Hai, Takaiters!

Pernahkan kamu mendengar tentang buah kembang semangkok? Nama ini pastinya agak asing di telinga kamu, bukan?

Yupz, buah Kembang Semangkok atau disebut juga dengan Malva Nut  (Scaphium longiflorum) merupakan buah dari sejenis tanaman liar yang tumbuh di hutan pedalaman. Buah dari tanaman ini dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh.

Untuk itu di Kepulauan Anambas buah kembang semangkok dijadikan sebagai minuman tradisional. Pengen tahu lebih banyak, simak yuk, Guys?

Tentang Kembang Semangkok

khasiat air kembang semangkuk
Foto: mylovelymyfamily-ana.blogspot.com

Kembang Semangkok adalah nama dari sejenis kayu lunak keras hingga sedang yang dihasilkan oleh pohon-pohon marga schapium. Bobot kayu ini cenderung ringan hingga berat sedang berkisar antara 515-760 kg/m3 pada kadar air 15%.

Kayu ini memiliki warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna kuning, cokelat kekuningan dan cokelat kelabu. Tekstur kayu ini kasar dan cenderung tidak rata karena urat kayunya yang keras atau bertautan dangkal.

Kayu kembang semangkok memiliki kandungan silika yang sangat tinggi sehingga cepat menumpulkan gergaji. Juga kayu ini tidak tahan jika digunakan di luar ruangan atau bersentuhan langsung dengan tanah, daya tahannya buruk terhadap jamur dan rayap.

Meskipun demikian, kayu ini mudah untuk diolah menjadi berbagai macam kerajinan dan mudah diawetkan. Kayu ini juga menghasilkan buah yang memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan tubuh. Inilah yang dinamakan buah Kembang Semangkok.

Buah Kembang Semangkok

air kembang semangkuk untuk bayi
Foto: shopee.com/mrrbudi

Buah Kembang Semangkok yang dihasilkan dari tanaman Schapium yang memecah dahulu sebelum masak bentuknya menyerupai sayap mirip dengan perahu tertelungkup.

Pada buah kembang Semangkok terdapat satu atau sepasang biji yang melekat pada pangkalnya. Biji ini jika direndam di air akan mengeluarkan bahan berupa jelly dan memenuhi mangkok tempat merendam. Itulah kenapa buah ini dinamakan Kembang Semangkok.

Khasiat Air Kembang Semangkok

khasiat air kembang semangkuk untuk ibu mengandung
Foto: batam.tribunnews.com

Jelly yang dihasilkan oleh Kembang Semangkok ini rasanya masam namun memiliki khasiat yang sangat tinggi sebagai obat tradisional. Air Kembang Semangkok ini dapat diminum tanpa dimasak terlebih dahulu.

Konon air ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti panas dalam, batuk berkepanjangan, deman, disentri, sariawan, sakit paru-paru dan gangguan ginjal.

Air Kembang Semangkok ini juga bisa digunakan sebagai penyegar badan. Meskipun belum terbukti secara ilmiah namun khasiat Buah Kembang Semangkok sudah tersohor hingga mancanegara.

Warisan Nenek Moyang

Foto: shopee.com/isikeranjangmu

Air Kembang Semangkok yang berkhasiat ini adalah warisan dari nenek moyang kita tercinta. Untuk itu patut dilestarikan dengan cara mengenalkan pada generasi penerus dan memboomingkan keberadaannya pada daerah-daerah lain di negara Indonesia khususnya dan juga mancanegara.

Salah Satu Nominasi Pada Ajang API Award

Foto: anugerahpesonaindonesia.com

Pada tahun ini seperti biasanya API Award menggelar ajang bergengsi berupa penghargaan kepada dunia pariwisata. Salah satunya adalah penghargaan kepada minuman tradisional Indonesia.

Air Kembang Semangkok pada tahun ini masuk sebagai salah satu nominasinya. Hal ini dirasa pantas karena Air Kembang Semangkok memang merupakan minuman warisan nenek moyang dan ditambah lagi memiliki khasiat yang luar biasa.

Kalah atau menang dari sebuah ajang bukanlah hal yang utama. Justru hal yang mendasar yang harus diperhatikan adalah dengan masuknya sebagai salah satu nominasi maka diharapkan kepada generasi muda untuk terus melestarikan minuman tradisional ini.

Takaiters, Sudah tidak penasaran, kan, dengan Air Kembang Semangkok? Mudah-mudahan informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu.

Yuk, turut melestarikan warisan nenek moyang kita agar kelak generasi penerus juga dapat merasakan manfaatnya. Lestarikan budaya, majukan bangsa!