Hai, Takaiters!

Bangun tidur ku terus mandi

Tidak lupa menggosok gigi

Niatan mau bangun pagi mandi pagi. Tapi apa daya, pagi-pagi alarm udah bunyi, tapi kamu gak bangun juga? Sekadar matikan alarm dan tidur lagi? Atau kamu bangun terus balik ke kasur lagi walau hanya untuk rebahan? Eh, nggak kerasa seharian di kasur mulu. Alhasil, harimu jadi nggak produktif.

Eits, jangan-jangan kamu terkena dysania. Sekilas terdengar seperti nama orang ya, Takaiters. Melansir alodokter.com dysania adalah keadaan  seseorang yang sulit untuk beranjak dari tempat tidurnya meski alarm telah berbunyi berkali-kali atau lebih gampangnya susah bangun pagi.

Lho, bukannya itu sama dengan malas? Beda! Malas merujuk pada sikap menunda-nunda waktu untuk bangun atau bergerak dan tidak harus di tempat tidur. Sedangkan dysania lebih kepada rasa “berat” untuk meninggalkan tempat tidur, walaupun sudah terbangun sejak 1 atau 2 jam sebelumnya.

Foto: health.kompas com

Orang dengan kondisi seperti ini tidak bisa dianggap sepele. Sebab walau bukan penyakit, dysania adalah suatu gejala yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan tertentu, yaitu:

  • Depresi

Merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam, gelisah, banyak pikiran, dan lain sebagainya.

  • Sindrom Kelelahan Kronis

Kondisi tubuh yang sangat lelah, sehingga tidak cukup untuk dibuat istirahat saja. Menyebabkan penderita enggan untuk beranjak dari tempat tidur.

  • Fibromyalgia

Suatu penyakit yang ditandai oleh rasa nyeri di sekujur tubuh disertai rasa lelah dan mood yang tidak bagus.

  • Sleep Apnea

Merasa sesak nafas saat tidur menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak. Akibatnya, badan merasa lelah dan malas bangun.

  • Anemia

Kekurangan sel darah merah dalam tubuh yang mengakibatkan seseorang menjadi cepat lelah dan tidak bersemangat menjalani aktifitas.

dysania gejala
Foto: health.grid.id

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?
Tenang, kamu nggak perlu khawatir, guys! Karena sejatinya dysania bisa kamu obati dengan pola hidup yang lebih baik.

  1. Tidur lebih cepat

    Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama untuk mengontrol jam tubuh.

  2. Hindari kafein

    Kurangi minum kopi yang berlebih, hindari merokok dan minum minuman beralkohol agar tidur kamu lebih berkualitas.

  3. Aplikasi siklus tidur

    Kamu bisa gunakan aplikasi siklus tidur. Aplikasi ini nantinya akan memantau apakah tidurmu kurang atau berlebih.

  4. Hindari Gawai

    Cobalah untuk stop menggunakan gawai minimal 30 menit sebelum tidur. Radiasi dari layar gawai menyebabkan mata menjadi lebih terjaga dan jauh dari rasa kantuk.

  5. Jauhkan Alarm

    Jauhkan letak alarm dari jangkauan kamu. Supaya, ketika alarm berdiring kamu akan akan turun dari tempat tidur. Gunakan alarm berkali-kali jika kamu masih sulit untuk benar-benar bangun.

Gimana, Takaiters? Jadi lebih paham, kan. Kenapa kamu masih suka tidur lama dan nggak bangun-bangun? Semoga informasi tadi bisa bedampak positif di hidup kamu. Saatnya jadi produktif, deh!