instagram.com/djakartawarehouseproject

Agenda Wajib Tahunan: Datang ke Festival Musik. Mana yang Dirindukan?

Hai, Takaiters!

Pandemi melanda Indonesia sudah lebih dari satu tahun lamanya. Kita yang harus menerapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari akhirnya terpaksa harus kehilangan salah satu hal yang menyenangkan. Ya, datang ke festival musik! Ah, rindu banget ya pasti?

Padahal, perkembangan festival musik beberapa tahun terakhir sedang sangat pesat. Masing-masing dari mereka pun memiliki ciri khas tersendiri untuk para segmented pengunjungnya. Yuk, kita ingat-ingat kembali!

1. We The Fest

festival musik di indonesia
Foto: instagram.com/we.the.fest

Summer Festival buatan Ismaya Live ini telah ada sejak tahun 2014. Festival yang berlangsung selama tiga hari ini diisi oleh musisi lokal maupun internasional. Musisi seperti Ellie Goulding, Echosmith, Macklemore & Ryan Lewis, The 1975, Kodaline, Charli XCX, Dua lipa, sampai Daniel Caesar sudah berhasil memeriahkan.

Bukan hanya sekadar festival musik, WTF (begitu masyarakat akrab menyebutnya) memberikan banyak experience yang tak kalah menarik dari penampilan para musisi di atas panggung.

Penasaran seperti apa? Mulai dari tempat karaoke, jasa face painting, ruang instalasi, photobooth, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2020, WTF tetap menyelenggarakan festival tahunan ini, tetapi secara daring.

2. LaLaLa Fest

festival musik terbesar di indonesia
Foto: instagram.com/lalala.fest

The Group yang menginisiasikan konsep camp di tengah hutan menjadi daya tarik dari festival musik ini. Datang bersama orang terkasih dan menikmati suasana sejuk Orchis Forest Cikole Lembang sembari melantunkan lagu-lagu dari musisi kesukaan adalah hal yang tak ternilai harganya. Festival ini sudah ada sejak tahun 2016.

3. Java Jazz Festival

festival musik adalah
Sumber Foto: instagram.com/javajazzfest

Apabila Takaiters salah satu penggemar musik Jazz, tentu festival ini cocok untuk kalian! Sejak tahun 2005, Java Festival Production menggelar festival yang mengundang para musisi Jazz hebat yang sudah terkenal karya-karyanya. Mungkin banyak juga dari kalian yang datang ke Java Jazz bersama dengan ayah dan ibu karena festival ini sudah belasan tahun menjadi idaman masyarakat ibukota.

Meskipun begitu, setiap tahunnya Java Jazz selalu menyuguhkan hal-hal baru yang membuat festival ini tetap fresh dan modern, tidak habis dimakan zaman! Pada tahun 2010, Java Jazz menyabet gelar festival jazz terbesar di dunia. Wow!

4. Djakarta Warehouse Project

festival musik metal terbesar di dunia
Foto: instagram.com/djakartawarehouseproject

Sebenarnya sudah ada sejak 2010, tetapi sempat vakum dan baru dikenali kembali oleh masyarakat luas pada tahun 2018. Lagi-lagi, Ismaya Live berhasil membuat acara yang memikat hati pendengar musik Indonesia. Penyuka musik aliran EDM pasti pernah atau ingin sekali datang ke sini!

Tata panggung yang selalu megah dan menakjubkan dengan DJ kelas dunia berhasil memberikan tiga hari tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Tiket mahal tidak menjadi hambatan jika mendapat kesenangan, bukan?

5. Hammersonic Festival

Foto: instagram.com/hammersonicfest

Kalian metal head? Tenang! Mulai diadakan dari tahun 2012, Hammersonic menjadi festival musik metal dan rock terbesar se-Asia Tenggara ini juga diselenggarakan di Jakarta, lho! Seharusnya di tahun 2020 mereka berhasil mendatangkan band kebanggaan para penggemar musik metal, Slipknot. Namun sayangnya, kondisi lingkungan sedang tidak mendukung sehingga acara harus dibatalkan.

Itulah beberapa festival musik yang cukup terkenang di jiwa dan juga melekat diingatan para pecinta musik di Indonesia, Takaiters! Nah, kalian pernah dateng ke yang mana nih?