Hai, Takaiters!

Merebaknya wabah corona di Indonesia membuat sebagian besar masyarakat takut keluar rumah untuk membeli sesuatu. Meskipun tak sedikit juga yang masih bepergian ke pasar atau pusat perbelanjaan untuk mencari barang kebutuhan dan keinginannya dengan tetap memperhatikan beberapa hal ketika di luar rumah, seperti memakai masker dan lain-lain.

Beberapa orang lebih memilih belanja online, walau tak menutup kemungkinan virus Corona bisa menyebar lewat paket yang diterima. Ada rasa was-was saat menerima paket dari kurir. Sebab, paket tersebut tentunya telah dipegang oleh banyak tangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar tetap aman dari corona saat menerima paket.

1. Minta Kurir Meletakkan Paket di Depan Rumah

Foto: pexels.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat kurir datang membawa paket adalah memintanya meletakkan paketmu di depan rumah. Hindari interaksi langsung dengan kurir.

Sebaiknya, pilih pengiriman bebas kontak atau pemesanan tanpa kontak. Hal ini dapat meminimalisir penularan virus antara kamu dengan kurir.

2. Jangan Langsung Pegang Paket

Jangan langsung memegang paket
Foto: Pixabay.com

Setelah kurir meletakkan paket di depan rumah, jangan langsung memegang atau memasukkan paket tersebut ke dalam rumah. Biarkan paket berada di depan rumah dan lakukan langkah selanjutnya.

3. Biarkan Paket di Bawah Matahari selama 30 Menit

Foto: patch.com

Jika dirasa aman, kamu bisa meninggalkan paket di depan rumah agar terpapar sinar matahari selama 30 menit. Namun, jika lingkungan rumahmu tidak memungkinkan untuk meninggalkan paket di luar, maka lakukan langkah selanjutnya.

4. Semprot Paket dengan Disinfektan

Semprot desinfektan
Foto: Pixabay.com

Sebelum memegang paket, semprotlah keseluruhan bungkus paket dengan disinfektan untuk membunuh virus dan bakteri yang menempel.

5. Buka Paket di Luar Rumah dan Buang Kardusnya

Foto: rcourier.com

Setelah kamu menyemprotkan disinfektan pada paket, jangan membawanya ke dalam rumah. Tetap biarkan paket berada di luar rumah dan buka di sana. Setelah itu, segera buang bungkus atau kardus paket di tempat sampah.

Sebelum membawa isi paket ke dalam rumah, semprotkan dahulu disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

6. Cuci Tangan dengan Sabun

Cuci tangan
Foto: Pixabay.com

Sebelum dan sesudah membuka paket, cucilah tangan Anda dengan sabun di bawah air mengalir selama 20 detik. Hal ini dapat membunuh virus dan bakteri yang menempel di tangan sehingga dapat mencegah penularan virus corona.

Takaiters, demikianlah cara aman yang dapat kamu lakukan saat menerima paket dari belanja online. Tetap waspada dan jaga kebersihan untuk menghindari diri dari virus corona. Semoga bermanfaat.