Halo Takaiters!

Sahur yang dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Pasalnya tubuh membutuhkan asupan makanan dan cairan sebelum seharian menahan lapar dan juga haus.

Saat melakukan makan sahur ini, sebaiknya perhatikan asupan makanan dan juga cairan yang dibutuhkan tubuh, jangan sampai mengalami kekurangan asupan nutrisi selama berpuasa. Selain penuhi konsumsi buah dan sayur yang baik untuk tubuh, asupan cairan dengan minum air putih juga penting agar mengurangi rasa haus di siang hari.

Nah, bicara tentang haus, ternyata ada, lo, makanan yang malah bikin cepat haus, sebaiknya kamu hindari saat makan sahur, ya. Apa saja makanan itu? Simak, yuk!

1. Perhatikan Porsi Nasi

Foto: jurecsmandapa.com

Saat sahur, jangan menambah porsi nasi yang akan kamu konsumsi dengan tujuan agar rasa kenyangmu bertahan lebih lama. Ada baiknya kamu justru mengurangi porsi nasi tersebut, lalu menambah sayur dan buah. Hal ini akan baik untuk meningkatkan kadar serat tubuh.

2. Makanan Bersantan atau Tinggi Kadar Minyak

Foto: indozone.id

Makanan yang mengandung santan dan juga tinggi kadar minyak menjadi makanan yang harus dihindari saat makan sahur. Hal ini dikarenakan tingginya kadar minyak dalam makanan membuat tenggorokan dan lambung menjadi kurang nyaman.

3. Camilan Manis

Foto: idntimes.com

Camilan manis mengandung kadar gula yang tinggi didalamnya. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh kita malah akan membuat cepat lemas dan haus. Dan ini tentu saja akan membuatmu tidak nyaman selama berpuasa.

4. Makanan Pedas

Foto: kissfmmedan.com

Makanan yang bikin cepat haus lainnya yaitu makanan pedas. Apalagi kalau makanan pedasnya bertahan lama di mulut dan lambung yang membuat keinginan untuk minum pasti meningkat. Meskipun makanan pedas itu terasa nikmat dan bikin lahap, sebaiknya batasi konsumsi makanan pedas ini, baik saat sahur ataupun berbuka.

5. Masakan dengan Bumbu Kuat atau Terlalu Asin

Foto: halodoc.com

Mengonsumsi masakan dengan bumbu kuat atau terlalu asin juga bisa membuatmu cepat haus, lo. Walaupun terasa nikmat, kamu harus ingat kalau kamu akan berpuasa di mana kamu tidak akan bisa minum seenaknya sebelum waktu berbuka.

Sensasi tenggorokan akan terasa seret dan gatal biasanya akan terasa setelah kamu mengonsumsi masakan jenis ini. Sebaiknya hindari masakan ini biar kamu nyaman selama berpuasa, ya!

Nah, Guys, itu dia makanan yang harus kamu hindari saat makan sahur biar enggak bikin cepat haus. Memperhatikan asupan makanan dan juga cairan saat sahur juga penting buat puasamu jadi afdol, lo. Walaupun berpuasa, tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar kamu bisa nyaman dalam menjalankan ibadah puasa ini ‘kan? So, perhatikan asupan makanan dan juga cairanmu, ya! Semoga puasamu lancar!