Holla, Takaiters!

Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Islam. Tidak hanya digunakan sebagai tempat salat, masjid juga jadi pusat kegiatan bagi komunitas muslim di seluruh dunia. Di masjid inilah umat Islam mengadakan kajian agama, diskusi, belajar Al-Quran bahkan pada zaman dulu, masjid memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat hingga bidang militer.

Nah, kali ini penulis ingin sekali mengajak kamu berkeliling melihat kemegahan masjid-masjid tertua yang ada di dunia. Masjid-masjid ini tentu membuat kita bangga akan agama Islam. Bahkan kita jadi tahu sejarah, kerajaan serta perang yang terjadi pada zaman itu. Masjid ini jadi saksi serta masih berdiri sebagai simbol hingga saat ini. Setelah ini kamu akan rindu, Guys ingin datang dan bersujud di sana.

Daripada kamu penasaran, kita bahas satu persatu, ya!

Masjid Al-Haram

masjid tertua di dunia
Foto: hajjumrahplanner.com

Tidak diragukan lagi, Guys jika masjid Al-Haram merupakan masjid tertua yang menyimpan banyak sejarah Islam. Berlokasi di pusat kota Makkah, masjid ini menjadi tempat tersuci bagi umat Islam di dunia.

Masjid Al-Haram tak pernah sepi, terutama pada bulan haji. Masjid akan dipenuhi oleh umat muslim yang ingin menunaikan rukun Islam kelima.

Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi kiblat umat Islam. Di sini kamu bisa merasakan syahdunya ibadah sekaligus rindu ingin selalu bersujud memohon ampun. Selain menjadi masjid tertua, masjid Al-Haram juga merupakan masjid terbesar di dunia. Luasnya mencapai 356.800 meter persegi dan terus diperluas hingga saat ini.

Masjid Nabawi

masjid tertua di dunia
Foto: 2.bp.blogspot.com

Masjid Nabawi terletak di kota Madinah. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua setelah Al-Haram yang didirkan oleh Nabi Muhammad saw. Di sini, umat Islam biasa melakukan ziarah ke makam Nabi serta para sahabat.

Kamu yang pernah berkunjung ke kota Madinah tentu merasakan betul betapa tenang dan indahnya suasana di sekitar masjid Nabawi. Belum lagi payung raksasa yang mengembang cantik menghiasi masjid Nabawi menjadi salah satu simbol unik yang tidak bisa terlupakan.

Payung raksasa ini akan terbuka sebelum adzan Subuh dan menutup menjelang Magrib. Payung yang sangat cantik ini rupanya merupakan proyek kerjasama antara perusahaan Jerman dan Jepang, Guys.

Jika kamu berkunjung ke sini, jangan lewatkan mengambil gambar dengan latar payung raksasa yang sedang terbuka. Indahnya bikin susah move on!

Masjid Al-Aqsa

masjid tertua di dunia
Foto: thinglink.me

Masjid yang penuh dengan sejarah bahkan menjadi salah satu tempat tersuci ketiga setelah Al-Haram dan masjid Nabawi. Kamu pasti masih ingat jika masjid Al-Aqsa pernah menjadi kiblat umat Islam pada zaman Nabi Muhammad saw sebelum pada akhirnya berbalik menghadap Ka’bah setelah turunnya wahyu.

Masjid yang terletak di Yerusalem Timur ini berada di kompleks Al Haram Asy Syarief yang memiliki luas hingga 14 hektar. Di kompleks ini juga kamu bisa melihat Dome of The Rock yang dipercaya sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad saw dalam perjalanan Isra’ Mi’raj.

Hingga saat ini, Al-Aqsa masih menjadi sumber konflik antara Israel dan palestina. Pembantaian di sana bukan hanya melukai warga sipil Palaestina, tetapi juga merobak nurani kita, Guys sebagai umat Islam yang merasa memiliki Al-Aqsa sebagai salah satu tempat suci umat Islam.

Masjid Agung Sana’a

masjid tertua di dunia
Foto: photorabota.ru

Masjid yang dibangun pada tahun ke 6 Hijriah ini terletak di Sana’a, Yaman. Yaman juga memiliki keterkaitan sejarah yang sangat kental dengan Islam. Masjid dengan arsitektur megah ini bukan hanya menyimpan sejarah pada zaman Nabi Muhammad saw, tetapi juga menjadi salah satu daftar situs Warisan Dunia Unesco.

Masjid ini telah mengalami banyak sekali perbaikan dan perluasan dari waktu ke waktu. Jika kamu berkunjung ke sini, Guys, kamu akan menemukan banyak hal menarik, termasuk penemuan artefak yang disebut berasal dari masa Byzantium Kekaisaran Axumite. Keren banget ‘kan?

Masjid Uqba

masjid tertua di dunia
Foto: worldsecretlocations.com

Masjid ini terletak di ujung utara benua Afrika, tepatnya di Tunisia. Berdiri di kota Kairouan, masjid yang termasuk salah satu masjid tertua ini masih tetap berdiri gagah hingga sekarang, Guys.

Masjid Uqba sendiri sebenarnya bernama masjid Uqba Bin Nafi yang diambil dari nama panglima perang Islam penakluk Afrika. Uqbah Bin Nafi inilah yang berhasil mendirikan masjid ini pada tahun 670 M serta berhasil menjadi pemimpin muslim pertama di sana. Mengagumkan sekali, ya, Guys?

Masjid Ummayad

masjid tertua di dunia
Foto: islamicfinder.org

Masjid yang dibangun di kota Aleppo ini termasuk salah satu masjid tertua di dunia dan berlokasi di Damaskus, Suriah. Dibangun pada tahun 634, masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Agung Damaskus, lho.

Sayangnya, akibat perang sipil, masjid ini pun luluh lantak tak bersisa. Kamu masih bisa mengenang bangunan masjid bersejarah ini yang memiliki konsep mirip dengan masjid Nabawi lewat beberapa foto-fotonya yang sungguh sangat cantik.

Pilihan Editor



Masjid Quba

masjid tertua di dunia
Foto: islamiclandmarks.com

Masjid Quba terletak di luar kota Madinah, tepatnya 15 km di sebelah tenggara kota Madinah. Masjid ini didirikan pertama kali oleh Rasulullah saw pada tahun 1 Hijriah, Guys. Menjadi salah satu masjid tertua di dunia dan sudah mengalami perubahan ketimbang pada zaman Nabi Muhammad saw dulu.

Perluasan serta perbaikan masjid ini dilakukan pada masa kerajaan Arab Saudi dan telah menghabiskan biaya sebanyak 90 juta riyal.

Yang lebih menariknya lagi, Guys, seperti diriwayatkan dalam sebuah hadist, salat di masjid Quba pahalanya sama dengan ibadah umrah. Itulah kenapa ketika kamu berkunjung ke sini, jangan sampai melewatkan minimal dua rakaat untuk salat, ya!

Masjid Agung Xi’an

masjid tertua di dunia
Foto: iqna.ir

Berbeda dengan masjid-masjid lainnya yang dibangun dengan kubah, masjid tertua yang dibangun di Tiongkok ini justru bergaya arsitektur pagoda Cina, lho. Di dalamnya juga terdapat tulisan Arab yang sangat memikat hati para wisatawan.

Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Tiongkok, jangan lewatkan mengunjungi masjid Agung Xi’an ini, ya, Guys.

Masjid Qiblatain

masjid tertua di dunia
Foto: 4.bp.blogspot.com

Masjid satu ini merekam sejarah penting dalam peradaban Islam. Di mana pada masa itu, orang muslimin masih salat dengan menghadap Baitul Maqdis atau masjid Al-Aqsa. Kemudian Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad saw dan memerintahkan salat menghadap masjid Al-Haram di kota Makkah.

Peristiwa yang terjadi pada tahun ke-2 Hijriah ini berlangsung saat Nabi melaksanakan salat Dhuhur. Setelah turun wahyu surat Al Baqarah ayat 144, maka Rasul pun mengubah arah kiblatnya. Karena itulah masjid ini disebut sebagai masjid Qiblatain atau masjid dengan dua arah kiblat.

Masjid Agung Kufah

masjid tertua di dunia
Foto : abna24.com

Masjid yang terletak di Kufah, Irak ini termasuk salah satu masjid tertua di dunia, Guys. Masjid ini merupakan bangunan pertama yang didirikan pada masa kepemimpinan Ali Bin Abi Thalib. Di sini dibangun juga kantor pemerintahan sekaligus rumah dinas yang pada akhirnya ditolak oleh Ali karena dianggap terlalu mewah dan megah.

Masjid ini merekam banyak kejadian bersejarah sekaligus menguras air mata termasuk ketika Khalifah Ali bin Abi Thalib ditikam hingga wafat.

Itulah beberapa masjid tertua yang masih bisa kamu lihat sebagian. Sebagai umat Islam, patutlah kita bangga, Guys dengan warisan sejarah peradaban Islam ini. Bahkan sudah seharusnya kita mempelajarinya melebihi keinginan kamu untuk mempelajari sejarah yang lain.

Gimana, Guys? jadi pengen salat juga di sana ‘kan?