Halo, Takaiters!

Meskipun dalam masa-masa karantina wabah COVID-19, tetapi tetap saja kita harus melakukan kegiatan yang mengharuskan kita keluar rumah, bukan? Contohnya kegiatan berbelanja kebutuhan harian buat keluarga.

Memang, sih, risiko tertular virus tersebut meningkat jika kita keluar rumah dan berinterkasi dengan orang lain. Namun ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisasi kontak dan tertular virus COVID-19. Khususnya ibu-ibu, perlu diperhatikan, nih.

Minimalisasi Jumlah Kunjungan ke Supermarket atau Pasar

Foto: dw.com

Kalau biasanya Takaiters berbelanja tiga kali dalam seminggu, usahakan selama wabah ini mengurangi jumlah kunjungan ke supermarket atau pasar, ya. Belilah bahan makanan yang cukup buat keluarga untuk satu minggu. Membuat daftar belanjaan sebelum berangkat ke supermarket atau pasar sangat membantu, lo, Takaiters, karena selain bisa menghemat waktu belanja, juga dapat menghindari membeli barang-barang yang tidak perlu.

Berbelanja Sendiri

Foto: pexels.com

Di Jerman diberlakukan pembatasan publik yang ketat, termasuk dalam hal berbelanja. Masyarakat di sini diminta untuk tidak membawa serta keluarga ataupun anak ke supermarket. Namun, ada kelonggaran buat kelompok masyarakat seperti orang tua tunggal, orang cacat, dan manula.

Menjaga Jarak Aman

Foto: wirralglobe.co.uk

Beberapa supermarket di sini memberlakukan sistim ‘one out-one in’. Artinya, sebelum masuk ke Supermarket kamu harus mengantri dulu. Kamu boleh masuk kalau ada pengunjung yang sudah selesai berbelanja. Jadi kamu tidak berdesak-desakan dan tetap mampu menjaga jarak aman.

Jarak aman antara satu individu dengan individu lain yang disarankan adalah 1,5—2 meter. Usahakan untuk menghormati jarak aman tersebut selama berada di Supermarket, ya, Takaiters.

Ketika melakukan pembayaran, usahan selalu beriri di garis pembatas antara pembeli yang satu dengan yang lain. Jadi selama mengantri membayar belanjaan, Takaiters berada pada batas jarak aman.

Membayar dengan Kartu

Foto: cnbc.com

Di Supermarket sebisa mungkin semua transaksi dilakukan dengan kartu. Kamu tidak maukan menyentuh uang kembalian yang kamu tidak tahu siapa saja yang sudah menyentuhnya, bukan? Kalau berbelanja di pasar, usahakan memberi uang pas, kalau pun ada uang kembalian, usahakan langsung segera dibelanjakan atau diikhlaskan buat si penjual, ya, Takaiters.

Ikuti Protokol Kebersihan Diri

Foto: vitalrecord.tamhsc.edu

Lindungi selalu diri kamu dengan masker, ya, Takaiters. Dan segera bersihkan tangan dengan cairan desinfektan ketika masih berada di luar rumah. Ketika sampai di rumah, usahakan tidak menyentuh apa-apa dulu di dalam rumah dan tidak menyapa anggota keluarga lain sebelum kamu mandi.

Sehat-sehat selalu, ya, Takaiters.