Hai, Takaiters!

Bagi sebagian orang, hari Senin boleh jadi merupakan hari yang kurang menyenangkan. Di Barat sana, ada istilah Monday syndrome dan juga Monday blues lantaran tidak sedikit orang yang justru merasa stres, bete, tertekan, saat harus menghadapi hari Senin.

Coba bayangkan, setelah asyik-asyik wikenan, eh, tiba-tiba hari Senin sudah menghadang di depan mata. Dan itu artinya, waktunya kembali ke kantor. Berkutat dengan tumpukan-tumpukan tugas, yang mungkin saja membuat sebagian orang jadi senewen.

Makanya, jangan heran jika ada sementara orang yang bilang “I hate Monday!” 

Pertanyaannya sekarang, mungkinkah kita menjadikan hari Senin sebagai hari menyenangkan, sehingga kita kemudian bisa selalu bilang “I love Monday?”

Tentu saja, bisa. Tapi, ada syarat-syaratnya. Apa saja cara atasi Monday Syndrome, Takaiters? Yuk, simak!

Usahakan tidak menumpuk pekerjaan

Cara atasi monday syndrome
Foto: matain.id

Cicilah tugas kantor sehinga tidak menumpuk. Kencenderungan orang merasa malas menghadapi Senin karena antara lain menumpuknya tugas yang harus diselesaikan.

Oleh sebab itu, upayakan untuk mencicil menyelesaikan tugas kantor di hari Jumat sehingga  tugas-tugas itu tidak terlalu menumpuk di hari Senin.

Dengan begitu, bayangan tugas kantor yang menumpuk-numpuk di hari Senin akan sirna dengan sendirinya.

Buatlah daftar Moodboostermu di tempat kerja

Apa itu monday syndrome
Foto: forbes.com

Buat daftar hal-hal yang paling menyenangkan. Jadi, Minggu malam alias malam Senin, buatlah daftar sejumlah hal yang kamu paling nanti-nantikan di tempat kerja. Dengan membuat daftar tersebut, diharapkan mood kamu akan lebih siap menghadapi hari Senin.

Hindari urusan kerja disaat weekend

Beberapa tips atasi monday syndrome
Foto: hipwee.com

Selama akhir pekan,  sebisa mungkin hindari memeriksa e-mail atau pesan-pesan yang datangnya dari kantor. Pastikan wiken adalah waktunya bersenang-senang. Lupakan sejenak urusan kantor. Dengan demikian, begitu tiba hari Senin, kamu bisa benar-benar merasa fresh

Tidur yang cukup

Sindrom hari senin
Foto: alodokter.com

Tidur yang cukup dan usahakan bangun lebih awal. Tidurlah sedikit lebih awal pada Minggu malam dan pastikan untuk cukup tidur sehingga kamu dapat bangun dengan perasaan nyaman serta bugar karena cukup istirahat.

Datang lebih awal ke Kantor

Foto: depositephoto.com

Datang lebih awal dapat menghindari kamu terjebak kemacetan yang dapat membuat stres. Hal ini memungkinkan kamu lebih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan tugas-tugas yang perlu segera diselesaikan hari itu.

Berpikir dan bersikap positif

Pikiran dan sikap positif akan menghasilkan hal-hal positif. Begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, upayakan selalu berpikir dan bersikap positif.

Berpakaian rapi dan menarik

Foto: gotraining.com

Berdandanlah sebaik mungkin. Kenakan pakaian favorit kamu. Ingat, penampilan yang prima dapat membangun kepercayaan diri dan sekaligus menuai pujian dari rekan kerja. Ini dapat menambah semangat dalam menghadapi hari Senin di tempat kerja.

Putar lagu favoritmu

Foto: liputan6.com

Kamu mungkin punya daftar lagu-lagu favorit, terutama yang memiliki irama dan lirik ceria. Tak ada salahnya sebelum berangkat kerja atau memulai pekerjaan di kantor, putar dan dengarlah lagu-lagu favorit kamu itu. Dengan begitu, kecerian akan memenuhi relung hatimu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati agar hari Senin kamu menjadi hari yang tetap menyenangkan, Takaiters. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi bilang ” I hate Monday” dan kamu bisa atasi Monday Syndrome kamu.