Halo, Takaiters!

Pandemi COVID-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga pada kesehatan keuangan. Hampir seluruh masyarakat merasakan dampak dari pandemi ini terutama berkaitan dengan masalah keuangan. Anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah mau tidak mau membuat sebagian orang kehilangan  penghasilan, terutama mereka yang mengandalkan penghasilan harian untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Oleh karena itu, kamu harus cerdas dalam mengelola kesehatan keuangan kamu agar bisa tetap bertahan di tengah situasi sulit seperti sekarang ini. Dilansir dari bibit.id, kamu bisa ikuti hal-hal berikut yang bisa menjaga kesehatan keuangan kamu dengan pengelolaan yang baik. Simak, yuk!

Evaluasi Prioritas Pengeluaran

Foto: pexels.com

Di tengah pandemi covid-19 saat ini, sangat penting untuk melakukan prioritas terhadap keuangan berkaitan dengan kebutuhan kamu. Kamu harus mulai memilah pengeluaran mana yang tidak terlalu penting mengingat kesulitan yang tengah terjadi, setidaknya sampai situasi kembali berjalan normal. Penghasilan yang berhasil kamu sisihkan bisa kamu simpan menjadi dana darurat agar kamu tetap bisa memiliki uang untuk kepentingan yang bersifat mendesak.

Belajar Skill Baru

Foto: pexels.com

Manfaatkan waktu selama di rumah saja untuk belajar banyak hal baru. Selain bisa menambah ilmu, kamu juga bisa mulai memulai hobi baru yang tentunya berguna untuk kehidupan kamu kedepannya. Kamu bisa mencari pelatihan online agar lebih mudah. Kegiatan ini buat waktumu lebih bermanfaat dan menambah value diri kamu di masa depan.

Frugal Living

Foto: pexels.com

Frugal living berarti cara hidup hemat. Ini tentang membuat pilihan untuk mengurangi pengeluaran dengan dampak minimal pada gaya hidup kamu. Hal ini bukan berarti menjepit uang dan merampas hal-hal yang buat kamu bahagia.

Tetap Konsisten Berinvestasi

Foto: pexels.com

Jangan jadikan situasi seperti sekarang ini sebagai alasan kamu berhenti untuk berinvestasi. Dollar Cost Averaging adalah metode investasi yang disarankan. Metode ini merupakan investasi yang dilakukan secara konsisten, baik ketika pasar sedang naik atau turun. Usahakan untuk tetap dapat berinvestasi agar kesehatan keuanganmu tetap stabil.

Nah, Guys, itu dia langkah yang bisa kamu ambil dalam mengelola kesehatan keuangan di tengah pandemi COVID-19 ini. Langkah ini disarankan untuk kamu ambil mengingat kita tak akan pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Untuk tetap menjaga kesehatan keuangan kamu, tentu kamu harus mengambil langkah cerdas agar keuangan tetap sehat. Selamat mencoba, ya!