Halo, Takaiters!

Pandemi COVID-19 yang tengah terjadi saat ini memberikan dampak bagi seluruh masyarakat dunia. Hampir semua sektor terkena imbasnya, termasuk sektor bisnis. Sektor bisnis ini terdampak cukup besar dan bahkan mengalami krisis di tengah Pandemi ini.

Untuk bisa bertahan, para pelaku bisnis perlu melakukan beberapa strategi pemasaran yang sesuai dengan keadaan yang tengah terjadi saat ini. Dkutip dari suara.com Fadil Fatahillah, konsultan dari Inventure, mengatakan bahwa ada 5 hal yang bisa dilakukan agar bisnis tetap bertahan. Simak ulasannya dibawah ini, yuk!

1. Empathy

Foto: pexels.com

Dibanding dengan hard selling, berjualan dengan empati akan lebih menarik. Situasi seperti ini membuat sebuah brand harus melihat situasi dan kondisi yang tengah terjadi. Contohnya yakni dengan menjual produk yang tengah dibutuhkan di situasi seperti sekarang, seperti masker atau hand sanitizer. Banyak pengusaha yang tengah mengikuti tren ini. Selain tetap bisa melakukan penjualan, mereka juga bisa tetap berempati terhadap konsumen dan juga para karyawannya.

2. Solution

Foto: pexels.com

Selain empati, strategi pemasaran yang bisa diikuti yakni solusi. Bisnis yang tengah kamu kelola harus menjadi solusi bagi masyarakat luas terutama di situasi pandemi yang tengah terjadi. Contohnya, dengan menghadirkan layanan pesan antar produkmu agar kamu tetap bisa melakukan penjualan, mengingat saat ini banyak masyarakat yang enggan keluar rumah karena khawatir dengan penyebaran virus yang semakin luas.

3. Giving

Foto: pexels.com

Masa pandemi ini merupakan waktu yang tepat untuk saling memberi. Kamu bisa mengajak konsumenmu untuk turut ikut menggalang dana sebagai bantuan penanganan kasus pandemi yang tengah terjadi. Dengan begitu, bisnis yang kamu kelola akan dikenal meskipun ditengah situasi sulit seperti sekarang ini.

4. Useful

Foto: pexels.com

Selain produk yang kamu jual harus punya diferensiasi produk, produk kamu juga harus menciptakan manfaat terutama manfaat sosial. Misalnya saja dengan menggratiskan fitur hiburan yang berguna bagi masyarakat yang tengah membutuhkan hiburan selama berada di rumah saja.

5. Responsible

Foto: pexels.com

Bukan hanya mencari keuntungan, sebuah bisnis juga punya tanggung jawab terhadap masyarakat. Salah satu bentuk tanggung jawab ini bisa ditiru dari sebuah gerai kopi terkenal. Mereka memberikan kartu tanda suhu tubuh penjual yang akan diberikan kepada konsumen. Hal ini membuktikan bahwa mereka mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan mereka sehat dan produk yang mereka jual aman.

Itulah 5 hal yang bisa kamu terapkan agar bisnis kamu tetap bertahan, Guys. Semoga bermanfaat.