Hai, Takaiters!

SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini menggunakan nilai rapor SMA/MA mulai dari semester 1 sampai 5. Biasanya, istilah SNMPTN lebih familiar disebut dengan ‘jalur undangan’.

Seringkali kelolosan jalur ini dianggap karena faktor keberuntungan. Padahal, kamu bisa mematahkan pernyataan tersebut. Adapun peluang keberuntungan hanya beberapa persen. Sementara, sisanya adalah strategi yang digunakan sangat menentukan faktor kelolosan.

Pernahkah kamu bertanya bagaimana tips untuk lolos seleksi ini? Dan strategi lolos SNMPTN apa saja yang bisa kamu rencanakan? Nah, begini cara mudah lolos SNMPTN yang bisa kamu praktikan!

cara mudah lolos SNMPTN
Foto: Pexels.com

1. Banyak Berdoa

Memang tak bisa kita pungkiri bahwa doa adalah senjata paling utama. Tanpa doa usaha yang kamu lakukan ibarat daun kering yang beterbangan. Sehingga, kamu harus banyak berdoa untuk diberikan kemudahan.

Jika kamu muslim, kamu bisa melakukan solat tahajud pada malam hari. Atau ibadah sunnah lainnya. Memohonlah agar diberikan hasil yang terbaik.

2. Restu Orang Tua

Restu dari orang tua adalah faktor yang menentukan keberhasilan seorang anak. Doa orang tua yang tulus akan diijabah oleh Tuhan. Orang tua juga yang mampu menuntun kamu dalam menentukan pilihan. Tentu ini sangat berpengaruh agar kamu lolos snmptn, kan?

3. Ketahui Daya Tampung

Jika kamu sudah memantapkan pilihan, kamu bisa mengetahui daya tampung yang disediakan oleh program studi tersebut. Daya tampung dapat diakses di akun LTMPT kamu saat pendaftaran. Semakin banyak daya tampung, kamu bisa berpeluang lolos lebih besar.

3. Ketahui Jumlah Peminat

Selain tahu daya tampung, kamu juga harus tahu jumlah peminat. Ini mempengaruhi daya saing dan prosentase kelolosan SNMPTN.

Bisa jadi, prodi yang sedikit daya tampung dengan sedikit peminat lebih memiliki peluang lolos yang besar. Hal ini jika dibandingkan dengan prodi yang berdaya tampung banyak dan memiliki peminat yang banyak. Jadi, kamu harus cermat dalam memilih.

4. Lihat Persebaran Siswa yang Diterima

Kamu harus tahu grafik siswa yang diterima. Grafik persebaran ini biasanya ada di akun LTMPT saat pendaftaran SNMPTN sudah dibuka. Tujuan mengetahui ini adalah agar kamu bisa memantapkan pilihan dan tahu peluangmu diterima pada jurusan tersebut.

5. Sertakan Sertifikat

Yang kelima ini sebenarnya tidak wajib. Hanya saja, lebih dianjurkan saat kamu memang memiliki sertifikat lomba. Biasanya ada ketentuan untuk sertifikat yang bisa kamu sertakan. Misalnya saja sertifikat yang di dapat dari lomba tingkat kabupaten.

6. Faktor Alumni

Ketahuilah alumni sekolahmu yang diterima di kampus tersebut. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan banyak mencari informasi. Adapun pentingnya tahu faktor alumni ini adalah kamu bisa tahu apakah siswa sekolahmu memiliki peluang banyak diterima di kampus tersebut atau tidak. Selain itu, peluang bisa diketahui juga dari indeks prestasi.

7. Nilai Rapor

Pertimbangkan lagi antara besar kecilnya nilai rapor dengan prodi yang kamu pilih. Agar kamu berpeluang lolos, kamu harus pandai mengatur strategi ini. Pilihlah sesuai nuranimu agar siap atas segala konsekuensi di kemudian hari.

Itulah tujuh strategi lolos SNMPTN yang bisa kamu lakukan untuk lolos SNMPTN 2021. Selain itu, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi. Banyaklah berdoa untuk diberikan hasil yang terbaik.

Jangan lupa untuk selalu meminta pendapat orang tua. Jangan mengambil keputusan secara sepihak. Tapi pertimbangkan secara matang untuk hasil yang optimal dan baik.