Selasa, 31 Januari 2017 ribuan pemburu beasiswa dari berbagai daerah di Indonesia memenuhi Auditorium Dharnapala Kementrian Keuangan Jakarta Pusat untuk menghadiri Edu Fair yang digelar oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

LPDP merupakan salah satu lembaga beasiswa di tanah air yang telah mengirimkan ribuan mahasiswa Indonesia ke sejumlah universitas diluar negeri untuk melanjutkan pendidikan master maupun S3.

Sejumlah foundation pemberi beasiswa ke berbagai Negara yang ikut ambil bagian dalam Edu Fair LPDP memberikan berbagai informasi penting kepada pengunjung terkait bagaimana mendapatkan beasiswa. Diantara Negara yang ambil bagian adalah Prancis, Belanda, Swedia, German dan masih banyak Negara lainnya yang telah menjadi mitra LPDP selama beberapa  tahun terakhir.

“ Tujuan kami ikut dalam kegiatan Edu Fair LPDP kali ini adalah untuk memperkenalkan kepada pemburu beasiswa di Indonesia, bagaimana melanjutkan studi di Prancis,” jelas Indah salah satu perwakilan dari Kedutaan Prancis di Jakarta yang ikut ambil bagian dalam Edu Fair tersebut.

Dalam kegiatan Edu Fair ini, ribuan pemburu beasiswa mendapat banyak kesempatan untuk mengenal lebih jauh Negara-negara tujuan beasiswa dengan berbagai jurusan favorit yang ikut serta dalam Edu fair tersebut.

Penyelenggara Edu Fair juga mengadakan talks show inspiratif dengan sejumlah narasumber penerima beasiswa, penulis buku “ Dari Kami Untuk Negeri dan PPI Dunia sebagai salah satu organisasi mahasiswa Indonesia di luar negara.

“ Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik kedepannya, untuk itu pastikan agar kampus pilihan beasiswa yang akan dipilih merupakan bidang ilmu yang diminati,” jelas Intan Irani Koordinator PPI Dunia yang menjadi narasumber dalam talk show tersebut.

Peserta yang ikut dalam talk show tersebut juga sangat antusias menanyakan berbagai hal terkait persiapan mendapatkan beasiswa maupun bagaimana menjalankan studi di luar negeri. Seperti yang ditanyakan salah seorang peserta asal Kalimatan yang sedang berburu beasiswa medical di luar negeri.

“ Kedatangan saya ke Jakarta tentunya sangat ingin mendapatkan informasi beasiswa ini dengan sejelas-jelasnya. Edu fair ini memang sangat membantu saya dalam mendapatkan informasi beasiswa,” ujar Hadi salah seorang sarjana kedokteran asal Kalimantan yang hadir dalam acara tersebut.

Seterusnya bagi para pemburu beasiswa LPDP yang ada di Surabaya dan Jogja, kami akan mengadakan acara serupa di kota Anda. Untuk Surabaya diadakan pada tanggal 2 Februari dan Jogja pada tanggal 4 Februari.