Halo, Takaiters!

Kemampuan diri berpikir positif bisa kita dapati asalkan mau berlatih dan mengasahnya sehingga energi negatif dalam diri tergantikan dengan sikap dan pikiran yang positif. Kekuatan berpikir positif dapat membantu diri sendiri untuk melihat sisi baik setiap kondisi. Dengan demikian, kita bisa meyakini bahwa semua keinginan baik bisa tercapai.

Yuk, mulai sekarang singkirkan pikiran negatif dan belajar memperkuat pikiran positif. Bagaimana caranya?

1. Lawan Sikap Pesimis

Foto: pexels.com

Melawan sikap pesimis dengan cara berkawan dan menjalin hubungan dengan orang-orang dan lingkungan yang positif. Bergaul dengan orang-orang berpikiran positif akan memberikan pengaruh baik pada pola berpikir kamu. Namun ingat, efeknya tidak bisa dirasakan secara instan. Sebelum emosi menguasai, kontrol pikiran dengan menyingkirkan pikiran negatif.

2. Wujudkan Tantangan Orang Lain

Foto: pexels.com

Jadikanlah perkataan orang lain sebagai sebuah tantangan. Misalnya, ada perkataan orang lain yang menyepelekan kamu dengan berkata bahwa apa yang kamu inginkan tidak bisa terwujud. Berpikirlah sebaliknya untuk segera mewujudkan keinginan tersebut. Gunakan ucapan orang lain sebagai motivasi. Ubah yang menurut orang lain tidak bisa menjadi bisa.

3. Selalu Tersenyum

pexels.com

Tersenyum dapat memberi energi positif bagi diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekitar. Dengan tersenyum kamu bisa mendapatkan pikiran positif dalam menghadapi berbagai macam risiko kehidupan. Selain itu, tersenyum membuat hidup bertambah bermakna untuk diri sendiri dan orang lain.

4. Jangan Melakukan Banyak Pekerjaan dalam Waktu yang Sama

Foto: pexels.com

Apabila kamu melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, pikiran negatif bisa muncul dan memainkan perannya. Lakukan dengan disiplin satu persatu pekerjaan dengan efektif maka energi positif akan lebih menguasai diri sendiri.

5. Yakin dengan Kemampuan Diri

Foto: pexels.com

Rasa percaya diri menjadi modal untuk memupuk kekuatan berpikir positif. Tanamkan kata “bisa”, kata bisa lebih memberi motivasi dibandingkan dengan kata “harus”. Namun, tidak boleh berlebihan dengan kata “bisa” karena akan malah membuat menjadi orang yang terlalu percaya diri atau bahkan sombong.

6. Perbanyak Membaca dan Mendengar Hal yang Positif

Foto: pexels.com

Luangkan waktu beberapa menit untuk membaca hal-hal positif, membaca tulisan yang positif bisa membantu meningkatkan berpikir positif. Mendengar berbagai hal yang baik juga bisa dijadikan referensi.

Bagaimana Takaiters, mau mulai melatihnya? Jangan menunda waktu, ya. Mulailah dari sekarang untuk berlatih berpikir positip. Melangkah untuk memulai sesuatu akan membuat lebih bahagia dan memotivasi kita untuk menghadapi berbagai risiko dalam mencapai tujuan.