Halo, Takaiters!

Indonesia dilihat dari segi geografis, merupakan sebuah negara yang sangat unik jika dibandingkan dengan banyak negara lain di dunia. Hal ini disebabkan karena wilayah Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, berupa pulau-pulau, baik besar maupun kecil. Keadaan ini tentu merupakan sebuah tantangan aksesibilitas untuk setiap pulau-pulau di dalamnya.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membangun sebuah jembatan yang akan saling menghubungkan pulau-pulau tersebut. Contoh nyata adalah jembatan Barelang yang menghubungkan beberapa pulau di wilayah Batam, atau yang terpanjang yang ada saat ini adalah jembatan Suramadu, yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Madura.

Nah, tahukah kamu, Guys? jika nantinya akan dibangun lagi sebuah jembatan panjang serupa Suramadu itu, lho. Jembatan ini nantinya akan berlokasi di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Tanah Bumbu yang akan disambungkan dengan Pulau Laut, Kabupaten Kota Baru.

Sebagaimana diberitakan oleh detikFinance, jembatan penghubung antara Pulau Laut dengan Pulau Kalimantan ini akan memiliki panjang sekitar 6.475 meter. Artinya, Jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, mengalahkan jembatan Suramadu.

Pilihan Editor



Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) belum lama ini mengungkapkan bahwa jembatan tersebut mulai dibangun dan telah dilakukan uji aerodinamik. Tujuannya adalah untuk memperhitungkan kecepatan angin yang akan mempengaruhi getaran jembatan. Hal ini wajib dilakukan karena jika tidak jembatan akan beresiko untuk mengalami gagal konstruksi bila terjadi angin kencang.

Nantinya setelah uji aerodinamik selesai, maka tahap selanjutnya adalah uji coba material jembatan yang akan membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan. Sementara pembangunannya sendiri telah dimulai sejak Maret 2017 yang lalu.

Rencananya, bentuk jembatan ini akan mirip dengan jembatan pada umumnya yang menggunakan metode suspensi. Nantinya akan ada dua buah tiang pondasi besar dengan tali-tali baja yang menopang badan jembatan. Jembatan ini direncanakan akan memiliki 4 jalur, yaitu 2 jalur untuk kendaraan roda 2 dan 2 jalur untuk kendaraan roda 4 dan lebih dari 4.

Pertimbangan mengapa di daerah ini akan dibangun jembatan adalah karena Kotabaru selama ini dikenal sebagai wilayah yang banyak memiliki pulau-pulau kecil. Pulau di Kotabaru tercatat mencapai hingga 110 buah pulau, dan wilayah ini sangat kaya akan hasil bumi laut.

Dengan adanya jembatan penghubung, maka diharapkan sistem transportasi akan lebih lancar, yang tentu saja juga akan menekan biaya bagi para pelaku di sektor ekonomi, sehingga potensi daerah dapat dimaksimalkan.

Wah, Indonesia benar-benar sedang berbenah, ya, guys! Bagaimana? Masih tak bangga dengan negara kita? Semoga informasi ini bermanfaat, ya.