Halo, Takaiters!

Akhir-akhir ini sedang terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrim. Cuaca panas dan hujan yang datang silih berganti menjadi ancaman kesehatan yang serius. Penyakit yang seringkali datang di saat perubahan cuaca seperti ini adalah flu yang seringkali melanda secara tiba-tiba. Flu di tengah padatnya aktivitas tentu sangat merepotkan. Apalagi disertai dengan rasa pusing yang mengganggu aktivitas harianmu.

Untuk meredakan flu di tengah aktivitasmu yang padat, kamu bisa coba membuat beberapa jenis minuman hangat. Minuman hangat ini pada umumnya terbuat dari aneka rempah atau dedaunan aromatik yang diyakini bisa mengusir virus penyakit. Simak ulasannya berikut ini.

1. Perpaduan Jeruk dan Jahe Hangat

Foto: hipwee.com

Jahe mengandung senyawa bioaktif bernama gingerol yang berfungsi sebagai antiradang. Sedangkan jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang bisa memenuhi kebutuhan harian. Kamu bisa membuat air rebusan jahe ini ditambah dengan potongan jeruk segar bisa jadi minuman sehat pereda flu. Aroma khas jahe juga bisa melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

2. Teh Mint

Foto: food.detik.com

Untuk meredakan flu, kamu bisa menyeduh beberapa helai daun mint dengan air panas. Teh mint yang punya aroma menthol bisa membantu saluran napas akibat flu. Selain itu, mint juga punya sifat antibakteri yang berfungsi menghalangi bakteri masuk ke saluran pernapasan. Aroma menthol pada mint juga bisa mengendurkan otot yang tegang penyebab sakit kepala.

3. Madu Hangat

Foto: resepdanmasakan.com

Madu yang mengandung antimikroba efektif mencegah gejala flu. Cukup seduh dua atau tiga sendok madu dengan air hangat untuk meredakan flu. Perasan jeruk nipis atau batang kayu manis juga bisa ditambahkan sebagai penambah nutrisi pada madu ini.

4. Chai Latte

Foto: blog.equalexchange.coop

Teh ini mempunyai aroma khas yang membuat badan lebih hangat dan diyakini punya manfaat untuk mengusir beberapa penyakit. Anti-inflamasi yang terkandung dalam rempah-rempah ini akan membuat flu mereda. Selain itu, teh hitam yang biasa digunakan sebagai bahan utama chai latte ini memiliki antioksidan tinggi yang berfungsi meningkatkan imunitas.

5. Teh Serai

Foto: bangka.tribunnews.com

Serai mengandung asam chlorogenic, isoorientin, dan swertiajaponin yang punya sifat antiradang. Serai juga akan mengeluarkan aroma khas saat diseduh. Hal ini akan membuat saluran napas di hidung terasa lega, badan dan tenggorokan pun akan terasa lebih hangat.

Nah, Guys, itu dia beberapa minuman sehat sebagai pereda flu. Selain mudah dalam cara pembuatannya, bahan dan juga khasiatnya sangat bermanfaat untuk meredakan flu yang melanda. Tetap jaga kesehatan di tengah perubahan cuaca ini, ya!