Hai, Takaiters!

Bicara tentang mengisi waktu liburan pasti, deh, pengennya traveling ke tempat-tempat yang indah, keren, dan pastinya asyik buat foto-foto. Kabupaten Karanganyar dikenal dengan banyak sekali tempat wisata baik alam, sejarah maupun edukasi. Salah satu wisata yang terkenal di Karanganyar adalah Air Terjun Grojogan Sewu dan Taman Balekambang Tawangmangu. Suasana di sana juga sejuk dan relatif dingin malah di lokasi dekat dengan pegunungan Lawu.

Namun, kali ini, kita akan mengunjungi tempat wisata Rumah Atsiri Indonesia yang terletak di Jl Watusambang, Plumbon, Tawangmangu. Rumah Atsiri sendiri adalah salah satu bagian dari kompleks pabrik pengolahan minyak atsiri. Pabrik ini dibangun atas kerjasama pemerintah Indonesia dan Bulgaria. Bangunan di Rumah Atsiri Indonesia bergaya industrial dengan penerapan warna abu-abu pada bangunan. Penggunaan material kaca dengan tone warna lembut berupa kaca jendela nako yang diburamkan berfungsi mereduksi sinar dan panas matahari.

Sejarah Rumah Atsiri

Foto: catatannobi.com

Pada tahun 1963 mulai dibangun hingga tahun 1967 , dan saat itu mulai berhasil melakukan uji coba produksi bahan baku sereh wangi atau sereh dapur yang pengawasannya dilakukan langsung dari tenaga ahli Bulgaria dan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah.

Hasil yang didapat mulai tidak seimbang dengan biaya operasional. Kemudian akhirnya di lelang kepada perusahaan swasta. Dengan berbagai pertimbangan maka kemudian pilihan dari perusahaan untuk membuat sebagian pabrik yang tersisa menjadi tempat wisata dan edukasi. Revitalisasi pabrik citronella ini dilakukan bertahap.

Fasilitas di Rumah Atsiri

Foto: contructionplusasia.com

Berdasarkan siteplan kawasan Rumah Atsiri Indonesia terdiri dari Green House, Kebun Koleksi Atsiri, Spa, dan Refleksi, Ruang Produksi Skala Lab, Laboratorium, Science Lab, Workshop, Cafe and Resto, Museum Galerry, Marigold Plaza, Amphitheater, lobby di Lantai 2, Souvenir Shop di Lantai 2, Perfumery Class and Essense Shop di lantai 2, dan Hotel and Mice. Rumah Atsiri berdiri di atas lahan dengan luas 23.660 meter persegi.

Cafe and Resto menjual berbagai menu makanan khas Rumah Atsiri dengan menghadirkan konsep  Healthy and Taste. Restoran ini bisa menampung kurang lebih 200 orang. Di sana juga menghadirkan kids menu, Guys, jadi kalau ajak anak-anak wisata kesana gak perlu bingung mencarikan menu.

Tempat Favorit di Rumah Atsiri

Foto: mytrip123.com

MariGold Plaza adalah salah satu tempat favorite di Rumah Atsiri, taman penuh keindahan bunga marigold yang bermekaran sangat instagramable banget, deh, buat kamu-kamu yang suka hunting lokasi foto.

Rumah Atsiri Indonesia juga mengadakan workshop untuk membuat sabun dan juga play dough. Namun, untuk mengikutimya kamu harus mendaftar dulu di jadwal yang telah ditentukan di ruang Workshop. Ketika kamu atau anak-anak ikut workshop membuat sabun, kamu harus mengenakan atribut yang disediakan oleh pemandu ketika berada di laboratorium. Serunya lagi, sebelum membuat sabun, kamu akan diajak berkeliling mengenali berbagai macam tanaman di kebun Rumah Atsiri. Dijelaskan pula manfaat dari tanaman-tanaman tersebut.

Foto: travel.detik.com

Setelah berkeliling, kamu akan diajak ke tempat destilasi minyak sereh wangi yang saat itu sedang melakukan penyulingan. Kamu akan menyaksikan daun sereh wangi dimasukkan dalam ketel sebanyak 6—7kg yang menghasilkan paling banyak 50 ml, kemudian uap yang mengumpul dalam kondensor yang turun akan menjadi minyak atsiri dan hidrosol. Hidrosol adalah bahan untuk campuran pel lantai.

Pada saat berkeliling, kamu akan dipandu oleh para pembimbing yang ramah dan sangat menyenangkan. Dijamin seru, deh, berkunjung ke sana. Rumah Atsiri Indonesia buka pukul 10.00 – 17.00 WIB saat weekday dan jam 10.00-19.00 WIB saat weekend. Lokasi yang sangat cocok untuk wisata bersama keluarga.

Nah, bagi yang masih bingung ingin berlibur ke mana, Rumah Atsiri ini bisa menjadi pilihan, ya, Guys.