Halo, Takaiters!

Kalau kamu melancong ke sebuah tempat, tentunya akan lebih lengkap jika kamu juga mencicipi kuliner setempat kan? Seperti kalau kamu ke Yogyakarta pasti cerita makan gudeg tidak akan ketinggalan. Sama halnya jika kamu melancong ke Eropa, khususnya Belanda pasti akan menceritakan kuliner khas sana kan?.

Meskipun kuliner Belanda tidak setenar kuliner Italia atau China yang mendunia, tapi tidak ada salahnya mencoba agar khasanah kuliner kamu lebih luas dan agar lebih ada cerita ketika kembali ke tanah air.

Lalu kuliner apa sih yang wajib kamu coba di negeri kincir angin ini? Yuk, intip ulasan dibawah ini!

Hutspot dan stamppot

makanan khas belanda
Foto: Don Pedro

Hutspot dan stamppot layaknya anak kembar tapi tidak identik di perkulineran Belanda. Hutspot adalah kuliner Belanda (terutama di musim dingin) yang terdiri dari kentang, wortel, bawang bombay plus potongan daging / sosis sesuai selera. Sedangkan stamppot terdiri dari kentang, wortel dan sayuran. Kesamaan yang lainnya adalah bentuk dari dua makanan tersebut adalah puree.

Ada yang unik di hidangan hutspot. Makanan ini seringkali disajikan dengan stoofvlees, atau olahan daging sapi yang dimasak lama. Menurut saya rasanya tak ubahnya rendang.

Appeltaart

makanan khas belanda
Foto: maaikevankessel.nl

Buat kamu penyuka sajian manis, bisa mencoba yang satu ini. Iya, appeltaart. Keik yang intinya dibuat dari adonan tepung dan irisan buah apel. Bisa divariasi dengan menambahkan kismis atau buah anggur yang dikeringan.

Keik apel ini banyak dihidangkan hangat. Jika kamu berkesempatan mampir ke cafe di Belanda, sempatkanlah memesan hidangan ini. Kemudian kamu pasti akan ditanya, “Met of zonder slagroom?” yang artinya, “Dengan atau tanpa krim (whipped cream). Kalau dengan whipped cream, biasanya kamu memang harus membayar lebih sekitar 0,50 sen atau 1 euro. Tapi, appeltaart dengan whipped cream lebih enak daripada yang gak pake lho!

Stroopwafels

makanan khas belanda
Foto: 3.bp.blogspot.com

Nah, yang ini juga gak kalah manis dan cocok sekali dibawa untuk oleh-oleh. Stroopwafels. Benar, jajanan ini terdiri dari dua kata yaitu stroop alias sirup karamel dan wafels. Stroopwafel dibuat pertama kali di kota Gouda sekitar abad 19. Banyak dijumpai di supermarket lokal dengan berbagai merk dan harga atau pun di toko toko suvenir tempat turis memborong oleh-oleh. Biasanya membelinya dalam kemasan isi 10 atau 12. Oya, ada juga stroopwafels mini, lho.

Haring

makanan khas belanda
Foto:hiveminer.com

Siapa yang gak suka ikan? Di Belanda ada ikan haring, yang bisa dicoba. Ikan ini dijual di kios kios yang juga menjual segala jenis ikan seperti ikan dorado, tuna, salmon dan seafood seperti cumi, udang dan kerang.

Ikan haring bisa dimakan begitu saja, tapi banyak orang Belanda yang menikmati ikan ini dengan ala sandwich gitu lho. Snack ini disebut broodje haring (roti haring), yang isinya roti empuk, ikan haring, irisan bawang bombay cincang dan augurk atau semacam acar mentimun. Begini nih penampilannya roti haring dan kiosnya. Kira kira kamu doyan gak, Takaiters?

Oliebollen

makanan khas belanda
Foto: amsterdamdelicious.com

Takaiters kenal jajan namanya bolang baling gak ya? Kue yang dibuat dari tepung terigu dan berbentuk bulat atau coklat ini kadang diisi pisang di dalamnya. Atau rasa original, hanya manis gitu. Nah di Belanda juga ada yang mirip lho. Namanya olliebollen, yang terdiri dari dua kata yaitu olie (minyak) dan bollen (bola-bola). Dinamakan begitu karena harus digoreng dengan minyak banyak ya.

Jajanan ini bisa sangat banyak ditemui di supermarket dan kios-kios di akhir tahun atau malam pergantian tahun. Lalu gimana kalau Takaiters pengen mencobanya di luar waktu tersebut? Bisa, silakan beli adonannya di supermarket atau bahkan bikin adonan dan masak sendiri.

Di Belanda, oliebollen ada juga yang tanpa isi (tapi dimakan dengan ditaburi gula putih bubuk), isi kismis dan kadang ada yang isi pisang, lho.

Zuurkool

makanan khas belanda
Foto: gezondheidenco.nl

Kalau dari namanya Takaiters sudah menebak ini makanan yang mengandung kol (kubis), benar kok. Zuurkool dibuat dari irisan kubis putih yang diasamkan. Makanan ini dimakan oleh orang Belanda seperti hutspot dan stamppot dengan sosis sebagai pelengkapnya.

Buat mereka yang menganggap zuurkool terlalu asam, bisa mencucinya sebentar di bawah kran air mengalir. Nah, zuurkool ini bisa ditemukan di supermarket dalam bentuk kemasan. Ada yang rasa original ada yang rasa kari. Hayo, Takaiters kira kira mau mencoba yang mana?

Nah kuliner mana yang akan kamu coba jika mampir ke Belanda, Takaiters?