Halo, Takaiters!

Pernahkah kamu berpikir untuk bersahabat dengan Alquran, Guys? Sebelum kamu menjawabnya, mari disimak uraian berikut!

Setiap umat muslim percaya bahwa Alquran merupakan kalam Allah. Sebagai kalam Allah sudah selayaknya Alquran menjadi bacaan wajib bagi umat muslim.

Salah satu keberkahan yang bisa didapat bagi yang membaca Alquran adalah hati menjadi tenang. Lalu, bagaimana jika Alquran dijadikan sebagai sahabat?

Berbicara tentang sahabat, semua tahu bahwa sahabat  memiliki tempat istimewa di hati kita. Sahabat adalah orang yang  selalu ada didekat kita dalam keadaan suka maupun duka.

Makanya, kamu tak boleh salah dalam memilih sahabat karena sahabat memiliki pengaruh besar dalam hidupmu.

Nah, Alquran yang merupakan pedoman umat muslim ini, bisa banget dijadikan sebagai sahabat, Guys. Mau tahu caranya?

Mari kita  simak ulasan berikut!

1.Membaca Alquran dengan Tartil

Foto: unsplash.com

Seorang muslim membaca Alquran. Hal ini seperti tersirat dalam HR. Muslim, “Bacalah Alquran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya.”

Membacanya harus tartil, ya, Guys. Tartil berarti perlahan disertai dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar.

Namun, jangan khawatir bila bacaanmu belum tartil, Guys. Kamu bisa bergabung di kelas tahsin yang diadakan oleh majelis-majelis ilmu.

Pokoknya, kamu harus semangat belajar membaca Alquran sesuai yang diperintahkan oleh Allah, ya.

2. Menghafalkan Alquran

Foto: islampos.com

Menghafalkan Alquran sebaiknya dilakukan setelah selesai salat, ya, Guys.  Dengan jumlah ayat yang dihafalkan sebanyak 5 ayat per hari.

Untuk tehnik menghafalkannya, pertama, baca ayat yang akan dihafalkan sebanyak 7-10 kali. Tujuannya agar kamu paham hukum tajwidnya sehingga hafalan yang kamu dapat sesuai dengan yang tertulis dalam Alquran, Guys.

Kedua, mulailah melafazkan ayat itu tanpa melihat Alquran dengan jumlah yang sama saat kamu membacanya tadi. Bila dirasa masih kurang, kamu bisa mengulanginya dari awal, ya!

Jika ayat yang dihafalkan itu panjang, kamu bisa membaginya menjadi 2 bagian, ya, agar lebih mudah.

3. Membaca Tafsir Alquran

Foto: konsultasi syariah.com

Mengapa kita perlu membaca tafsir Alquran? Karena seperti telah disinggung di awal,  Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk hidup.  Lalu, bagaimana kamu dapat meneladaninya bila tak paham makna di dalamnya? Makanya, sangat dianjurkan membaca Alquran disertai dengan terjemahannya, ya, Guys.

4. Mengamalkan Isi yang Terkandung dalam Alquran

Foto: suratkabar.id

Mengamalkan isi yang terkandung dalam Alquran itu penting, Guys. Mengapa? Karena orang yang belum paham tentang Islam tentu akan melihat seperti apa akhlak seorang muslim. Inilah saatnya kamu menunjukan bagaimana seorang muslim sesungguhnya.

Bukankah sejarah sudah mencatat,  banyak yang akhirnya memeluk Islam karena melihat akhlak Rasulullah saw. yang mana akhlak beliau merupakan cerminan Alquran.

Ayo, Guys, jangan tunda lagi keinginanmu untuk bersahabat dengan Alquran, ya!