Hai, Takaiters!

Solo terkenal dengan kotanya yang sejuk, aman, asri dan kulinernya yang enak dan murah. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Solo tanpa menikmati kuliner tradisional yang dijajakan mulai di pinggir jalan sampai di restoran mewah. Salah satu kudapan dari Solo yang cukup terkenal adalah acar.

Selama ini yang kita kenal acar adalah kudapan pelengkap yang disantap bersama makanan lain. Jangan keliru! Di Solo dua jenis kudapan bernama acar. Bentuk dan bahannya berbeda namun sama enaknya. Kamu suka yang mana, Takaiters?

  1. Acar Jawa

Jenis Acar di Solo
Foto: naminagus.com

Acar yang pertama adalah kudapan yang biasa disantap sebagai pelengkap makanan yang lain. Kudapan ini dikenal juga dengan nama acar jawa meski banyak ditemui di daerah lain.

Bahan untuk membuat acar jawa adalah mentimun, wortel, bawang merah dan cabai. Mentimun dan wortel dipotong dengan menggunakan pisau khusus sehingga bentuknya menarik. Sedangkan bawang merah dipotong dengan pisau biasa. Cabai yang biasa digunakan adalah cabai rawit yang berwarna kuning sehingga tidak terlalu pedas. Cabai cukup dibuang tangkainya tanpa dipotong menjadi kecil.

Cara membuat acar jawa sangat mudah. Semua bahan dicuci bersih kemudian diberi gula, garam dan cuka sehingga terjadi fermentasi yang membuat rasanya menjadi asam segar. Acar jenis ini biasa disantap bersama mie ayam, mie pangsit, nasi goreng dan sambal goreng.

  1. Tahu Acar

Jenis kudapan Acar di Solo
Foto: cookpad.com

Acar yang kedua biasa juga disebut dengan tahu acar yang disantap sebagai pengganti nasi. Banyak warung yang menjual menu khusus tahu acar. Bahan utama untuk membuat tahu acar adalah tahu, tempe, mie kuning basah, tomat, kecambah dan kol. Sedang sebagai pelengkapnya adalah kacang tanah goreng dan bawang merah goreng.

Cara membuat tahu acar juga cukup mudah. Tahu dan tempe diberi bumbu bawang putih dan garam kemudian digoreng. Tahu digoreng setengah matang, sedang tempe digoreng sampai matang. Kedua bahan ini kemudian dipotong dadu. Mie kuning basah direbus sebentar kemudian ditiriskan. Kecambah direbus terpisah dan ditiriskan. Kol cukup dipotong memanjang, tanpa direbus.

Ciri khas tahu acar adalah rasa kuahnya yang pedas asam segar. Kuah tahu acar terbuat dari gula merah, bawang bombay, bawang putih, cabai dan garam yang direbus sampai harum. Setelah masak ditambah dengan cuka. Rasa pedas asam segar berasal dari cuka dan cabai. Dalam penyajian bahan acar disiram dengan kuah kemudian diberi taburan bawang merah goreng dan kacang tanah goreng.

Takaiters, tertarik untuk menikmati acar jawa dan tahu acar? Jika kamu berkunjung ke Solo jangan lupa untuk wisata kuliner dengan mencoba kedua kudapan acar di Solo tersebut. Kamu juga dapat membuat sendiri di rumah karena selain mudah dalam pembuatan, bahan yang diperlukan juga cukup mudah didapat.