Halo, Takaiters!

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata “Takjil”? Pasti tak jauh-jauh dari kolak, sop buah, es sirup, gorengan, dan makanan lainnya. Itu memang jadi makanan khas orang Indonesia saat berbuka puasa. Sama halnya dengan Indonesia yang punya menu khas saat berbuka, negara lain juga punya menu takjil, lo. Apa saja menu khas di berbagai negara itu? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Hummus, Lebanon

Foto: cooking.nytimes.com

Makanan ini berbahan dasar kacang arab yang dihaluskan, tahini, lentini, air lemon, garam, minyak zaitun, dan bawang putih. Rasanya cukup asin dan gurih saat dimakan. Kabarnya makanan ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu di Mesir.

Qatayef, Arab Saudi

Foto: mission-food.com

Makanan ini menjadi makanan yang laris manis dijual pada saat bulan Ramadan. Pembuatannya melalui serangkaian proses seperti digoreng sebelumnya, kemudian dikeringkan lalu direndam dalam sirup gula vanilla atau kayu manis. Qatayef ini bisa dibilang pancake-nya Arab Saudi.

Bastani, Iran

Foto: bakingstherapy.com

Bastani merupakan dessert berupa es krim dari negara Iran atau biasa disebut juga sebagai es krim Persia. Es krim ini terbuat dari susu, telur, gula, air mawar, kunyit, vanilla, dan pistachio. Rasa manis dan segarnya es krim ini menjadikannya sebagai menu takjil yang membuat kesegaran saat berbuka puasa.

Kheer, India

Foto: archanaskitchen.com

Kheer terbuat dari beras basmati, susu, gula, kapulaga, saffron, keju, almond, kacang mete, kismis dan buah-buahan kering lainnya seperti delima dan anggur. Bubur nasi yang memiliki rasa manis ini menjadi favorit menu takjil untuk berbuka puasa.

Paomo, China

Foto: easyvoyage.co.uk

Di China, Paomo jadi menu khas untuk berbuka puasa yang jadi favorit banyak orang. Makanan ini adalah sup dari roti ragi kukus cincang, dimasak dalam kaldu domba dan disajikan dengan daging domba, kadang-kadang diganti dengan daging sapi.

Gullac, Turki

Foto: idntimes.com

Dessert yang terbuat dari sari air mawar ini jadi menu takjil di Turki. Terbuat dari bahan susu, delima, dan jenis kue khusus membuat Gullac menjadi makanan yang banyak diburu selama bulan Ramadan ini, terutama untuk berbuka puasa.

Kaak, Tunisia

Foto: theblog.lamegara.com

Kaak merupakan makanan jenis roti yang terbuat dari tepung, gula, mahlen, telur, mentega, baking powder, dan biji wijen untuk menggugah aroma wangi. Kaak ini tergolong makanan yang unik karena akan bertekstur sangat keras namun akan berubah menjadi lebih lembut ketika sudah dingin.

Maritozzi, Italia

Foto: fromhometorome.com

Saat Ramadan ini, Maritozzi dijadikan menu berbuka puasa di Italia. Makanan ini adalah roti berbentuk oval yang disajikan bersama kismis dan manisan kulit jeruk. Selain itu, isian krim manis menambah kenikmatan rasanya.

Tak hanya Indonesia, ternyata negara lain juga punya menu takjil saat berbuka puasa di bulan Ramadan ini. Menu takjil tersebut menjadi makanan khas tersendiri yang bisa dinikmati setelah seharian berpuasa yang tentunya menggugah selera. Kamu sendiri mau coba yang mana, nih, Guys?