Hai, Takaiters!

Salah jurusan merupakan kondisi di mana kamu mengalami ketidaksesuaian antara minat kamu dengan jurusan yang kamu tempuh. Banyak mahasiswa yang mengalami ini. Sehingga, salah jurusan juga membuat mahasiswa menjadi malas belajar.

Saat kamu masih duduk di bangku kelas 3 SMA/MA/SMK, kamu bisa memikirkan jurusan yang akan kamu ambil. Tujuan dari hal ini agar kamu bisa menyesuaikan dengan passion kamu. Memang kamu harus memikirkan hal ini dengan matang.

Jika kamu terpengaruh sana sini, keputusanmu ibarat air mengalir tanpa arah. Namun, jika kamu mampu memilih sesuai minat dan bakat kamu, kamu akan lebih enjoy dalam belajar di kampus.

Seringkali mahasiswa mengeluhkan ini. Mereka berpikir untuk mengikuti tes masuk perkuliahan lagi di tahun depan. Sayang sekali, bukan? Agar kamu tidak salah jurusan, inilah cara yang dapat kamu tempuh untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat untukmu, Takaiters!

Tips menentukan jurusan kuliah
Foto: pexels.com

1. Ketahui Minat Kamu

Kamu bisa memilih jurusan berdasarkan apa yang kamu inginkan. Maksudnya adalah menentukan jurusan dengan ilmu apa yang mau kamu pelajari kelak.

Dalam menemukan minat kamu ke suatu jurusan, kamu perlu mempertimbangkan banyak faktor. Misalnya pengaruh antara pikiran dan perasaan kamu. Kamu harus berpikir secara matang untuk menyeimbangkan keduanya.

Menentukan jurusan sesuai minat, misalnya kamu berminat untuk belajar seputar angka. Maka kamu bisa memilih jurusan matematika atau yang berhubungan dengan angka. Sehingga, kamu tidak merasa terbebani saat memilih jurusan itu nantinya.

2. Temukan Jurusan dari Hobi

Kamu dapat menjadikan apa kegemaran kamu sebagai pertimbangan memilih jurusan. Hobi biasa kamu lakukan saat luang. Ini sangat memiliki pengaruh untuk kamu yang ingin mengembangkan hobi kamu.

Contoh sederhana, misalnya kamu memiliki hobi bermain musik. Tidak ada salahnya kamu mencoba memilih jurusan yang melibatkan seni. Atau untuk kamu yang suka menulis, kamu bisa mengambil jurusan sastra atau ilmu komunikasi. Sangat menarik, kan?

3. Gali Informasi

Jika sebenarnya kamu sudah memiliki incaran jurusan atau kamu masih kesulitan menentukan jurusan dari cara diatas, yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah mencari informasi. Kamu bisa mendapatkannya darimana pun. Termasuk saat kamu membaca tulisan ini.

Kamu juga bisa menanyakan jurusan yang kamu inginkan tersebut kepada kakak kelasmu yang sudah kuliah. Kamu bisa meminta pendapat mengenai jurusan tersebut. Selain itu, kamu akan mendapatkan wawasan seputar jurusan yang tidak kamu tahu sebelumnya. Jadi, Takaiters jangan malu untuk bertanya nih!

4. Banyak Memohon Petunjuk

Serahkan kembali keputusanmu kepada Tuhan. Berdoalah untuk mendapat kemudahan dalam menentukan jurusan agar tidak salah langkah. Selain itu, kamu bisa melakukan solat istikharah bagi kamu yang beragama islam.

5. Meminta Rekomendasi Orang Tua

Walaupun pada saat memilih jurusan kita harus menentukannya sesuai keinginan kita, tidak ada salahnya mendengar pendapat orang tua. Bagaimanapun, kamu adalah seorang anak yang tetap butuh bimbingan kedua orang tuamu. Cobalah minta saran dari mereka untuk hal ini.

Demikianlah 5 cara menentukan jurusan kuliah yang dapat kamu lakukan. Kamu bisa mencobanya mulai sekarang. Jangan sampai ketika mendekati hari H kamu keteteran. Lebih baik, pikirkan secara matang terlebih dahulu sejak saat ini.

Kamu bisa memperoleh wawasan seputar jurusan yang kamu inginkan di internet. Tentu suatu kemudahan, kan? Jadi, tunggu apa lagi. Lekas pikirkan jurusanmu dengan matang agar kamu siap atas segala resikonya kelak.