Hui, Takaiters!

Jangan malas-malasan kalau mau sukses. Jadi apakah kalian termasuk orang yang pernah mendengar kalimat ini dari orang terdekat kalian? Atau mungkin kalian yang menututrkan kalimat ini kepada orang lain?

Rasa malas memang bisa timbul kapan saja dan pada siapa saja tanpa terkecuali. Rasa malas memang bukan hal yang sepatutnya disepelekan.

Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa rasa malas muncul karena kebiasaan. Suasana hati, mood seringkali menjadi alasan seseorang untuk mengatakan ‘mager’ padahal kita tahu bahwa rasa malas sebenarnya adalah salah satu hambatan dalam melakukan aktivitas.

Mengetahui Penyebab Timbulnya Rasa Malas dan Cara Mengatasinya

‘Ada niat tapi malas bergerak’ rasanya ini sering terjadi kepada beberapa orang yang berniat melakukan aktivitas mereka tapi malah rasa malas keburu melanda.

Namun sebenarnya semua perasaan mager ataupun malas ini bisa diatasi bila kita mau merubah kebiasaan dan mengetahui apa penyebab munculnya rasa malas.

Berikut adalah beberapa penyebab munculnya rasa malas, Takaiters!

Gaya Hidup

Penyebab Munculnya Rasa Malas
Foto: Pexels.com

Poin pertama yang sering menjadi penyebab terjadinya rasa malas adalah gaya hidup yang tidak teratur. Terlalu banyak mengulur-ngulur waktu, menghabiskan waktu untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting adalah salah satu bentuk gaya hidup yang tidak teratur.

Beberapa orang bahkan sering sekali menghabiskan waktu mereka untuk menonton dan bermain media sosial tanpa kenal waktu. Padahal dengan sadar mereka menghabiskan waktu dan melupakan bahwa sebenarnya tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup.

Oleh sebab itu, mulai mendisiplinkan diri sendiri untuk merubah gaya hidup bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa malas. Dengan menjadi orang yang disiplin dan tahu waktu maka akan membuat kita bisa menjadi orang yang lebih produktif dan tentu saja dapat menghindarkan kita dari rasa malas.

Tidak Percaya Diri

penyebab timbulnya rasa malas
Foto : Scout.id

Rasa tidak percaya diri sering kali menjadi masalah utama yang menyebabkan seseorang enggan menampakkan diri atau ragu dalam melakukan sesuatu. Entah itu karena merasa tidak lebih baik dari orang lain atau karena merasa ragu pada diri sendiri.

Padahal tanpa sadar rasa tidak percaya diri yang terus-menerus bisa menjadi faktor yang menyebabkan timbulnya rasa malas.
Hal ini terjadi karena rasa tidak percaya diri menyebabkan kita akhirnya memilih menunda melakukan suatu aktivitas.

Karena itulah meyakinkan diri sendiri untuk tidak ragu melakukan suatu aktivitas merupakan solusi yang tepat saat kamu mulai ragu dengan diri sendiri.

Melakukan yang terbaik dan tidak gampang menyerah saat hasil akhir tidak sesuai yang diharapkan juga bisa menjadi motivasi untuk melawan rasa malas.

Mencari Sumber Motivasi

Foto: ekrut.com

Selanjutnya adalah mencari motivasi. Seperti yang sempat disinggung pada poin kedua bahwa motivasi juga bisa menjadi salah satu faktor untuk mengatasi rasa malas.

Seseorang yang sering merasa malas terkadang disebabkan karena tidak adanya motivasi untuk melakukan aktivitas. Motivasi itu sendiri bisa bersumber dari mimpi ataupun keinginan atau bahkan seseorang.

Pada dasarnya tidak sedikit orang yang akhirnya mau berusaha atau melakukan sesuatu dengan semangat karena ada yang mau diraih atau mungkin ada seseorang yang menjadi sumber semangat. Karena itulah motivasi adalah salah satu faktor penting untuk menghindari terjadinya rasa malas.

Jadi, Setelah mengetahui tiga faktor utama yang sering menjadi penyebab anda merasa malas.

Selanjutnya mulai lakukanlah aktivitas yang menurut anda perlu dilakukan. Motivasi diri anda sendiri dengan semangat dan ingatlah alasan kenapa anda melakukannya.

Lawan rasa malas dan mulai tingkatkan produktivitas juga bisa membantu memberikan semangat dalam beraktivitas tapi ingat untuk tetap berhenti sejenak saat tubuh anda mulai lelah.