pansos
katagaul.com

Apa sih Pansos? Istilah Yang Sering Disebut Saat Ada Artis Bermasalah

Hallo, Takaiters!

Kamu pasti sering mendengar istilah pansos kan ketika ada artis bermasalah? Apa sih pansos itu? Pansos kependekan dari istilah panjat sosial. Meski tidak selalu terkait dengan selebriti, tetapi pansos sering disebut saat ada artis yang sedang bermasalah.

Arti pansos sendiri adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang agar lebih dikenal oleh masyarakat baik melalui media sesial seperti FB, instagram, twitter maupun media sosial lain dan dengan mendompleng nama artis atau orang terkenal sehingga nama pelaku pansos lebih dikenal masyarakat.

Siapa yang sering melakukan pansos

Orang yang sering melakukan pansos biasanya adalah orang yang ingin terkenal atau ingin meningkatkan pamornya di masyarakat. Pelaku pansos bisa saja orang yang mempunyai kemampuan terbatas namun ingin terkenal. Pelaku pansos dapat orang biasa, tokoh maupun artis.

Tujuannya adalah agar lebih tenar dan dapat memanfaatkan ketenarannya untuk meraih keuntungan baik secara psikis (kepuasan batin) maupun finansial.

Bagaimana tindakan pansos dilakukan

apa arti kata pansos
Foto: pantau.com

Pansos dilakukan dengan cara melakukan tindakan yang tidak biasa, seperti membesar-besarkan suatu hal sepele, tampil terlalu glamour, bertindak dan berbicara secara kontroversial, mempublikasikan suatu keadaan atau kegiatan secara berlebihan. Pelaku pansos bisa juga bertindak sok pahlawan ketika seseorang sedang bermasalah sehingga mendapat perhatian.

Ciri-ciri orang yang melakukan pansos

apa itu pansos brainly
Foto id.berita.yahoo.com

Orang yang melakukan pansos adalah orang yang merasa lebih rendah dibanding orang lain, kurang terkenal, kurang mempunyai kemampuan. Ciri pelaku pansos adalah

1. Terlalu berlebihan

2. Sensasional

3. Sering berbicara di luar tema

4. Senang Ketika mendapat pujian

5. Kontroversia

6. Senang tampil

Apa yang harus dilakukan jika ada yang melakukan pansos

apa itu pansos bahasa gaul
Foto katagaul.com

Jika ada orang yang melakukan pansos di sekitar kita, selama tidak mengganggu dan merugikan biarkan saja. Jika tidak mendapat respon maka pelaku pansos dengan sendirinya akan berhenti. Namun jika mendapat “panggung” atau mendapat kesempatan, pelaku pansos akan senang karena itulah tujuannya dan akan terus melakukan aksinya.

Jika Tindakan pansos tersebut merugikan kita, misal mencemarkan nama baik atau mengklaim sesuatu yang menjadi hak kita sebagai hak-nya tentu tidak dapat dibiarkan. Sebagai pihak yang dirugikan, kita dapat meminta konfirmasi, melakukan teguran bahkan melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Kenapa pansos sering terjadi ketika ada artis bermasalah?

Tujuan pelaku jelas, agar ikut tenar, bahkan mengungguli artis tersebut. Pelaku pansos dapat saja datang sebagai “pahlawan kesiangan” atau “dewa penolong” atau malah sebaiknya, datang sebagai musuh. Ini sudah banyak terjadi,

Ketika seorang yang terkenal tersandung masalah, tiba-tiba orang yang tidak dikenal datang untuk memberi dukungan secara berlebihan. Ada juga pelaku pansos yang datang untuk memperkeruh suasana dan membuat masalah menjadi semakin rumit.

Jangan salah! Banyak kasus pansos yang hanya settingan agar pelaku atau kelompoknya lebih terkenal. Tindakan pansos banyak yang dilakukan sebelum artis mengeluarkan album, film atau produk baru untuk menarik perhatian masyarakat.

Takaiters, jangan sampai kamu melakukan tindakan pansos yang justru merugikan dirimu sendiri ya. Terkenal dengan hasil kerja keras dan prestasi tentu jauh lebih membahagiakan. Sekarang kamu sudah bisa memahami apa sih pansos itu ya!