Loha, Takaiters!

Berhasil meraih sukses diseri album Love Yourself, BTS yang merupakan boyband terpopuler di dunia tidak butuh waktu lama untuk menelurkan karya terbarunya. Kini RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook siap menggebrak dunia musik dengan era baru mereka,  Map of The Soul.

Awal tahun 2019 lalu, ketika diumumkan akan comeback ARMY (sebutan fans BTS) sudah sangat antusias menantikan album terbaru ini. Sampai akhirnya rilis pada tanggal 12 April 2019 album Map of The Soul: Persona meraih sukses baik dalam penjualan album, perolehan rekor, dan trending di media sosial. Mulai penasaran, kan? Yuk, kita kupas fakta comeback fenomenal BTS yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

1. BTS Mencatat Rekor Pre-Order Album Tertinggi dengan Total 3 Juta Kopi, Laris Manis!

Foto: www.tribunnews.com

Sebelum rilis, BTS sudah memecahkan rekor penjualan album tertinggi. Dilansir dari soompi.com, distributor musik Dreamus sudah mencatat nilai pre-order album Map Of The Soul: Persona yang mencapai 3.021.822 kopi sampai 11 April lalu. Jumlah ini melebihi rekor pre-order album Love Yourself: Answer yang sebelumnya mencapai 1.511.910 kopi.

2. Comeback Trailer Map of The Soul: Persona

Foto: picdeer.com

Untuk pemanasan, 27 Maret lalu BTS merilis comeback trailer Map of The Soul: Persona yang merupakan lagu intro dalam album terbaru kali ini. Dibuka dengan rap powerful dan memukau RM, MV comeback ini sudah ditonton lebih dari 30 juta kali hingga saat ini.

3. Boy With Luv MV Kolaborasi dengan Halsey

Foto: Tribunnews.com

Sukses berkolaborasi dengan rapper Nicki Minaj, comeback kali ini BTS menggandeng Halsey. Tidak tanggung-tanggung, selain bernyanyi, Halsey juga ikut menari dengan enerjik di MV Boy With Luv.

4. Memanjakan ARMY dengan 7 Lagu Baru

Foto: grid.id

Album BTS kali ini berisi tujuh lagu baru semuanya berkualitas tinggi. Diawali dengan Intro: Persona oleh sang leader RM, track hip-hop ini memberi nuansa nostalgia karena bernuansa rock menyerupai album lama BTS 2 Kool For Skool.

Boy With Luv kolaborasi dengan Halsey memang pantas jadi lagu utama dalam album ini. Lagu beraliran funk pop ini sangat cerita dan penuh warna dengan melodi yang adiktif. Mikrokosmos adalah lagu bertempo sedang tentang kehidupan manusia di alam semesta yang luas.

Sedangkan HOME didedikasikan untuk ARMY, karena bagi mereka fans diibaratkan seperti rumah tempat mereka pulang saat merasa sedih dan kesepian. Lagu Make It Right adalah lagu tentang proses mencintai seseorang yang terasa menenangkan.

Dua track terakhir Jamais Vu dan Dionysus adalah yang paling unik. Jamais Vu dinyanyikan oleh unit BTS J-Hope, Jin, dan Jungkook. Sedangkan Dionysus yang diciptakan oleh J-Hope adalah track hip-hop yang kental dengan beat yang kuat.

5. Berkolaborasi dengan Musisi Dunia Salah Satunya Ed Sheeran

Foto: pinterest.com

Sejak awal debut di tahun 2013, BTS sudah dikenal aktif menulis dan menciptakan lagu mereka sendiri. Digawangi RM, Suga, dan J-Hope yang jago menulis lagu, dalam album Map of The Soul: Persona kali ini BTS juga berkolaborasi dengan musisi terkenal dunia.

Ryan Lawrie alumni X Factor yang menulis Mikrokosmos dan dua Arcades menyumbang lagu Jamais Vu. Namun, yang dinanti tentu BTS dengan Ed Sheeran, informasi ini sempat dibocorkan oleh Suga BTS lewat akun twitter mereka. Ed Sheeran musisi folk asal Inggris ini ikut andil dalam lagu Make It Right yang sangat catchy.

6. Sapu Bersih Tangga Lagu di Seluruh Dunia

Foto: ew.com

Jutaan ARMY sangat antusias menunggu comeback BTS kali ini. Buktinya Boy With Luv yang debut di puncak tangga lagu Melon sesaat setelah rilis dan track lain yang menduduki tangga lagu 10 besar. Bahkan, situs streaming musik Melon yang berbasis di Korea sempat error sebab membludaknya traffic.

Map of The Soul:Persona juga meraih sukses dengan memuncaki tangga lagu iTunes di 86 negara di dunia dengan Boy With Luv di posisi pertama. Bukan hanya streaming, MV Boy With Luv juga memecahkan rekor YouTube dengan jumlah viewers yang fantastis. Lagu Boy With Luv sukses ditonton lebih 70 juta kali dalam 24 jam, memecahkan rekor sebagai MV peraih view YouTube terbanyak dalam jangka waktu 24 jam.

Boyband ini juga sukses merajai media sosial. Terbukti banyak tagar merajai twitter dan trading di tanah air maupun di luar negeri. Seperti tagar, #MAP_OF_THE_SOUL_PERSONA, #PERSONAWelcomeParty, dan #BoyWithLuvOutNow yang memuncaki trending topic selama beberapa jam.

7. Untuk Pertama Kali BTS Promo Album Secara Global

Foto: tabloidbintang.com

Agensi BTS Bit Hit merilis jadwal penampilan comeback BTS belum lama ini. Beda sekali dengan album-album sebelumnya, dalam comeback kali ini BTS melakukan promosi secara global.

BTS membuka penampilan comeback sebagai bintang tamu di acara Saturday Night Live yang ditayangkan oleh stasiun televisi NBC USA tanggal 13 April kemarin waktu setempat. Sebelumnya, BTS juga membuka promosi dengan interview bersama SiriusXM, sebuah stasiun radio di USA dan Kanada.

Konferensi pers global dilakukan tanggal 17 April dengan streaming langsung seluruh dunia melalui kanal YouTube resmi BANGTANTV.

Segudang prestasi yang mereka sabet di comeback kali ini, julukan boyband legendaris memang pantas disandang oleh BTS. Jadi, Guys, apa kalian sudah nonton?