Hai, Takaiters!

Apakah Takaiters adalah orang yang hobi berwisata pantai ?

Berwisata adalah salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dan banyak disukai oleh banyak orang. Terutama bagi mereka yang selalu sibuk dengan aktivitas yang padat diluar jam istirahat. Sebab berwisata dianggap menjadi salah satu obat dari rasa lelah setelah menjalani berbagai kesibukan yang cukup menguras fisik dan pikiran.

Salah satu kegiatan wisata yang sering dilakukan oleh banyak orang salah satunya adalah dengan menikmati keindahan panorama, bermain pasir serta semilir angin sepoi- sepoi di Pantai. Hal ini karena wisata pantai merupakan salah satu tempat yang mudah dikunjungi tanpa harus mempersiapkan banyak keperluan seperti halnya mendaki gunung atau berkemah.

Berbicara tentang pantai, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang unggul dengan berbagai keindahan pantainya. Bagaimana tidak sebab jumlah pantai yang ada disana bisa dibilang sangat luar biasa banyak dan terkenal dengan keindahan pemandangan ombak, tebing serta pasir pantainya.

Salah satu daerah yang mempunyai beragam jenis panorama pantai adalah daerah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Di tempat ini wisatawan akan dimanjakan dengan wisata alam pinggir laut yang menyenangkan. Terdapat berbagai keunikan dan keunggulan di masing- masing wisata pantai yang ada di sana. Mulai dari Pantai dengan tebing yang menyediakan tempat berkemah hingga melihat sunset indah di sore hari.

Pantai Nguluran, Gunung Kidul

peta pantai nguluran gunung kidul
Foto : jogjakita.co.id

Tetapi ada salah satu pantai unik di daerah Gunung Kidul ini, namanya adalah Pantai Nguluran. Mengapa disebut unik ? Tidak hanya menyediakan keindahan pemandangan alam yang menakjubkan tetapi juga adanya sebuah spot unik yang dapat menguji adrenalin para wisatawan.

Bagi mereka yang ingin sekali berkunjung untuk menikmati suasana pantai, tetapi tidak terlalu berminat bermain pasir atau ombak maka Pantai Nguluran Gunung Kidul menjadi salah satu tempat yang tepat.

Di pantai Nguluran ini terdapat sebuah spot foto yang bisa dibilang cukup menguji adrenalin, yaitu adanya jembatan kaca yang berada tepat diatas pinggir laut. Selain itu saat suasana sore hari, para wisatawan juga akan dimanjakan dengan adanya Sunset yang luar biasa indah dan cukup memperdalam momen atau nuansa wisata di pantai ini.

Awalnya spot foto jembatan kaca yang berada di Pantai Nguluran ini diperuntukan untuk pembangunan resort pribadi. Namun seiring berjalannya waktu justru semakin banyak masyarakat umum yang tertarik berfoto disana dan pada akhirnya menjadi viral. Alhasil spot jembatan kaca yang menguji adrenalin ini dapat dinikmati secara umum.

Lokasi dan Rute

pantai nguluran teras kaca gunung kidul
Foto : travelspromo.com

Lokasi wisata pantai Nguluran ini berada di kabupaten Gunung Kidul atau tepatnya ada dalam wilayah Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Pantai eksotis ini berada tidak jauh dari pantai- pantai indah lainnya yang juga ada di kawasan yang sama. Misalnya pantai Gesing yang berjarak hanya sekitar 300meter dari sana. Untuk rute menuju ke pantai ini pun tidak begitu sulit, sebab lokasinya yang memang mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi.

Jika kita datang dari arah jalan Wonosari, maka hanya perlu melewati daerah Piyungan, selanjutnya menuju ke Patuk. Setelah sampai di lapangan terbang Gading, ambil arah kanan hingga masuk pasar Playen. Lanjutkan perjalan melalui Paliyan dan menuju ke Girikarto tempat pantai ini berada.

Harga Tiket Kawasan

rute ke pantai nguluran gunung kidul
Foto : m.guideku.com

Tidak hanya terdapat jembatan Kaca, di pantai Nguluran ini juga terdapat beberapa resort yang bisa dikunjungi dan buka dari pagi sekitar pukul 09.00wib hingga pukul 17.00wib. Harga tiket masuk ke pantai ini pun relatif sama dengan yang lain yaitu seharga 5ribu rupiah dengan tambahan biaya 3ribu hingga 5ribu jika membawa kendaraan pribadi.

Selain itu untuk fasilitas hiburan dengan spot sederhana tidak dikenakan biaya apapun misalnya seperti Ayunan atau kursi. Sementara fasilitas hiburan lainnya biasanya dikenakan biaya lagi sebesar 20ribu rupiah seperti spot foto dengan patung becak, teras kaca, dll.

Karena itu, bagi Takaiters yang mungkin sangat hobi berwisata pantai tempat ini menjadi salah satu yang paling direkomendasikan. Selain karena adanya spot- spot yang menantang adrenalin, keindahan panorama pantai dan Sunset di sore harinya akan membuat kita betah berlama- lama menikmati istirahat diluar rutinitas sehari-hari.