Halo, Takaiters pencinta kuliner!

Semua orang tahu kalau Bandung merupakan kota yang miliki banyak kuliner yang khas. Enggak lengkap rasanya kalau singgah ke Kota Kembang ini tanpa mencicipi kudapan populer yang selalu menjadi incaran para pelancong dari luar kota.

Di antaranya jajanan Bandung yang terbuat dari kanji. Yups, kuliner olahan dari tepung kanji ini memang semakin marak dan sanggup memanjakan lidah para penggemarnya. Mau tahu apa saja?

Cilok

Foto: youtube.com

Aci dicolok (ditusuk). Penyajian makanan yang satu ini memang menggunakan tusuk sate. Bentuknya yang bulat akan direbus atau dikukus hingga matang lalu disajikan dengan bumbu kacang.

Cireng

Foto: pinterest.com

Aci digoreng. Makanan ini sudah cukup lama dikenal banyak orang. Adonan tepung kanji akan diberi irisan daun bawang, kemudian dibentuk menjadi tipis sehingga akan garing dan renyah ketika digoreng. Lebih sedap jika dimakan dengan menggunakan bumbu kacang atau saus.

Cimol

Foto: blakrakankuliner.com

Aci digemol. Istilah “gemol” diambil dari proses pembuatannya, yaitu adonan tepung yang dibuat menjadi bulatan kecil, lalu digoreng di atas minyak panas. Rasanya hampir sama dengan cireng, hanya bentuknya saja yang beda. Cimol ini dapat dinikmati dengan aneka bumbu serbuk seperti keju, barbeque, pedas atau rasa lain menurut selera.

Cilung

Foto: resepmembuat.com

Aci digulung. Tepung kanji yang kenyal ini akan dibuat menjadi adonan yang tidak terlalu padat, lalu akan digulung melilit pada tusuk sate, kemudian di goreng. Sensasi yang unik akan dirasa saat memakan cilung, yaitu adonan yang akan melar memanjang. Akan lebih asyik jika disajikan hangat dengan bumbu tambahan seperti saus atau bumbu serbuk.

Cilor

Foto: cookpad.com

Aci telor. Kudapan ini dibentuk seperti cilok, tetapi pengolahannya digoreng. Saat prosses penggorengan, kemudian ditambahkan telur yang sudah dikocok lepas. Telur yang mengembang saat terkena minyak panas akan digulung sehingga menyelimuti bulatan kanji tadi. Makanan ini akan semakin lengkap dengan saus pedas atau tomat.

Seblak

Foto: seva.id

Makanan ini sangat populer dan miliki banyak inovasi. Bahan dasarnya adalah kerupuk aci/kanji yang mentah lalu dimasak dengan bumbu pedas. Kini, seblak hadir  dengan tambahan berbagai topping seperti telur, sosis, bakso, ceker, tulang, mie, makaroni hingga sayuran.

Bakso Aci

Foto: detikfood.com

Bakso aci ini sebenarnya cilok yang disajikan dengan kuah. Satu mangkuk bakso aci ini bisa dilengkapi juga dengan bakso daging, tahu, dan siomay kering, plus taburan pilus kecil. Akan lebih mantap lagi jika diberi pedas dan perasan jeruk limau. Sangat pas untuk disantap saat malam atau cuaca sedang dingin.

Cipuk

Foto: youtube.com

Cireng kerupuk. Yups, sesuai namanya makanan ini memang terbuat dari sisa kerupuk yang disatukan dengan kanji. Setelah dikukus, kemudian dipotong sesuai selera., Biasanya berbentuk kotak, kemudian digoreng hingga kering. Cipuk ini dapat dinikmati dengan cocolan saus pedas atau tomat.

Cimin

Foto: cookpad.com

Aci mini. Adonan tepung kanji akan dicetak lalu dikukus, kemudian diiris menjadi kotak-kotak kecil. Potongan kecil ini selanjutnya digoreng bersama telur kocok, lalu akan diberi bumbu dan diaduk hingga merata.

Nah, Takaiters, jajanan khas Bandung ini memang sayang untuk dilewatkan. Rasanya yang lezat akan sanggup membuat kalian ketagihan. Selain itu, harganya sangat terjangkau dan mudah sekali ditemukan di setiap penjuru kota.

Jika kamu singgah di Bandung, pastikan untuk mencicipi kuliner dari tepung kanji ini, ya, Guys!