Hai, Takaiters!

Sebagian besar dari kita mungkin nggak asing sama laman Indoxxi. Kalau kita pernah berada dalam posisi yang ngebet banget pingin nikah nonton film gaya streaming, minimal pasti pernah mengaksesnya.

Pasalnya, situs tersebut memang dikenal menyajikan banyak banget film, baik karya dalam negeri maupun mancanegara. Koleksi film yang bejibun di situs itu pun bukan main.

Namun, ada kabar yang mungkin menimbulkan dualisme reaksi: antara mendukung dan tidak. Situs tersebut rencananya akan berhenti beroperasi per tahun 2020 mendatang. Ya, sebentar lagi Indoxxi bakal berhenti eksis. Kira-kira kenapa, ya?

Bakal Diblokir Pemerintah

Situs Streaming Film Bajakan Diblokir
Foto: pexels.com

Tahun depan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memang berencana buat memblokir situs yang dinilai melanggar aturan. Well, Indoxxi pun langsung menjadi sasarannya.

Laman tersebut memang sudah lama menyalahi Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) di ranah film atau sinema. Dan, per 1 Januari tahun depan, situs film streaming tersebut dijadwalkan hilang sudah.

Jika sebelumnya Kemenkominfo disibukkan—dan masih sampai sekarang—menyaring konten pornografi, mereka kini memasang agenda untuk memburu situs-situs sejenis Indoxxi demi menegakkan HAKI dan memajukan industri kreatif tanah air.

Bekerja Sama dengan Lembaga Lain

Situs Film Streaming Bajakan, Indoxxi langgar legalitas
Langgar Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Foto: pixabay.com

FYI nih, langkah pemberantasan besutan pemerintah lewat Kemenkominfo ini akan bekerja sama dengan Ditjen HAKI Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dan Coalition Againts Piracy (CAP).

Kabar rencana pemblokiran ini pun langsung menuai banyak tanggapan dari berbagai kalangan masyarakat. Ada yang getol mendukung, tetapi ada juga yang menyayangkannya. Di Twitter, tagar #indoxxi bahkan sempat jadi trending topic teratas, lo!

Lantas, apa saja yang membuat laman Indoxxi bisa sebegitunya menarik perhatian? Di balik rencana ini menguap, setidaknya ada sejumlah fakta yang sudah membayanginya sedari dulu.

1. Misteri Kemunculan Perdananya?

Situs film streaming bajakan selain Indoxxi
Misteri Di Balik Indoxxi. Foto: pixabay.com

Di tengah arus deras perbincangannya soal tanggal ‘wafat’-nya situs Indoxxi baru-baru ini, mungkin belum banyak yang mempertanyakan: kapan sebenarnya laman indoxxi itu muncul untuk kali pertamanya?

Nah, kalau di antara Takaiters ada tahu kapan persisnya, jangan sungkan buat jawab di kolom komentar, ya! Atau supaya lebih mudah, bisa ceritakan nih, sejak kapan Takaiters mulai tahu atau akrab sama situs tersebut. Hehehe…

Kira-kira, ada yang tahu juga enggak nih, siapa admin di balik website ‘sakti’ itu?

2. Situs Film Streaming Bajakan dengan Koleksi Melimpah

nonton film streaming
Jumlah Koleksi. Foto: pixabay.com

Sejak kemunculannya, situs Indoxxi sepertinya memang langsung mem-branding dirinya sebagai salah satu situs streaming film paling yahud. Mengambil tempat duduk di antara banyaknya situs di belahan dunia maya, membuatnya mudah diakses banyak orang.

Namun, di balik kehebatannya mengoleksi banyak film itu, Indoxxi memang secara nyata melanggar aturan HAKI. Menurut hukum, koleksi film yang mereka miliki itu sejatinya merupakan hasil dari pembajakan.

3. Punya Banyak Kawan Satu Geng

Satu geng situs streaming film bajakan
Satu geng. Foto: pixabay.com

Kendati eksitensinya termasuk sebagai situs illegal, Indoxxi sendiri punya banyak teman. Tidak dimungkiri, situs sejenis tidak sedikit. Dengan gaya dan suguhan yang mirip, membuat Indoxxi dan situs-situs sejenisnya seakan membentuk kawanan satu geng.

Selain Indoxxi sendiri yang boleh dianggap sebagai pionir atau sepuh, kita bisa menyebutkan nama-nama seperti LK21, Dramaqu, sampai Duniafilm21. Bahkan, ada sejumlah pihak yang menklaim bahwa ‘kawan satu geng’ itu adalah keluarga.

4. Menjadi Tikus yang Susah Diburu

Situs streaming film, Indoxxi bakal diblokir pemerintah
Tom & Jerry. Foto: Momokacma from Flickr

Ibaratnya film Tom & Jerrry yang tersohor itu, Indoxxi boleh dibilang mirip Jerry si Tikus. Sementara pemerintah lebih seperti Tom yang seringkali susah payah memburu Jerry karena lincah dan banyak akal untuk menghindar dari kejaran.

Perlu diketahui, upaya Tom untuk memburu Jerry sebenarnya sudah berlangsung lama. Pasalnya nih, setiap kali berhasil diblokir, si Jerry bakal muncul lagi dengan nama dan domain yang lain.

5. “IDTube.me” Jadi Identitas Terakhir

Kemana Indoxxi selanjutnya?
Foto: pexels.com

Menurut pantauan terakhir, kita masih bisa mengakses Indoxxi melalui IDTube.me. Nantinya, kalau kita sudah mengaksesnya, jangan kaget pas ngelihat kolom alamat situsnya yang berisi IP addres berupa bubuhan angka yang tidak biasa.

Identitas terkininya ini mungkin bisa jadi yang terakhir sebelum resmi ditutup permanen tahun depan. Namun, si Tom mungkin perlu bekerja lebih ekstra lagi jika memang benar-benar serius, terlebih jikalau kita menyeret anggota geng si Jerry yang lainnya.

6. Jumlah Kunjungan yang Enggak Main-Main

Berapa jumlah kunjungan situs Indoxxi
Jumlah Kunjungan? Hmmm … Foto: pexels.com

Menurut data yang dihimpun dari sejumlah situs penghitung kinerja website, ‘sang sepuh’ situs streaming film ini bisa mengantongi jumlah kunjungan sekitar 10 ribu dalam seharinya. Angka tersebut bisa lebih tinggi jika kita menghitung daily pageviews-nya yang mencapai 40 ribu kali.

Salah satu survei menyebutkan: 63 persen pengguna internet Indonesia menonton film dengan cara streaming. Maka, jangan heran juga nih, kalau banyak dari kita bahkan ‘berlangganan’ untuk menikmati setiap suguhan yang ada di laman tersebut.

7. Jangan Salah Sama Asumsi Pendapatannya

Pendapatan situs Indoxxi
Pendapatan dari iklan. Foto: pixabay.com

Kendati layanan yang diberikan sepenuhnya gratis, Indoxxi sendiri sebenarnya memperoleh pendapatan dari iklan. Kita sebagai pengakses sejatinya membayar dari iklan yang kita lihat itu.

Menurut situs Check Website Price estimasi pendapatannya dalam sehari bisa mencapai 107 euro (sekitar Rp 1,5 juta). Ya, cuma dari iklan (daily ads revenue) saja. Bagaimana kalau per bulan dan hitung-hitungan pendapatan dari sumber lainnya? Hmm ….

Para Penggemar, Mau Tidak Mau Kita Semua Mesti Menerima

situs film streamin, Indoxxi
Situs film streaming Indoxxi. Foto: Laman situs Indoxxi

Di dalam sepak terjangnya, Indoxxi bisa saja dikategorikan sebagai salah satu situs terpopuler di Indonesia, ya. Itu semua berkat layanan situsnya yang memang selalu menjadi alternatif paling sempurna dari bioskop atau situs film streaming yang tidak gratis macam Netflix atau Iflix.

Kendati punya banyak sekali penggemar, penyedia situs dan pengunjung setianya mau tidak mau tampaknya memang harus legowo dan memahami kalau ‘jalan’ yang ditempuh sudah dinilai illegal sejak lama, bukan?

Ya, meskipun berat dan masih banyak misteri di balik eksistensinya, cinta itu memang terkadang tidak boleh memiliki. Eh, tapi nih, kan masih ada sosok-sosok Jerry yang lain? Upss!