Hi, Takaiters!

Bekerja atas rekomendasi teman bukan suatu hal yang buruk kok. Jika memang pekerjaan tersebut sesuai dengan minat dan keahlian kita, gak ada salahnya untuk dijalani.

Memang terkadang banyak pandangan negatif dari rekan kerja satu kantor, akan tetapi sebaiknya bisa kita jadikan motivasi dan semangat kita untuk bisa lebih baik lagi.

Ada beberapa etika yang sebaiknya kita lakukan jika memang kita diterima kerja atas rekomendasi teman. Hal ini dilakukan supaya kita bisa jadi seseorang yang tahu akan arti balas budi dan bisa menjaga kepercayaan darinya.

Adapun 6 etika bekerja atas rekomendasi teman tersebut diantaranya. Yuk, disimak!

1. Berterima kasih dan tidak melupakan jasa-jasanya 

Etika bekerja atas rekomendasi teman
Foto: glints.com

Bukan suatu kebetulan jika kita bisa diterima kerja atas rekomendasi teman, hal ini lantaran ada peran teman kita walaupun kecil sekalipun. Sebaiknya berterima kasih pada teman yang merekomendasikan kita dan selalu bisa mengingat akan jasa-jasanya.

Hal ini semata-mata sebagai bentuk penghargaan kepada teman kita tersebut. Walau terkadang ia tidak meminta imbalan, ucapan terimakasih dari kita pasti akan membuatnya merasa senang dan dihargai.

2. Selalu memberikan kemampuan terbaik kita dalam bekerja 

Alasan bekerja atas rekomendasi teman
Foto: rimma.co

Ketika teman kita sudah mau merekomendasikan kita untuk bekerja di tempat kerjanya, berarti ia sudah memberikan kepercayaan lebih untuk kita. Hal ini sebaiknya kita apresiasi dan jaga amanah darinya dengan baik. Salah satu yang bisa kita kakukan adalah dengan selalu bisa memberikan kemampuan terbaik kita dalam bekerja.

Selain bisa membuat teman kita bangga,  juga demi menjaga mana baik teman yang sudah mau merekomendasikan kita. Bayangkan jika kita tidak menjaga sikap dengan baik, bisa saja membuat banyak orang menyalahkan teman kita karena merekomendasikan kita yang tidak kompeten.

3. Sopan demi menjaga kepercayaan darinya

Rekomendasi teman dalam bekerja
Foto: Pexels.com

Kita juga sebaiknya bisa bersikap sopan dan selalu menjaga kepercayaan yang diberikan teman yang sudah mau merekomendasikan kita ke tempat kerjanya tersebut. Contohnya dari hal kecil misalnya, kita sebaiknya harus punya sopan santun ketika berbicara dengan rekan kerja yang lebih senior dan juga lebih tua dari kita.

Tidak hanya itu, dalam bekerja juga sebisa mungkin kita harus profesional dengan bisa memisahkan antara kepentingan pribadi maupun kepentingan pekerjaan. Akrab dengan teman kita tersebut boleh, akan tetapi jangan mengurangi profesionalitas kita dalam bekerja lho.

4. Harus bisa mandiri dan jangan bergantung pada teman kita tersebut 

Bekerja rekomendasi teman
Foto: Pexels.com

Etika yang baik ketika diterima kerja atas rekomendasi dari teman adalah dengan cara bisa mandiri dan jangan bergantung pada teman kita tersebut. Hal ini dikarenakan, teman bisa saja terganggu akan sikap kita yang terlalu bergantung padanya.

Pada dasarnya, teman kita juga punya pekerjaan yang harus ia selesaikan dengan baik. Dengan bersikap mandiri, kita akan bisa menunjukan kemampuan kita dalam bekerja. Tidak hanya itu, orang lain juga tidak akan memandang rendah diri kita.

5. Buat teman merasa bangga dengan segala bentuk prestasi kerja yang kita capai 

Foto: Pexels.com

Tidak hanya berterimakasih kepada teman yang merekomendasikan kita, kita juga sebaiknya bisa berprestasi di perusahaan tersebut supaya teman kita bangga. Kita bisa memulai dengan konsisten serta punya komitmen tinggi untuk selalu bekerja dengan baik dan hasil yang maksimal.

Dari awal yang baik, akan bisa berlanjut ke hal-hal positif lainnya yang bisa saja membawa keuntungan bagi perusahaan sehingga akan mudah diapresiasi dalam bentuk perhargaan prestasi kerja. Hal tersebut juga akan membawa dampak positif untuk karir kita ke depannya.

6. Tetap rendah hati dan jaga perasaan teman jika kita mampu sukses melebihi dirinya 

Foto: glints.com

Ketika pada kenyataannya kita mampu sukses dalam pekerjaan melebihi teman kita yang merekomendasikan kita, sebaiknya kita tetap bisa bersikap rendah hati dan bisa menjaga perasaan teman kita tersebut.

Jangan sombong, walau bagaimana pun dibalik kesuksesan kita ada andil besar teman di awal perjalanan karir kita. Sikap sombong justru akan membuat kita terlihat buruk di hadapan semua orang termasuk teman kita sendiri.

Walau dapat rekomendasi dari teman dalam mendapatkan pekerjaan, kita sebaiknya juga punya etika yang baik. Jangan semena-mena, sebaiknya kita jaga kepercayaan dari teman kita tersebut ya, Takaiters!.