Hai, Takaiters!

Bali emang enggak pernah luput dari bidikan para wisatawan untuk dikunjungi. Wisata alam yang indah dan budayanya yang unik membuat mereka rela merogoh koceknya demi memanjakan diri di Pulau Dewata ini. Jika kamu juga berencana ke Bali, jangan lewatkan kulinernya yang bikin nagih, Guys.

1. Ayam Betutu

Foto: notepam.com

Makanan yang berbahan dasar ayam ini emang juaranya, deh, kalau untuk dijadikan menu pilihan. Dibuat dengan cara dikukus di dalam gerabah dan dibakar di atas kayu bakar hingga tulangnya lunak dan bumbu meresap banget. Cita rasanya yang pedas dan unik membuat makanan ini menjadi ikon kuliner Bali yang banyak dicari.

2. Nasi Jinggo

Foto: travelinyuk.com

Nasi yang dibungkus daun pisang ini besarnya hanya seukuran kepalan tangan. Lauk-pauk pendampingnya adalah ayam suwir, potongan telur dadar, mi goreng, serundeng, dan sambal terasi yang pedasnya nendang banget, Guys dan harganya enggak nguras kantong.

3. Sate Lilit

Foto: selerasa.com

Bahan dasarnya adalah ikan tuna atau ikan cakalang yang sudah dihaluskan dan dicampur bumbu Bali. Ikan yang dihaluskan tadi lalu dikepal-kepalkan ke pangkal batang serai, atau ke tusuk sate yang pipih bentuknya. kemudian dipanggang di atas bara api hingga aroma ikannya tercium dan siap disajikan dengan potongan ketupat serta sambal matah (mentah).

4. Rujak Kuah Pindang

Foto: travelouselife.com

Bali udaranya panas banget, Guys, jadi rujak kudapan yang pas untuk menemani kamu saat relax. Aneka potongan buah segar yang disiram kuah pindang yang sudah dicampur dengan ulekan cabe rawit, terasi bakar, garam, dan gula pasir. Wah, pas banget ‘kan kalau siang-siang gini makan rujak kuah pindang?

5. Serombotan

Foto: kintamani.id

Bahannya adalah sayuran segar yang sudah disiangi dan direbus sebentar. Terdiri dari kacang panjang, taoge, kangkung, bayam, dan daun kemangi. Disiram dengan kuah kental kuning dari santan yang sudah dibumbui dan dimasak dulu sampai mendidih. Baru disajikan dengan nasi putih atau ketupat dan taburan kacang tanah muda yang sudah digoreng. Sambal dan kerupuk menjadi tambahan lainnya yang tak boleh ketinggalan.

Nah, Guys, semoga bisa menjadi referensi, nih, jika kamu datang ke Bali. Ayo, patut dicoba, deh!