Hola, Takaiters!

Bulan Ramadan yang penuh ampunan akan segera tiba. Seluruh umat muslim di dunia menyambutnya dengan gembira dan antusias, tak terkecuali muslim di China. Muslim di Negara Tirai Bambu ini memiliki kebiasaan unik menjelang bulan Ramadan, yaitu dengan melakukan ritual tari-tarian yang disebut dengan muqam. Muqam menjadi tradisi yang setiap tahun digelar oleh muslim khususnya di kota Kashgar, Xinjiang. Selain Muqam, semarak Ramadan kian terasa dengan bertebaran makanan dan minuman khas yang menggugah selera.

Makanan dan minumam apa sajakah itu? Yuk, intip ulasannya berikut ini!

1. Doc

 

Doc adalah minuman khas ketika buka puasa yang diminum umat muslim di kota Kashgar, xinjiang. Doc terbuat dari susu dicampur yogurt, madu, dan es. Minuman ini selain menyegarkan juga menyehatkan. Masyarakat muslim Kashgar sudah menjadi kebiasaan meminum segelas doc di kala azan magrib tiba di bulan Ramadan. Terlebih jika bulan Ramadan bertepatan dengan musim panas. Rasa haus yang amat sangat dapat dengan mudah sirna dengan minum doc.

2. Ludagun

Foto: menupedia.co.uk

Camilan yang satu ini terbuat dari tepung beras kuning dan tepung kedelai dengan gula serta kacang merah sebagai isinya. Kue kuno dari Beijing ini disajikan mirip dengan bolu kukus. Camilan ini biasanya menjadi ciri khas makanan muslim Beijing.

3. Paomo

Foto: topchinatravel.com

Paomo ini termasuk dalam makanan yang berat, terdiri dari roti yang dimakan dengan sup daging kambing. Makanan ini adalah makanan khas muslim di China Utara, tepatnya jalur sutra. Sangat cocok untuk sahur maupun berbuka. Terbuat dari roti beragi yang dikukus berbentuk melingkar. Roti ini juga dikenal dengan sebutan Roti Muslim. Rasanya seperti kue kering, tetapi tidak terlalu asin.

4. Huangmimian Niangao dan Paicha Goreng

Huangmimian Niangao Terbuat dari tepung beras kuning dan kurma merah. Teksturnya lembut dan lengket, rasanya manis. Sedangkan Paicha goreng terbuat dari tepung, garam, air, dan wijen yang digoreng berbentuk persegi panjang. Teksturnya garing dan renyah juga gurih. Kedua camilan ini populer di kalangan muslim Beijing.

Itulah lima makanan khas bulan Ramadan di negeri China yang sangat menggiurkan. Kamu suka yang mana?