aplikasi sinyal buatan mana
Foto: selular.id

Aplikasi Signal, Aplikasi Perpesanan Kekinian. Apa Keunggulannya?

Hai, Takaiters!

Belakangan ini, santer diberitakan semakin banyak saja orang yang mengganti aplikasi WhatsApp dengan aplikasi perpesanan lainnya Salah satu aplikasi yang banyak diunduh untuk menggantikan WhatsApp itu yakni Signal.

Seperti yang tertera pada situs web data analitik Apptopia, sejauh ini Signal telah berhasil meraih lebih dari 1,3 juta unduhan secara global, menempatkannya sebagai  aplikasi gratis nomor satu di App Store dan Google Play Store.

Masalah keamanan dan privasi yang lebih prima kabarnya menjadi alasan utama orang saat ini berbondong-bondong mengunduh Signal untuk menggantikan WhatsApp.

Lantas, benarkah Signal lebih aman daripada WhatsApp? Apa sih keunggulannya?

Memprioritaskan privasi

Download aplikasi signal
Foto: lifestyle.kontan.co.id

Signal adalah aplikasi perpesanan terenkripsi yang memungkinkan penggunanya mengirim pesan dan melakukan panggilan melalui Internet. Signal sangat memprioritaskan aspek privasi.

Seperti juga WhatsApp, Signal mendukung obrolan grup dan panggilan video grup.  Signal merupakan aplikasi open source di mana aspek privasi dan keamanannya diperiksa secara berkala oleh para ahli independen.

Pemilik Signal

aplikasi signal adalah
Foto: cnnindonesia.com

Signal diciptakan oleh Moxie Marlinspike, seorang kriptografer asal Amerika Serikat. Aplikasi ini dikembangkan oleh Signal Foundation dan Signal Messenger. Signal Foundation sendiri berdiri  pada 10 Januari 2018, dengan dana awal sekitar 50 juta dollar AS.

Lintas sistem operasi

Aplikasi Signal dapat dijalankan dalam beragam perangkat lintas sistem operasi, mulai dari Android, iPhone, iPad, Windows, Mac, hingga Linux. Meskipun demikian, regitrasi hanya dapat dilakukan lewat Android atau iPhone. Setelah kamu berhasil mendaftar dan memiliki akun, kamu dapat menautkan Signal ke iPad atau komputer.

Keunggulan Signal

Setiap aplikasi pasti memiliki keunggulan dan kelemahan. Nah, keunggulan Signal yaitu pada aspek privasinya lantaran mengenkripsi teks maupun panggilan. Kendati begitu, sistem  pencadangan dan pemulihan obrolan (chat) dinilai sementara kalangan masih kurang user-friendly.

Hal lainnya, ketika harus mengganti ponsel, prosedurnya agak rumit sebelum pengguna bisa menjalankan kembali aplikasi ini di perangkat baru.

Keamanan Signal

Aspek keamanan Signal dapat diandalkan. Bahkan disebut-sebut sebagai aplikasi perpesanan paling aman untuk saat ini. Elon Musk (CEO SpaceX) dan Edward Snowden (mantan pegawai CIA) merekomendasikan aplikasi ini. Enkripsi ujung-ke-ujungnya (end to end) sangat bisa diandalkan, sehingga sangat sulit bagi orang lain untuk menyadap aktivitas komunikasi yang kita lakukan.

Haruskah beralih ke Signal?

aplikasi sinyal buatan mana
Foto: selular.id

Jika aspek privasi dan keamanan sebagai pertimbangan, maka Signal merupakan opsi terbaik untuk saat ini. Meskipun demikian, aspek lingkaran sosial juga perlu diperhitungkan.

Artinya, apakah orang-orang yang menjadi kontak kita juga menggunakan aplikasi ini atau tidak. Percuma saja kita memasang Signal di ponsel kita, tetapi tak satu pun kontak kita yang menggunakan aplikasi ini.

Nah, begitulah, Takaiters, sekilas soal Signal, aplikasi perpesanan yang saat ini sedang menjadi aplikasi gratis nomor satu di App Store dan Google Play Store.