Hai, Takaiters!

Pandemi COVID-19 hingga saat ini belum juga mereda, bahkan pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di mana banyak pembatasan yang diberlakukan untuk membatasi pergerakan orang banyak di Jakarta.

Jam operasional transportasi umum di Jakarta dibatasi. Hanya dibuka dari pukul 06.00 pagi sampai pukul 18.00 WIB.  Kapasitas angkut kendaraan juga dibatasi. Angkutan umum atau bus kota hanya boleh mengangk maksimal 50 persen dari total kapasitas. Begitu juga dengan transportasi online, seperti taksi online dan ojek online. Itu juga dibatasi.

Ojek online juga tak boleh mengangkut penumpang. Mereka hanya diperbolehkan kirim barang atau makanan. Warung makan dan minuman pun, dibatasi. Tidak boleh menerima pembeli yang makan di tempat, jadi harus di bawa pulang. Warga diingatkan untuk lebih banyak #dirumahaja. Semua itu diberlakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Memasak Jadi Kegiatan yang Menyenangkan Saat #Dirumahaja

Foto: Fimela.com

Nah, diam #dirumahaja kadang cepat mengundang rasa bosan karena gerak begitu terbatas. Oleh karena itu, agar bosan tidak mengganggu pikiran yang ujungnya mengundang stres, sebaiknya kamu perbanyak lakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Salah satunya, memasak.

Ya, bagi yang terbiasa memasak, tentu tak bingung mau masak apa. Namun, bagaimana dengan orang yang selama ini jarang memasak? Tak usah khawatir, di zaman digital sekarang ini, semua gampang dicari via dunia maya. Kamu tinggal cari resep masakan yang hendak dibuat. Ada banyak resep yang tersedia, kamu tinggal pilih saja.

Nah, karena di saat pandemi COVID-19 ini kita disarankan banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi, maka cari resep masakan yang menyehatkan. Misal, resep makanan anti kanker atau resep masakan yang membuat daya tahan tubuhmu kian kuat.

Berikut satu resep dadar telur isi sayur yang menyehatkan dan gampang dibuat sendiri di rumah. Tentu bukan dadar telur biasa ya, tetapi dadar telur isi sayuran istimewa yang menyehatkan. Bisa jadi menu sarapanmu sebelum menjalani work from home. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan-bahan Dadar Telur Isi Sayuran

Foto: Steemit.com

Untuk bahannya, sediakan tepung terigu serbaguna sebanyak 60 gram. Bahan lainnya, telur 1 butir yang dikocok rata. Kamu bisa mengocoknya dengan menggunakan garpu. Lalu, susu cair 200 ml, minyak goreng 1 sendok teh dan garam 1/4 sendok teh.

Bahan untuk isi dadarnya, yaitu margarin 2 sendok teh, bawang putih 2 siung lalu cincang halus, bawang daun 1 sendok makan, iris halus, wortel 100 gram, kupas dan potong berbentuk korek api, kacang merah 50 gram. Kacang merahnya jangan lupa direbus dulu. Bahan lainnya kecap asin 2 sendok teh atau 1/2 sendok teh, garam, merica bubuk 1/4 sendok teh, tauge 25 gram, dan  daun seledri, cincang, kira-kira satu sendok makan.

Cara Membuat Dadar Telur Isi Sayur

Foto: Steemit.com

Cara membuatnya, pertama campur terigu dengan telur. Lalu aduk rata sambil dituangi susu. Aduk terus sampai adonan halus atau tidak berbutir. Setelah itu, tambahkan garam dan minyak goreng.

Panaskan wajan dadar ukuran garis tengah 12 centimeter. Olesi wajan dengan sedikit minyak goreng. Setelah itu tuang adonan dadar. Buat dadar yang tipis. Kemudian, panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum. Masukkan bawang daun, wortel, kacang merah kecap asin, merica, aduk rata.

Masukkan tauge, aduk cepat sampai rata. Angkat, sisihkan sampai dingin. Ambil selembar dadar, isi dengan 1 sendok makan adonan isi, lipat seperti amplop. Lalu Gulung. Sajikan dengan sambal botol. Nikmat dan menyehatkan.