Heiyo, Takaiters!

Event besar seperti Consumer Electronics Show (CES) memang seringkali dijadikan momentum oleh para vendor teknologi. Ajang pameran besar di dunia ini biasa digunakan untuk memamerkan inovasi dari produk yang akan diusung.

Ada banyak perusahaan yang berpartisipasi untuk mengambil kesempatan. Karena itu, tidak heran jika event CES kerapkali memberi banyak sekali kejutan. Begitu juga dengan edisi CES 2020  di Las Vegas, Amerika Serikat yang baru-baru ini usai digelar.

Dari rangkaian acaranya yang dijadwalkan pada tanggal 7-10 Januari kemarin, beberapa perusahaan yang menjadi bagian acara mengeluarkan kejutan. Mulai dari inovasi, sampai manuver perusahaan yang tidak biasa, ikut menghiasi jejak gelaran CES kali ini.

Nah, daftar berikut ini adalah sejumlah kejutan yang dipamerkan di ajang CES 2020.

1. Laptop 5G: Sebuah Era Serius Koneksi 5G

Sejumlah Laptop 5G meluncur di CES 2020
Laptop 5G. Foto: Sinyal Magz

Seperti yang sudah diprediksi banyak pengamat, koneksi 5G bakal memulai agresinya di tahun ini. Di ajang CES 2020 kemarin, sejumlah vendor laptop ikut menegaskan bahwa perkiraan tersebut bakal benar-benar muncul.

Hal itu diakibatkan oleh kemunculan produk laptop terbaru yang mengusung fitur konektivitas 5G. Koneksi itu sendiri adalah generasi terbaru dari koneksi jaringan nirkabel (wireless) setelah 4G. 5G diklaim punya kecepatan 10-100 kali lipat dari kecepatan koneksi kita saat ini.

Dilansir CNet, setidaknya sudah ada tiga vendor laptop yang mengumumkan lini produknya tersebut. Dell dan HP masing-masing mengeluarkan satu varian. Sementara, Lenovo sudah siap dengan dua varian laptop 5G besutannya.

2. UFO: Konsol Gaming Portable Alienware

Konsep Game Konsol Portable dari Alienware
Concept UFO by Alienware. Foto: Trusted Reviews

Alienware dikenal sebagai brand lini gaming di bawah naungan Dell. Nah, di ajang CES 2020 pun dijadikan momentum untuk Alienware memamerkan konsep produk terbarunya. Namun, produk tersebut masih dalam tahap prototype (puwarupa) yang belum difinalisasi.

Walaupun pihak Alienware masih bungkam terkait kepastian apakah produknya ini bakal dirilis atau tidak, prototype yang diberi nama Consept UFO ini berhasil menarik perhatian. Pasalnya, Alienware yang biasanya meluncurkan lini PC atau Laptop gaming, justru memperlihatkan hal yang berbeda.

Melalui Concept UFO, mereka memamerkan sebuah konsep produk yang berbentuk konsol portable mirip Nintendo Switch. Apa yang dilakukan Alienware pun langsung memancing spekulasi bahwa mereka ingin mengganggu dominasi Nintendo Switch yang sudah lebih dahulu eksis.

3. The Vision-S: Manuver Sony ke Ranjang Otomotif

The Vision-S, Mobil Listrik Pertama Sony
Sony The Vision S. Foto: Gamebrott

Apabila Alienware mengeluarkan konsep baru untuk menantang Nintendo Switch di ranah gaming console, Sony tampaknya melakukan manuver serupa. Bagaimana tidak? Konsep mobil listrik yang mereka usung disebut-disebut sebagai pesaing baru bagi Tesla.

Sony dengan konsep mobil listriknya ini sendiri merupakan manuver perusahaan untuk kali pertamanya. Sebagai pemain lama di ranah mobil listrik, Tesla tentu tidak boleh menganggap remeh rencana yang diusung oleh perusahaan asal Jepang tersebut. Btw nih, siapa sangka Sony bakal bikin mobil?

Manuver Sony ke ranjang otomotif lewat konsep mobil listriknya ini bernama The Vision-S. Meskipun proyek perdana, rencana Sony tampak tidak main-main. Konsepnya ini sendiri berbentuk mobil sedan bertenaga kelistrikan yang disertai dengan fitur-fitur berteknologi tinggi.

4. Bot Chef: Robot Koki Besutan Samsung

Samsung pamerkan robot koki di CES 2020
Samsung Bot Chef. Foto: Tech Crunch

Memanfaatkan teknologi Robot dengan kemampuan Artificial Inteligence (AI), Samsung pun turut memamerkan sepasang lengan robot. Perusahaan teknologi yang berbasis di Korea Selatan ini sepertinya ingin mempertegas dirinya sebagai pemain di pasar global di ranah perangkat smart home (rumah pintar).

Walaupun secara rupa sepasang lengan robot itu tampak sederhana, fungsinya sendiri cukup unik. Sesuai namanya, Samsung Bot Chef ini diproyeksikan sebagai robot yang bisa memasak. Ketika pertama kali dipamerkan di CES 2020, lengan robot ini sudah bisa bikin 35 resep masakan salad, lo!

Berkat kemampuannya ini, Bot Chef diklaim bisa membantu manusia dalam kegiatan memasak. Pihak perusahaannya pun menepis anggapan bahwa produknya ini ingin mengintimidasi koki manusia. Samsung berargumen jika Bot Chef besutan mereka bakal membantu manusia sebagai co-chef (asisten koki).

5. Sikat Gigi ‘Sakti’: FasTeesH usung Y-Brush

Inovasi sikat gigi dari FasTeesH
Sikat Gigi Y-Brush. Foto: Les Numeriques

Nama FasTeesH mungkin belum sebesar nama-nama tersohor macam perusahaan yang dibahas sebelumnya. Namun, perusahaan yang bermarkas di Prancis ini tidak ragu memamerkan terobosan baru di alat sesederhana sikat gigi.

Ajang CES tahun lalu, Y-Brush muncul sebagai konsep terobosan yang diusungnya. Nah, CES 2020 kali ini terobosan itu bukan lagi sebuah konsep, melainkan sebuah produk jadi yang siap bersaing di pasaran. Dengar-dengar nih, situs resmi mereka sudah siap menerima pemesanan.

Diklaim punya kemampuan membersihkan gigi dalam waktu 10 detik, tidak berlebihan jika produk sikat gigi ini dianggap sakti, bukan? Belum lagi kalau kita bicara soal bentuknya yang berbeda dari bentuk sikat gigi konvensional. Ya, bentuknya mirip seperti pelindung gigi daripada sebuah sikat gigi.