Hai, Takaiters!

Siapa yang enggak suka camilan Bandung? Makanan hits ini merupakan camilan yang melegenda, loh. Walau pun sudah berumur hampir 35 tahun, berkat tangan-tangan dingin mereka lah, makanan legenda ini kembali naik ke permukaan.

Mau tahu apa saja camilan yang melegenda tersebut? Chek it out!

Seblak

Foto: dapurkoe.co.id

Camilan ini aslinya hanya kerupuk kanji mentah yang ditumis. Dengan menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, merica, kencur, dan cabe rawit. Setelah mengalami inovasi, campuran seblak ini tersedia makaroni, mie, udon, ceker ayam, bakso, berbagai macam kerupuk, kikil, jamur, tofu, bahkan pasta. Tinggal kamu pilih sesuai selera. Pedasnya, berani level berapa?

Cuanki

Foto: tempatwisatadibandung.info

Musim apa pun, camilan berkuah ini bikin lidah bergoyang. Berisi bakso, siomay basah, tahu putih, siomay kering. Tambahannya enggak begitu banyak, hanya porsi dan rasa yang lebih nendang.

Batagor

Foto: merdeka.com

Dulu, batagor merupakan perkembangan dari baso tahu atau siomay yang digoreng. Lalu disiram bumbu kacang, kecap, dan perasan jeruk limau. Melalui tangan dingin mereka yang kreatif, camilan ini menggunakan campuran ikan tenggiri, dengan ukuran yang lebih besar dan harga mulai Rp3.000,00 – Rp9.000,00 per buah. Oya, ada juga batagor berkuah, dijamin bikin nagih.

Siomay

Foto: dapurkoe.co.id

Yess, camilan favorit saya sejak Sekolah Dasar, sekitar tahun 1983. Harganya Rp25,00. Aneka siomay itu adalah siomay, tahu putih, tahu kering, kentang, kol, telur, lalu disiram bumbu kacang, kecap, dan perasan jeruk limau. Biar tambah kriuk, tambah kerupuk kanji.

Es Campur Oyen

Foto: foody.id

Hhmm, es campur oyen, manis, dingin. Es oyen ini berisi mutiara, alpukat, kelapa muda, nangka, serutan es batu, dan susu kental. Walau pun dingin, tapi masih endess saat hujan, apalagi saat cuaca panas, joss!

Sejak dulu es campur oyen ini tidak mengalami perubahan, harga enggak bikin kantong bolong, Rp13.000,00 saja per porsi. Jangan lewatkan kalau kamu mampir ke Bandung.

Pilihan Editor



Cilok

Foto: dapurkoe.co.id

Siapa yang enggak suka cilok? Si bulat kenyal-kenyal. Adonan tepung tapioka dan tepung kanji ini, cara makannya dicolok menggunakan bambu seperti tusuk sate, siram bumbu kacang dan kecap.

Camilan ini mengalami inovasi, cilok isi keju, ayam, bahkan cilok berkuah, rasanya gurih, disiram perasan limau.

Cireng

Foto: merdeka.com

Guys, enggak bisa berpaling dari cireng, awal muncul hampir 35 tahun yang lalu, hanya cireng rasa garam. Sekarang, banyak pilihan, cireng isi keju, sosis pedas, rendang, dan ayam pedas. So, mau pilih yang mana cirengnya?

Serabi

Foto: cookpad.com

Campuran tepung beras, terigu, parutan kelapa, santan, garam diaduk rata sebagai bahan dasar. Awalnya hanya ada dua rasa, serabi polos disiram gula cair, dan serabi oncom. Sekitar tahun 1995, serabi mulai berinovasi dengan berbagai pilihan topping yang ditawarkan, cokelat, telur, oreo, keju, nutella, dan banyak lagi pilihan lainnya.

Guys, walau pun camilan-camilan Bandung ini sudah berumur 35 tahun, dengan inovasi dan kreativitas mampu mengangkat camilan tersebut kembali hits dan ngangenin.