Candi Borobudur merupakan salah satu obyek wisata budaya yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Taukah kamu bahwa Kawasan Candi Borobudur ini merupakan salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas yang dicanangkan Kementerian Pariwisata saat ini.

Pada tanggal 17-18 Desember nanti, desa desa di sekitar Candi Borobudur akan menjadi tuan rumah dalam festival wisata budaya yang dikenal dengan Borobudur Cultural Feast 2016.

Festival budaya di Borobudur ini baru pertama kali dilaksanakan, dan direncanakan akan rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Serangkai acara siap menyambut para pengunjung diantaranya adalah Sound of Borobudur dimana sebuah pertunjukan musik orkestra yang digagas oleh musisi kenamaan Trie Utami, Dewa Bujana, Redy Eko Prasetyo, dkk, yang akan menampilkan alat musik dawai dan seruling.

Dengan pertunjukan ini para musisi akan memainkan sebuah komposisi khusus yang diharapkan mampu menghidupkan kehidupan Borobudur seperti pada tahun 750 Masehi.

Salah satu aspek utama yang ditonjolkan dalam acara ini adalah alat musik yang ada di relief candi Borobudur, yang merupakan alat musik peninggalan abad ke-7 , dari peninggalan nenek moyang terdahulu.

Alat musik yang terdapat di relief Candi Borobudur
Alat musik yang terdapat di relief Candi Borobudur ( wisatabogor.net )

Selain acara Sound of Borobudur, Borobudur Cultural Feast 2016 juga akan diisi dengan beberapa rangkaian kegiatan lain diantaranya Karawitan Jogja Gangsa Nagari, Tari Gita Persada Borobudur, Relief Penerus, Kirab Niti Laku Mahakarya Borobudur, Lomba Lampion Gantung Desa, dan Lomba Bregedo Prajurit Desa Borobudur.

Bagi kamu yang ingin menikmati acara di Borobudur ini, kamu tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk reguler jika ingin mengunjungi Taman Lumbini.