Halo, Takaiters!

Lulusan SMA biasanya punya cita-cita untuk kuliah. Namun, bagaimana kalau belum bisa kuliah? Karena tidak semua orang cukup beruntung untuk bisa langsung kuliah seusai sekolah.

Tenang, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, Guys. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Kursus

Foto: pexels.com

Bagi sebagian orang, kursus bisa menjadi pilihan. Takaiters juga bisa mengikuti kursus untuk menambah keterampilan. Pastikan untuk mengambil kursus yang sesuai dengan kebutuhan atau hobi agar dalam menjalaninya terasa senang dan bersemangat.

Suatu hari nanti, keterampilan yang dipelajari di tempat kursus akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari bahkan beberapa keterampilan tertentu sangat dibutuhkan di dunia kerja.

2. Kerja

Foto: pexels.com

Mungkin ada yang berpikir, kerja apa yang cocok untuk lulusan SMA? Bukankah mereka tidak dibekali dengan keterampilan kerja saat sekolah?

Tenang, Guys. Ada pekerjaan yang tidak membutuhkan spesifikasi khusus, yang bisa dikerjakan oleh lulusan SMA. Misalnya, menjadi tenaga entry data statistik.

3. Berwirausaha

Foto: pexels.com

Bagi yang punya jiwa wirausaha, ini kesempatan bagus untuk memulai, Guys. Jangan terpaku dengan modal karena untuk memulai berwirausaha tidak selalu membutuhkan banyak modal.

Lakukan saja apa yang bisa dilakukan, dengan modal seadanya yang dimiliki saat ini. Jangan lupa, pedagang yang dianggap kecil dan sederhana justru banyak yang berpenghasilan tinggi.

4. Berjualan Online

Foto: pexels.com

Bagi yang lebih suka fleksibel dalam berwirausaha, bisa juga mencoba berjualan online. Tak perlu menyediakan barang dagangan di rumah, kalau tidak punya tempat atau dana. Sekarang ini banyak peluang menjadi dropshipper ditawarkan di internet. Tinggal pilih, mana yang sekiranya cocok untuk dijalankan.

5. Belajar

Foto: pixabay.com

Hal paling penting yang harus dilakukan bila ingin kuliah di tahun depan adalah tetap belajar. Bisa belajar mandiri di rumah, bisa juga mengundang guru privat atau mengikuti program bimbingan belajar yang banyak tersedia. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan.

Nah, Takaiters, itulah lima hal yang bisa dilakukan untuk menunggu masa pendaftaran kuliah lagi di tahun berikutnya bila sekarang belum bisa kuliah.

Bila dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya pun akan memuaskan. Jangan lupa, yang penting dalam berusaha adalah selalu mengiringinya dengan doa.

Semoga sukses.