Sumatera Barat dari dulu memang terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Semuanya ada disini, mulai dari pantai, bukit, gunung, lembah, ngarai dan lainnya.

Dari waktu ke waktu selalu ada kejutan baru berupa tempat wisata keren yang masih belum terjamah dan tidak disangka-sangka keberadaannya selama ini. Salah satunya ditemukannya air terjun nan anggun dan mempesona di Situak Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Air terjun ini dikenal dengan nama Situak Lotok Sipagogo. Sipagogo sendiri adalah nama atau julukan bagi seorang tokoh yang konon memiliki kesaktian dan sering bertapa di Air Terjun ini pada waktu dulu.

Air Terjun Sipagogo Pasaman Barat
Foto : IST/rajaparlaungan182

Untuk mencapai ke air terjun ini cukup hanya meluangkan waktu Setengah jam dari pusat pasar Ujung gading dengan menggunakan sepeda motor. Untuk mencapai ke lokasi kita harus berjalan kaki sekitar 30 menit sambil melewati perkebunan, perbukitan dan lereng-lereng dengan pemandangan yang begitu indah untuk dilewati.

Pilihan Editor

Sampai di Lokasi air terjun, yakinlah bahwa semua lelah dan penat akan terbayar sudah dengan indahnya air dengan warna biru yang unik karena dipengaruhi oleh belerang. Air terjun ini tidak terlalu tinggi namun aliran air dibawahnya sangat mempesona, sangat indah untuk dipotret. Apalagi buat kamu yang instagram-albe, sangat cocok sekali buat foto-foto.

Sebenarnya air terjun ini sudah lama ditemukan, namun baru beberapa bulan belakangan ini baru bisa terekspos ke media sosial yang kini membuatnya sangat populer, terutama di kalangan pecinta alam.Gimana? Tertarik untuk kesini? #AyoKePasamanBarat