Hai, Takaiters!

Saat ini, barang elektronik tak lagi menjadi sebuah benda yang dianggap mewah. Nyaris di setiap rumah dapat kita lihat barang-barang elektronik di dalamnya, bahkan kini barang-barang elektronik tersebut juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan. Meskipun di daerah pedalaman masih ada rumah-rumah yang tak memiliki barang elektronik sama sekali.

Fenomena ini menjadi peluang besar bagi para produsen untuk terus menciptakan produk-produk terbaru dan up to date. Mereka menciptakan produk yang dapat memudahkan segala aktivitas manusia, baik rumah tangga, sekolah, usaha, dan lainnya. Dengan begitu, pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Namun, produk-produk elektronik tentunya memiliki kelemahan, di antaranya adalah masa pakai dari produk elektronik tersebut. Walaupun kualitas produk mempengaruhi keawetannya, tetapi cara pemakaian yang salah akan membuat barang elektronikmu menjadi cepat rusak, Guys.

Nah, agar alat elektronikmu lebih awet dan tahan lama, ada 5 hal yang perlu kamu lakukan.

1. Perhatikan Penempatan yang Benar

Barang elektronik
Foto: Pexels.com

Pada dasarnya, produk elektronik akan mengeluarkan panas selama digunakan. Oleh karena itu, kamu perlu menempatkan alat elektronikmu di tempat yang tepat agar panas yang dihasilkan dari alat elektronik tersebut tidak mempengaruhi udara di sekitarnya dan berkumpul di sekitarnya. Tempatkanlah barang elektronikmu di tempat yang terdapat sirkulasi udara yang baik.

Barang elektronik yang terus menerus terkena panas akan menyebabkan kerusakan. Maka, perhatikan juga paparan sinar matahari yang langsung jatuh ke produk elektronik. Sebab, jika terpapar sinar matahari secara langsung akan ada beberapa komponen yang mudah usang dan akhirnya barang elektronikmu tidak dapat bertahan lama.

2. Beri Waktu Istirahat

Alat Elektronik dimatikan
Foto: Pexels.com

Ternyata barang-barang elektronik juga butuh istirahat seperti halnya manusia, lo, Guys. Bila elektronik terus dinyalakan tanpa jeda, maka produk tersebut akan semakin panas dan bisa mengakibatkan kebakaran. Oleh sebab itu, matikan perangkat ketika kamu tidak menggunakannya agar barang elektronikmu awet.

3. Lakukan Servis di Tempat yang Benar

Foto: Pexels.com

Semua produk elektronik pasti mempunyai potensi kerusakan pada bagian komponen tertentu, baik itu akibat batas pemakaian tertentu, maupun akibat kesalahan pemakaian. Jika barang elektronikmu rusak atau ada suatu kendala dan kamu tidak memiliki kemampuan untuk memperbaikinya sendiri, maka serahkan saja perbaikannya kepada ahlinya untum menghindari kerusakan yang lebih parah.

4. Jangan Sering Memindahkan Barang Elektronik

Memindahkan barang elektronik
Foto: Pexels.com

Biasanya, produk-produk elektronik dibuat untuk pemakaian jangka panjang. Maka, penting kamu untuk memikirkan di mana tempat yang tepat untuk meletakkan barang elektronik kamu. Jika tidak, kemungkinan kamu akan memindahkannya ke tempat lain.

Kalau kamu sering memindahkan barang elektronik, hal itu bisa berpotensi menggeser atau bahkan merusak komponen tertentu di dalamnya. Andaikan memang harus memindahkannya, alangkah baiknya kamu matikan alat elektronik beberapa jam sebelum dipindahkan. Sebab, terdapat beberapa komponen yang masih menyimpan arus listrik dalam beberapa jam.

5. Pastikan Arus Listrik Stabil

Foto: Pexels.com

Sebelum menyalakan alat elektronik, pastikan kondisi listrik di rumahmu stabil, ya, Guys! Kondisi arus listrik sangat berpengaruh terhadap produk elektronik yang ada. Jika arus listrik tidak stabil, maka semahal dan sebagus apa pun alat elektronik yang kamu miliki, tidak akan bertahan lama akibat komponen yang rusak oleh arus listrik tersebut.

Nah, Takaiters! Itulah 5 hal yang harus kamu lakukan agar barang elektronik awet. Walaupun, tak dapat dipungkiri bahwa kualitas produk itu sendiri juga memengaruhi daya tahan pemakaiannya. Akan tetapi, hal di atas juga sangat penting, tak peduli semahal dan sebagus apa barang elektronik yang kamu punya, ya, Guys.