Halo, Takaiters!

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah seperti rempah-rempah dan berbagai jenis tanaman obat tradisional. Inilah beberapa jenis tanaman yang berkhasiat bisa menyembuhkan penyakit, Takaiters.  Yuk, simak!

1. Kunyit

Foto: jawapos.com

Kunyit merupakan tanaman obat tradisional yang mengandung zat kurkumin, zat ini mengandung warna oranye ciri khas dari kunyit. Zat kurkumin inilah yang bisa memberikan khasiat mengobati penyakit.

Orang zaman dahulu menggunakan kunyit sebagai obat untuk mengatasi penyakit kulit, gangguang pencernaan, mengurangi resiko penyakit jantung, dan juga mencegah terjadinya kanker usus besar. Zat kurkumin kunyit juga berfungsi untuk melindungi kesehatan fungsi saraf.

Perlu di ingat, Guys walaupun kunyit bisa menyembuhkan beberapa penyakit, mengkonsumsi kunyit dengan berlebihan bisa membuat asam lambung naik, jadi gunakan seperlunya, ya.

2. Jahe

Foto: radarkediri.jawapos.com

Jahe sudah tidak asing dalam dunia obat tradisional, Jahe ini merupakan tanaman obat yang sering sekali di gunakan untuk membuat obat tradisional atau jamu.

Tanaman ini mengandung senyawa aktif bernama gingerol, yang berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit seperti saki perut, muntah-muntah, vertigo atau pusing, nyeri sendi dan mengurangi nyeri haid. Walaupun jahe banyak memiliki khasiat jangan mengkonsumsi jahe berlebihan, dianjurkan konsumsi jahe hanya 4 gram perhari.

3. Daun Sirih

Foto: arah.com

Sejak zaman dulu nenek moyang kita menggunakan daun siri untuk menjaga kesehatan gigi dan mengatasi bau mulut. Menggunyah daun siri atau menyirih ini terbukti memiliki manfaat. Beberapa peneliti medis mengatakan menggunyah daun sirih dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang bermanfaat mencegah gigi berlubang dan penyakit pada gusi.
Daun sirih biasanya juga di gunakan untuk menghentikan mimisan karena daun sirih ini memiliki antioksida tanin yang dapat membekukan darah dan menyembuhkan luka.

4. Lidah Buaya

foto:sehatq.com

Tanaman obat satu ini sudah tidak di ragukan lagi untuk memelihara rambut atau dalam dunia kecantikan. Lidah buaya ini sangat banyak manfaatnya. Ternyata sebagai tanaman obat lidah buaya memiliki manfaat untuk mengobati penyakit jantung, radang tenggorokan, diabetes, sembelit, dan banyak penyakit yang bisa diobati dengan lidah buaya.

5. Temu Lawak

foto:glitzmedia.co

Temu lawak merupakan tanaman obat yang memiliki beragam khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Yang sering di manfaatkan dalam temu lawak yaitu bagian akarnya atau rimpangnya.
Manfaat tanaman ini yaitu dapat menyembuhakn beberapa penyakit seperti melancarkan pencernaan, mengatasi masalah pada jantung, gangguan ginjal, dan masih banyak manfaat temu lawak dalam mengatasi masalah kesehatan.

Inilah beberapa tanaman yang bisa di jadikan obat, tanaman ini juga bisa kamu budidaya di rumah karena tanaman ini sangat mudah dalam perawatannya dan juga tidak membutuhkan lahan yang luas. Kamu bisa menanamnya di pot-pot kecil. Semoga bermanfaat, Takaiters.