Hi, Takaiters!

Tidak mudah marah menjadi sifat yang jarang dimiliki oleh semua orang. Bahkan sosok yang demikian sering dipandang jika mereka kurang begitu tegas dalam menghadapi masalah dengan orang lain. Walau demikian, mereka sebenarnya harus mendapat apresiasi lebih lho.

Unik memang, di saat marah terkadang dijadikan suatu pelampiasan atas sikap tidak nyaman dalam diri akan tetapi mereka pandai sekali mengelola dan meredamnya. Kamu pasti penasaran mengapa mereka demikian, ternyata ada alasan dibalik itu semua.

Yuk langsung saja kita bahas beberapa alasan tidak mudah marah, Takaiters!

1. Pandai dalam mengontrol emosi

alasan orang mudah marah
Foto: klikdokter.com

Beberapa orang yang jarang sekali marah biasanya pandai dalam mengontrol emosi mereka. Tidak mudah tersinggung jika ada perkataan dan tindakan orang lain yang kurang baik terhadapnya, atau bahkan ketika mereka mengalami kegagalan dalam hidupnya.

Tak hanya membuat pikiran mereka lebih tenang, sikap tidak mudah marah tersebut sering kali membuat mereka punya pemikiran yang dewasa. Dalam mengambil sebuah keputusan misalnya, akan mempunyai pandangan jauh ke arah yang lebih baik.

2. Mempunyai sifat penyabar

alasan seseorang tidak mudah marah
Foto: sehatq.com

“Sabar itu subur” sering orang berkata demikian, dan pada kenyataannya memang begitu adanya. Orang yang sabar tidak mudah untuk marah, mereka cenderung lebih tenang dalam menghadapi sebuah masalah. Hal ini patut kita pertimbangkan baik-baik ketika menghadapi masalah.

Dalam pergaulan bisa kita amati sendiri ketika ada beberapa perkataan maupun perbuatan orang lain yang menyinggung mereka, sikap orang yang tidak mudah untuk marah tersebut cenderung sabar. Bukan tidak tegas, namun mereka lebih memilih menghindari konflik yang bisa saja merugikan mereka sendiri.

3. Selalu berpikir positif

alasan tidak mudah marah
Foto: doktersehat.com

Orang yang selalu berfikir positif lebih cenderung tidak mudah marah dalam menghadapi masalah. Hal ini sudah menjadi pemikiran mereka yang selalu melekat dalam diri. Secara tidak langsung, pola pikir mereka akan membawa mereka pada kenyamanan diri mereka sendiri.

Misalnya saja ketika ia mendengar ada orang terkesan menyindirnya, tak langsung marah mereka justru punya pemikiran jika sindiran tersebut mungkin saja bukan untuk dirinya.

Nampaknya pemikiran yang demikian akan menjauhkan kita dari prasangka buruk yang akan membuat pikiran kita justru kacau karnanya.

4. Lebih memikirkan solusi

Foto: womantalk.com

Orang yang jarang sekali marah ketika menghadapi suatu masalah, bukan karena ia tidak berani atau bahkan tidak tegas pada orang lain. Hal tersebut mereka lakukan justru untuk kebaikan mereka sendiri. Kita semestinya juga bisa belajar banyak dari mereka ini!.

Diam sejenak biasanya menjadi pilihan mereka untuk memikirkan slisi terbaik dalam setiap masalah. Dari pada hanya sekedar menuruti emosi semata, mereka memilih menghasiskan tenaga dan pikiran untuk fokus menghadapi masalahnya.

5. Lebih memahami perasaan orang lain

Foto: idntimes.com

Orang yang terbiasa memahami orang lain dan lingkungan sekitar biasanya akan menjadi orang yang tidak mudah marah, mereka sudah terbiasa dengan kebiasaan orang-orang di sekitarnya. Hal ini bisa membuat mereka semakin banyak mendapatkan teman.

Selain orang lain akan merasa nyaman dekat dengan dirinya, sikapnya yang mudah memahami orang lain dan tidak mudah marah tersebut akan menghindarkan mereka dari konflik yang justru bisa merusak semuanya.

6. Sosok yang cinta damai

Cinta damai
Foto: Pexels.com

Tidak menginginkan adanya keributan dan pertengkaran menjadikan orang yang mempunyai sifat cinta damai tidak akan mudah marah. Baginya suasana yang damai akan lebih baik dari pada sekadar emosi dan rasa marah yang akan membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Itulah beberapa alasan orang yang tidak mudah marah. Lebih banyak efek positifnya, bukan? Jadi mulai sekarang, yuk kita terapkan pada diri kita, Takaiters!