Siapa di antara kamu yang tidak suka kue onde-onde? Saya yakin pasti semua suka. Teksturnya yang kenyal dan gurih di luar dengan isian kacang hijau membuat makanan ini selalu menjadi favorit pemburu jajanan khas seantero nusantara. Onde-onde sendiri asal mulanya dari negara Tiongkok pada zaman Dinasti Tang, kemudian menyebar hingga ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Tahukah kamu, onde-onde itu adalah jajanan khas dari Kota Mojokerto loh.

Kota Mojokerto sudah sejak lama dikenal sebagai Kota Onde-Onde. Sejak dari zaman kerajaan Majapahit onde-onde menjadi jajanan khas Kota Mojokerto. Onde-onde dibawa ke Majapahit oleh para tamu yang berasal dari negara Tiongkok. Hingga kemudian menjadi makanan yang wajib tersedia di kerajaan dan tetap menjadi jajanan khas terfavorit sampai sekarang.

Di Mojokerto, tersedia berbagai jenis dan rasa onde-onde dari yang melegenda hingga yang biasa saja. Bahkan sekarang semakin banyak variasi dari onde-onde ini, sesuai dengan kreatifitas penjualnya. Setidaknya ada tiga jenis onde-onde yang menjadi ciri khas jajajan Mojokerto dan sayang jika anda lewatkan ketika berkunjung ke sana. Yuk kita simak berikut ini :

Onde-Onde Legendaris

onde onde khas mojokerto
Foto : konfrontasi.com

Jika berkunjung ke Mojokerto, kurang afdol tanpa membeli oleh-oleh yang satu ini. Onde-Onde Bo Liem Jr. Onde-onde yang melegenda sejak tahun 1929 ini masih menjadi ikon jajanan khas terkenal di Mojokerto. Onde-onde Bo Liem Jr berbeda dengan onde-onde yang lain, meskipun penampakan fisiknya hampir sama dengan onde-onde pada umumnya.

Perbedaannya adalah lebih kenyal di luar dan isiannya lebih bervariasi. Uniknya, isian onde-onde tidak melulu diisi dengan kacang hijau saja, berbagai pilihan isian tersedia di sana. Ada yang rasa durian, stroberi, kacang tanah, keju, coklat, nangka dan lain-lain.

Pilihan Editor

Selain dari rasa dan isian yang berbeda, onde-onde Bo Liem Jr juga terasa sangat fresh di lidah dan didapatkan dalam keadaan masih panas. Ini salah satu kekhasannya lagi yaitu onde-onde langsung digoreng di depan pembeli. Jadi jika kamu mau pesan onde-onde, bahannya masih berbentuk adonan lalu di buatkan langsung oleh pegawai dari mulai dibulat-bulat, dikasih isian sesuai dengan pesanan kita. Onde-onde masih terasa enak meskipun dimakan esok harinya. Kemasannya yang eksklusif membuat onde-onde terlihat lebih berkelas.

Toko onde-onde Bo Liem Jr bisa kamu temukan di Jalan Empu Nala, Mojokerto. Buka dari jam 8 pagi hingga pukul 6 sore, namun sebelum pukul enam biasanya adonan sudah habis. Jadi jika tidak mau kehabisan bisa pesan sehari sebelumnya.

Onde-Onde Ketawa

onde onde khas mojokerto
Foto : 1.bp.blogspot.com

Onde-onde ini adalah salah satu varian onde-onde tempo dulu. Berbeda dengan onde-onde biasanya, yang ini tidak memiliki isian. Ciri khas nya adalah crunchy di luar dan empuk di dalam. Disebut onde-onde ketawa mungkin karena bentuk belahannya yang mekar mirip orang yang sedang tertawa.

Onde-Onde Berwarna

onde onde khas mojokerto
Foto : @ifa_husein

Kue onde-onde zaman sekarang tidak  melulu berwarna kuning kecoklatan. Berbagai onde-onde berwarna sudah dapat di temui di toko-toko penjual jajanan kue basah maupun di pasar tradisional. Setiap warna biasanya mewakili isian dari onde-onde tersebut. Onde-onde jenis ini biasa disebut sebagai onde-onde gandum. Hmmm, dari penampilannya sudah bikin ngiler, apalagi kalo mencicipinya?

Itulan beberapa jenis onde-onde yang menjadi jajanan khas kota Mojokerto. Jika kamu berkunjung ke Mojokerto, jajanan khas satu ini tidak boleh dilewatkan ya.