan prestasi kita.