Hai, Takaiters!

Awal tahun 2021 ini Batik Challenge belakangan viral karena aksi salah satu Aktris sekaligus model yang memopulerkan trend ini melalui tiktok.

Trend ini berhasil menarik anak muda untuk kembali mengenakan batik. Memadu padankan fashion kekinian dengan berbagai macam style menggunakan jarit.

Trend ini sukses menarik minat anak muda terutama kaum hawa untuk kembali mengenakan batik dan jarit. Batik yang beberapa tahun kebelakang menjadi fashion yang seakan ditinggalkan, sukses kembali menjadi primadona di kalangan anak muda.

Kini mulai kembali lestari di mata Nusantara. Ingin ikutan trend ini? Berikut tips berkain dengan santun namun tetap modis untuk perempuan, Takaiters!

1.  Padu Padankan dengan Kemeja

batik challenge tiktok
Foto: olympics30.com

Pakaian pertama yang bisa dijadikan pilihan untuk dipadukan dengan jarit adalah kemeja. Menggunakan kemeja sebagai atasan dan jarit sebagai bawahan bisa digunakan untuk acara formal seperti ke kantor maupun non formal saat jalan-jalan.

Jarit bisa dililitkan seperti sarung atau bahkan bisa juga dijadikan terusan seperti kemben. Dalam pemakaian jarit pun ada aturan yang harus diketaui, seperti melilitkan kain dari kiri ke kanan untuk perempuan dan sebaliknya untuk laki-laki. Namun aturan ini bisa saja berbeda setiap jenis batiknya.

2.  Padu Padankan dengan Blazer

sew batik challenge
Foto: hipwee.com

Selain kemeja, blazer juga bisa menjadi pilihan sebagai kombinasi dengan jarit. Hampir sama dengan cara padu padan dengan kemeja, jarit hanya perlu  dililitkan di pinggang ataupun dijadikan seperti kemben. Kemudian blazer bisa digunakan sebagai pelengkap.

3.  Bentuk menjadi Skirt dengan Ring

Foto: bp-guide.id

Selain sebagai bawahan, kain batik juga bisa digunakan sebagai atasan seperti outer, blazer maupun syal. Pemilihan warna dan motif yang keren akan menambah kesan cantik dan elegan untuk kamu. Bila digunakan sebagai syal maka cukup sampirkan kain disekitaran leher.

Sedangkan untuk outer cukup ambil satu sisi lalu ikankan kedua ujung kain dari atas ke bwah, lakukan untuk sisi lainnya. Setelah masukkan lengan ke masing-masing sisi yang telah membentuk lubang.

4. Tampil Preppy dengan Tumpak Lurik

challenges for batik
Foto: mudzakir.com

Rekomendasi selanjutnya adalah memadukan batik lurik dengan kemja putih polos sebagai atasan. Sedangkan untuk bawahan bisa menggunakan celana pipa. Atau bahkan bila ingin menambah kesan yang lebih menonjolkan batik, maka bisa menggunakan jarit sebagai bawahan. Style satu ini akan sangat cocok digunakan di acara formal.

5. Jadikan Mini Skirt

Foto: tokopedia.com

Ternyata Kain batik juga bisa dijadikan mini skirt yang elegan dan modis. Tarik ujung-ujung jarit ke tengah setelah sebelumnya melilitkan jarit pada pinggang kemudian ikut ujung jarit dengan rapi atau bisa juga menggunakan ring sebagai hiasan.

Tampilan mini skirt ini akan cocok bila dipadu padankan dengan kaos polos atau mungkin ditambahkan kain batik sebagai blazer atau cardigan. Celana kain warna hitam juga bisa digunakan sebagai dasar awal sebelum melilitkan jarit ke pinggang.

Itulah tadi lima padu padan berkain dengan modis dan tetap sopan. Batik challenge memang sedang menjadi trend anak muda yang digandrungi. Namun di balik itu sebenarnya dalam berkain, tata krama dan kesopanan tetap harus dikedepankan. Supaya tidak hanya budaya yang terus lestari namun kesopanan juga mengikuti.