Hai, Takaiters!

Beberapa tahun kebelakang ini seakan bencana banjir semakin meluas keseluruh nusantara. Menelan banyak korban jiwa baik yang miskin maupun yang kaya. Meskipun pada hakikatnya semuanya tetap kuasa yang sang Pencipta, namun bernarkah manusia tidak ikut andil dalam permasalahan yang melanda?

Nyatanya manusia adalah mahkluk yang harusnya paling bertanggung jawab atas semua bencana banjir yang melanda. Pembangunan secara berkala, pengerukan tanah yang seakan tak ada habisnya, penebangan hutan yang membabi buta dan sampah yang terus bertambah.

Semua kegiatan manusia yang tak pernah reda ini seakan membawa bumi pada pesakitan. Mengakibatkan bencana tanah longsor, kebakaran hutan dan banjir dimana-mana.

Meskipun pembangunan seakan tak membutuhkan suara. Bungkam saat semua hutan mulai gundul. Tapi kita masih bisa bergerak dengan mengurangi volume sampah yang terus bertambah. Lalu darimana harusnya kita ikut berkontribusi untuk menanggulangi sampah? ini beberapa hal yang bisa mulai kita terapkan untuk mengurangi volume sampah.

1. Membuang Sampah pada Tempatnya.

Berkontribusi untuk Menanggulangi Sampah
Foto: jatim.idntimes.com

Tentu saja membuang sampah pada tempatnya menjadi poin pertama dalam pembahasan ini. Sebuah kalimat pengingat yang sebenarnya sudah terpasang disemua tempat. Sebuah kalimat yang seakan menjadi pajangan tidak berguna bagi sebagian orang.

Diabaikan begitu saja dan membiarkan semua sampah tetap berserakan di jalan-jalan dan aliran sungat yang ada. Lalu apa fungsinya peringatan ini terpasang di pinggir-pinggir jalan bila akhirnya jadi abaian saja?

Hal ini terdengar sederhana namun nyatanya masih sulit dilakukan. Saat berada di tempat keraiamaian tak jarang seseorang akan membiarkan sampah bekas makan atau minum mereka begitu saja tergeletak di tanah.

Mari mulai membuka mata, lihat betapa banyaknya sampah yang kita buang setiap harinya. Lalu berbagai dampak yang ditimbulkan dari sampah-sampah itu apalagi bila dengan seenaknya membuangnya di jalan dan di sungai.

Padahal seperti yang kita tahu bahwa membuang sampah sembarang hanya akan merugikan diri kita sendiri. Sedangkan tak akan ada ruginya kita berjalan sebentar menghampiri tempat sampah yang tersedia lalu mulai menjadi seseorang yang perduli dan ikut berkontribusi untuk menanggulangi sampah.

2. Mengurangi Penggunaan Plastik

Cara Berkontribusi untuk Menanggulangi Sampah
Foto: mommiesdaily.com

Indonesia merupakan Negara dengan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.Menurut data dari Indonesia National Plastic Action Partnership April 2020, Indonesia menghasilkan 6,8 juta ton sampah plastik setiap tahunnya. Dimana sekitar 620 ribu ton masuk ke sungai, danau dan laut.

Dari data tersebut tentunya membuat kita sadar bahwa sampah yang telah kita tumpuk selama ini ternyata telah banyak mencemari lingkungan dan makhluk hidup lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan mengurangi volume sampah  adalah adanya kesadaran untuk mulai mengurangi sifat konsumtif pada plastik.

Meskipun pada kenyataanya sifat konsumtif manusia pada plastik seakan masih sulit dihilangkan. Namun mulai menanamkan pada diri sendiri untuk sedikit demi sedikit mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan barang atau benda lain yang lebih ramah lingkungan bisa menjadi solusi untuk membawa kita berkontribusi dalam pengurangan sampah plastik.

3. Membawa Kantong Belanja Sendiri

Tips Berkontribusi untuk Menanggulangi Sampah
Foto: tirto.id

Membawa kantong belanja sendiri saat berbelanja juga bisa menjadi salah cara berkontribusi menanggulangi sampah. Dengan penggunaan totebag/ tas yang terbahan kain maka secara sadar berarti kita telah ikut serta dalam mengurangi volume sampah dan membantu dalam mengurangi pencemaran lingkungan karena penggunaan plastik yang berlebihan.

4. Mendaur Ulang Dan Menyumbangkan Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Latih diri Berkontribusi untuk Menanggulangi Sampah
Sumber: us-us.facebook.com

Cara berkontribusi untuk menanggulangi sampah Selanjutnya adalah mulai mendaur ulang sampah organik untuk dijakan kompos. Sedangkan bila kamu memiliki banyak waktu luang, cobalah untuk mulai mendaur ulang barang-barang berbahan plastik, kayu maupun kertas untuk kembali dijadikan barang yang bisa berguna.

Selain itu mulai membiasakan diri untuk bisa memilah-milah antara barang yang masih bisa digunakan dengan barang yang sudah tidak terpakai juga penting. Dengan melakukan hal ini maka beberapa barang yang dirasa sudah tidak digunakan lagi dapat disumbangkan atau diberikan kepada orang lain yang membutuhkan.

Itulah tadi empat cara berkontribusi untuk menanggulangi sampah. Empat poin sederhana yang bisa mulai kita terapkan dari sekarang untuk mengurangi volume sampah yang terus bertambah. Kontribusi sederhana untuk membantu bumi bisa kembali sehat seperti sedia kala.

Jadi apakah kamu sudah siap ikut berkontribusi dalam penanggulangan sampah, Takaiters?