Hai, Takaiters!

Tidak terasa kita sudah berada di ujung tahun, ya, dan sebentar lagi akan memasuki tahun yang baru. Biasanya, menjelang akhir tahun yang bertepatan dengan liburan sekolah banyak sekali rentetan kegiatan yang sudah diagendakan. Ada yang merencanakan liburan dengan keluarga, hangout dengan teman-teman kantor ataupun teman-teman kuliah, ada juga yang merencanakan menggelar pesta kecil-kecilan, dan ada yang hanya ingin menghabiskan liburan akhir tahun untuk bersantai di rumah dengan anggota keluarga.

Namun, bagi kamu yang memiliki rencana untuk liburan ataupun hangout ke luar kota sebaiknya lakukan persiapan sebaik mungkin dan sedetail mungkin. So, apa saja, sih, yang bisa kamu persiapkan sebelum pergi liburan ke luar kota?

Booking Hotel Jauh-Jauh Hari

Foto: pexels.com

Jika hendak menginap di luar kota apalagi kota yang menjadi destinasi wisata ada baiknya booking hotel jauh-jauh hari karena biasanya menjelang akhir tahun apalagi bertepatan dengan liburan sekolah juga menjelang tahun baru hotel-hotel sudah full dan tidak tersisa lagi kamar yang kosong.

Jika tidak kebagian kamar, rencana menginap di luar kota untuk menghabiskan liburan bakalan gagal, Guys. Mungkin bisa saja kamu menginap di losmen-losmen atau penginapan-penginapan kecil, tetapi  pastinya kenyamanannya tetap kurang. Baik dari fasilitas maupun pelayanan di penginapannya. Untuk itu pastikan, ya, kamu sudah booking hotel terlebih dahulu agar liburan kamu nyaman dan menyenangkan.

Cek Kondisi Kendaraan

Foto: pexels.com

Liburan dengan membawa kendaraan sendiri akan terasa lebih nyaman dan leluasa karena tidak harus tergantung dengan supir dan penumpang lain. Namun, sebaiknya sebelum dibawa untuk berlibur, cek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Mesin kendaraan paling utama untuk diperhatikan, takutnya di tengah-tengah perjalanan, kendaraan tiba-tiba mogok ataupun rusak sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan. Membawa ban serep dan perlengkapan bengkel sederhana juga penting. Jadi, ketika sewaktu-waktu terjadi kerusakan ringan, bisa kamu perbaiki sendiri.

Pastikan Lokasi yang Akan Dituju

Foto: pexels.com

Memastikan lokasi mana saja yang akan dituju juga tidak kalah penting. Gunanya untuk memudahkan dan menghemat waktu begitu tiba di kota tujuan. Jika lokasi yang akan dituju  belum pasti, pastinya di jalan kamu akan kerepotan karena bingung memutuskan lokasi mana yang akan dikunjungi. Alhasil yang terjadi kamu hanya berputar-putar di sepanjang kota dan waktu pun habis sia-sia di jalanan. Untuk memudahkan rute perjalanan gunakan GPS ataupun Google Map, ya, Guys.

Pastikan Semua Perlengkapan yang Dibutuhkan Tidak Ketinggalan

Foto: fllywithnate.com

Melakukan prepare ketika mau menempuh perjalanan yang jauh sangat penting. Gunanya kamu akan tahu barang-barang dan perlengkapan apa saja yang harus dibawa dan kamu butuhkan nantinya.

Lakukan prepare dua atau tiga hari menjelang keberangkatan karena jika prepare-nya mendadak seringkali ada barang atau perlengkapan yang terlewat untuk dibawa. Buatlah list barang-barang atau perlengkapan kebutuhanmu. Masukkan satu persatu ke dalam koper atau tas yang akan kamu bawa. Pada hari malam keberangkatan pastikan lagi semua sudah masuk dalam tas dan tidak ada yang tertinggal satu pun.

Bawalah Tas Selempang atau Ransel Sedang untuk Barang-barang yang Sangat Penting

Foto: pexels.com

Sebaiknya bawalah minimal dua tas. Satu tas bisa dipakai untuk menyimpan barang-barang atau perlengkapan yang tidak terlalu urgen digunakan. Tas lainnya gunakan untuk menyimpan barang-barang yang penting seperti uang, ATM, tiket pesawat jika menggunakan pesawat, handphone, dan charger.

Penggunaan dua tas akan memudahkan kamu dalam perjalanan karena kamu tidak perlu membongkar semua isi tas jika ingin mengambil uang ataupun ATM jika sewaktu-waktu dibutuhkan di jalan. Kamu juga tidak akan kelelahan karena harus menenteng tas yang cukup berat.

Pastikan Stamina Tubuh OK

Foto: pexels.com

Sebelum melakukan perjalanan jauh, menjaga kesehatan juga tidak kalah penting. Imbangi makanan kamu dengan asupan gizi yang cukup, istirahat yang cukup, dan jangan terlalu lelah menjelang keberangkatan. Stamina yang kurang fit akan membuat kamu tidak nyaman sepanjang perjalanan. Bahkan, seringkali memicu timbulnya mabuk perjalanan. Jika stamina kamu ok, perjalanan yang jauh pun akan terasa menyenangkan.

Berdoa

Foto: hot.liputan6.com

Berdoa selalu menjadi syarat utama sebelum melakukan hal apa pun. Kedahsyatan doa benar-benar sangat mujarab. Sebelum melakukan perjalanan juga sangat dianjurkan untuk berdoa. Sehati-hati apa pun dalam berkendaraan, tidaklah ada yang tahu takdir yang akan terjadi. Untuk itu mohonlah keselamatan dan kemudahan dari Tuhan agar selamat selama dalam perjalanan hingga sampai pada tempat tujuan dan kembali lagi dalam keadaan sehat walafiat.

Takaiters, bagaimana? Sudah berencana mau liburan di akhir tahun? Jangan lupa tips-tips di atas, ya? Jadikan liburan akhir tahunmu menyenangkan. Happy holiday, Takaiters.