Halo, Takaiters!
Setiap bulan seorang wanita akan mengalami haid Atau sering disebut menstruasi. Menjelang datangnya haid tersebut sebagian wanita sering kali dibarengi dengan rasa nyeri di perut.
British Medical Journal menjelaskan nyeri di perut tersebut akibat kontraksi otot yang melepaskan prostaglandin. Prostaglandin adalah struktur kimia menyerupai hormon untuk merangsang otot rahim agar kontraksi sehingga membantu mengeluarkan darah haid.

Nyeri perut tersebut tentunya sangat tidak nyaman sehingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Berikut enam jenis buah-buahan untuk mengatasi rasa nyeri di perut saat haid, yaitu:

  • Pisang

Atasi nyeri perut saat haid
Foto: Pexels.com

Dilansir dari Boldsky.com, pisang kaya akan kalium sehingga otot rahim lebih rileks dan mengurangi kontraksi. Selain kaya dengan kalium pisang juga kaya potasium. Dikutip dari Lisa Defasio seorang ahli diet berasal dari California, potasium dapat membantu mengurang rasa kembung dan mengatasi nyeri perut saat haid.

  • Mangga

Atasi nyeri saat haid
Foto: Pexels.com

Mangga kaya vitamin C dan B menjadikan mangga salah satu buah yang dapat mengatasi rasa nyeri perut akibat haid. Dilansir dari Functional Foods in Health and Disease, vitamin C dan B pada mangga dapat meningkatkan sistim imunitas tubuh dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Selain itu vitamin C pada mangga dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron sehingga nyeri perut dapat teratasi.

  • Nanas

Nyeri saat haid
Foto: pexels.com

Banyak wanita yang tidak mau mengonsumsi nanas pada saat haid. Padahal pada buah nanas banyak mengandung mineral mangan yang baik untuk mengatasi nyeri perut saat haid.
Dilansir dari American Journal of Obstetrics & Gynecology, nanas bersifat antioksidan membantu mengurangi peradangan akut yang kerap menjadi penyebab nyeri perut saat haid.

Enzim Bromelin pada nanas dapat mengurangi rasa sakit dan membantu relaksasi pada otot sehingga nyeri dapat berkurang.

  • Pepaya

Atasi nyeri saat haid obat
Foto: pexels.com

Pepaya buah tidak mengenal musim dan selalu ada di pasar atau supermarket. Di kutip dari laman the Health Site pepaya dapat mengatasi nyeri perut karena haid.
Pepaya tinggi kandungan vitamin A, C, zat besi, dan karoten sehingga dapat menenangkan dinding rahim dan mengurangi kontraksi otot.

  • paprika

Atasi nyeri saat haid caranya
Foto: Pixabay.com

Banyak yang mengira paprika termasuk dalam sayuran tetapi paprika masuk dalam keluarga buah. Paprika mengandung capsicum annuum L yang memberikan cita rasa pedas. Namun, tidak terlalu pedas seperti pada cabai merah dan rawit.
Dikutip dari Paper Head, capsicum efektif meredakan nyeri. Capsaicin bekerja dengan cara menghambat hantaran sinyal atau rangsangan nyeri pada saraf, sehingga rasa nyeri yang dirasakan berkurang.

  • Alpukat

Foto: pixabay.com

Alpukat kaya beragam vitamin, mineral, serta asam lemak dan omega-3. Khususnya kandungan omega-3 pada alpukat dapat mengatasi nyeri dan kram akibat haid. Rasa nyeri disebabkan karena hormon prostaglandin, sehingga terjadi kontrasi otot dan nyeri saat haid. Kondisi ini dapat diatasi oleh omega-3 yang terkandung dalam alpukat.

Wanita yang mengalami nyeri perut akibat haid sangat menderita dan tidak dapat menjalankan aktivitasnya. Salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati gejala ini adalah dengan mengonsumsi buah-buahan seperti tersebut di atas. Hindari menggunakan obat-obatan karena ada efek sampingan. Jika terpaksa menggunakan obat, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, ya, Takaiters!