Hai, Takaiters!

Rafting atau arung jeram adalah olahraga ekstrim yang saat ini digandrungi banyak kalangan, mulai dari anak muda hingga orang tua. Namun, ternyata tidak semua orang punya cukup nyali untuk mengikutinya.

Rafting di Sungai Serayu Banjarnegara adalah salah satu olahraga wisata yang populer saat ini karena kondisi sungainya cukup menantang. Beberapa tahun terakhir rafting menjadi andalan Kabupaten Banjarnegara dalam mendatangkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Kegiatan rafting ini biasanya diikuti oleh sekelompok orang yang tergabung dalam berbagai komunitas dan organisasi. Kalau kamu tertarik untuk mencoba rafting di Sungai Serayu, kamu harus menyimak beberapa hal ini, Guys.

Berani dan Percaya Diri

Foto: pixabay.com

Melakukan olah raga ekstrim memerlukan banyak persiapan, tetapi yang terpenting adalah keberanian dan percaya diri. Jika kamu memang tidak punya cukup keberanian dan kepercayaan diri untuk mengikuti rafting, sebaiknya kamu tidak mengikutinya karena hanya akan merepotkan guide dan orang lain yang tergabung dalam tim.

Keberanian dan kepercayaan diri juga sangat penting pada saat terjadi kejadian luar biasa seperti  jika kamu terjatuh dari perahu atau perahu terbalik. Kejadian luar biasa ini akan menyebabkan kepanikan, trauma fisik, dan psikis serta kematian jika kamu tidak cukup punya nyali, Guys.

Kondisi Badan, Stamina, dan Kesehatan

foto: unsplash.com

Seperti halnya jenis olah raga lain, rafting memerlukan kondisi badan, stamina dan kesehatan yang prima. Jika kamu dalam kondisi tidak fit meski hanya sedang flu, sebaiknya membatalkan diri mengikuti rafting. Jika kamu memaksakan diri, rafting pasti tidak menyenangkan dan malah memperburuk kondisi kesehatanmu.

Kondisi badan yang fit juga akan memastikan kamu dapat melakukan semua instruksi guide sejak persiapan hingga akhir perjalanan. Meskipun bersifat rekreasi, rafting adalah olahraga ekstrim sehingga kamu harus melakukan pemanasan dan jangan sampai mengalami kram otot, Guys, karena akan sangat sulit mendayung dan mengendalikan perahu.

Selain itu, pastikan kamu sudah makan sebelum rafting karena kamu akan membutuhkan banyak energi untuk mengarungi sungai, bertahan dalam kondisi kedinginan, dan mempersiapkan diri menghadapi kondisi terburuk dalam bentuk apa pun.

Bisa Berenang

foto: unsplash.com

 Bagi sebagian orang kadang ada keinginan untuk mengikuti olah raga rafting tetapi takut karena tidak bisa berenang. Ternyata, olahraga rafting tidak mempersyaratkan harus bisa berenang, Guys, meski ada baiknya kamu lihai dalam hal ini. Dengan kemampuan berenang kamu akan lebih percaya diri mengikuti rafting karena olahraga ini dipastikan full impact dan berisiko tenggelam.

Rafting adalah olahraga tim, di mana setiap tim memiliki guide yang profesional di bidangnya. Sampaikan kemampuan self rescue yang kamu miliki kepada guide, misalnya sampaikan jika kamu tidak bisa berenang sehingga kamu akan menjadi pusat perhatian guide dan menjadi prioritas utama saat terjatuh dari perahu atau saat perahu terbalik. Penyelenggara rafting pasti akan menempatkan  guide terbaik bagi peserta rafting pemula yang lebih memerlukan perhatian.

Pakaian dan Alat Pelindung Diri

Foto: pexels.com

Sebagaimana olahraga lainnya, rafting memerlukan pakaian yang sesuai. Sebaiknya kamu memakai pakaian yang tidak menyerap air sehingga dalam keadaan basah air akan mengalir. Pakaian yang menyerap air seperti bahan katun akan membuat tubuh mengalami penurunan suhu dan ini berpengaruh pada stamina saat kamu mengikuti rafting. Gunakan sepatu yang tidak mudah lepas tetapi tidak menampung air, misalnya sandal gunung.

Selain pakaian yang sesuai, jangan lupa untuk memakai alat pelindung diri yang dipersyaratkan dan pastikan terikat dan terkunci  dengan aman. Pilih pelampung dan helm yang pas sehingga benar-benar berfungsi melindungimu. Jika tidak cukup percaya diri, tanyakan pada guide apakah alat pelindung diri sudah terpasang dengan sempurna.

Ikuti Aturan dan Prosedur

Foto: pixabay.com

Dalam setiap olahraga ekstrim selalu ada guide yang mendampingi. Meskipun kamu pernah mengikuti rafting sebelumnya, jangan sekali-kali sok tahu, ya. Ikuti saja semua instruksi yang diberikan oleh guide, anggap saja mereka penguasa sungainya karena mereka lebih tahu situasi dan kondisi sungai yang akan kamu lalui.

Kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai aba-aba maju, mundur, kanan maju, kanan mundur, stop, pindah kanan, pindah kiri, dan boom. Penyelamatan diri adalah hal yang sangat penting saat terjadi kecelakaan, sehingga selalu perhatikan do and don’t yang diinstruksikan, ya, Guys.  Instruksi penyelamatan diri saat terlempar dari perahu atau saat perahu terbalik akan sangat penting bagi kamu yang tidak bisa berenang dan tidak pernah menyelam, so don’t miss it.

Berdoa Sebelum Beraktivitas

Foto: krisannisa.wordpress.com

Apapun yang kamu lakukan harus didahului dengan berdoa Guys, begitu juga saat kamu mengikuti rafting. Guide dipastikan akan memulai kegiatan rafting dengan berdoa demi keselamatan seluruh timnya. Gunakan kesempatan ini untuk memohon kesehatan dan keselamatan sehingga  kesenanganlah yang benar-benar kamu dapatkan, bukan sebuah musibah.

Nah Takaiters, sudah siap ikut rafting? Jika kamu tertarik ikut rafting kamu bisa menghubungi penyelenggara yang sudah biasa mengorganisir aktivitas ini. Ajaklah komunitasmu untuk berolah raga dan bersenang-senang di sungai sekaligus menantang adrenalinmu..